Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Baru

membeli rumah baru
membeli rumah baru

Walaupun diiimpikan semua orang, memutuskan untuk membeli rumah baru bukanlah yang mudah. Bukan semata-mata perkara budget, masih banyak hal lain yang juga harus dipersiapkan. Pasalnya, salah dalam memilih rumah, bisa jadi masalah besar.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, perhatikan dan pertimbangkan hal-hal penting berikut ini.

Lokasi Rumah Baru

Saat memutuskan menempati rumah untuk dibeli, tentunya rencana tersebut untuk jangka panjang. Bahkan, bisa jadi hingga sisa usia dihabiskan di sana. Oleh karena itu, sangat penting sekali memilih lokasi rumah yang tepat.

Pastikan lokasi rumah baru cukup strategis dan mudah menjangkau berbagai tempat dengan mudah. Khususnya tempat kerja. Rumah yang berada di lokasi strategis mampu menghemat waktu tempuh menuju tempat-tempat yang kerap dikunjungi seperti terminal atau stasiun, mal, sekolah, rumah sakit dan sebagainya. Tentu hal ini akan membawa kelegaan dan kenyamanan tersendiri.

Kondisi Lingkungan Hidup Sekitar Rumah Baru

Rumahku surgaku merupakan peribahasa yang sering terdengar. Tapi, bukan hanya bagian dalam rumah itu saja yang harus diperhatikan, tapi juga lingkungan sekitar. Lingkungan yang bersih dan sehat, tetangga yang ramah dan ringan tangan tentu akan membuat lingkungan terasa nyaman.

Bagaimanapun, kenyamanan hanya bisa dirasakan saat bisa berada di lingkungan asri dan memiliki hubungan harmonis dengan para tetangga. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih lingkungan untuk rumah baru.

Bebas dari Polusi Udara

Memiliki udara segar bebas polutan dan bebas dari aroma tidak sedap, tidak saja berpengaruh pada kenyamanan, tapi juga meningkatkan kesehatan penghuni rumah.

Bebas dari Polusi Suara

Perhatikan juga lingkungan sekitar apakah ada aktivitas atau kegiatan yang dapat menyebabkan polusi udara. Contohnya adalah : pabrik, bengkel, home industry yang banyak limbah atau sampah, tempat nongkrong dll. Semua itu bisa mengakibatkan suara keributan yang mungkin mengganggu kenyamanan di tempat tinggal barumu.

Kebiasaan Masyarakat Sekitar

Sebagai makhluk sosial, beradaptasi dengan llingkungan sekitar harus dilakukan. Oleh karena itu, pastikan bahwa masyarakat lingkungan sekitar memiliki prinsip yang sejalan dengan kamu. Ketahui apa saja kebiasaan di kawasan tersebut, misalnya, mengenai siskamling, gotong royong, kegiatan sosial yang biasa dilakukan serta lain sebagainya.

Pilihlah konsep perumahan dengan lingkungan yang paling sesuai buat kamu. Ada berbagai konsep perumahan yang bisa kamu pilih. Misalnya perumahan berkonsep islami, perumahan modern internasional, perumahan eco friendly, bahkan yang sangat private sekalipun.

Berada di Wilayah Bebas Banjir

Banyak yang menganggap banjir sebagai bencana alam biasa. Hal itu dikarenakan di beberapa wilayah, banjir sering terjadi rutin atau musiman. Padahal, dampak banjir tidak main-main. Banjir bisa sangat merepotkan dan menyusahkan.

Tentu kamu tidak mau, kalau setiap kali banjir, kamu harus repot-repot mengepel rumah kamu yang kerap dihuni lumpur setelah ditinggal banjir. Belum lagi, banjir juga bisa menyebabkan kerugian materil yang tidak sedikit. Bahkan, tidak jarang mendatangkan penyakit pasca banjir. Oleh karena itu, pastikan rumah baru yang kamu pilih berada di kawasan yang bebas banjir.

Kondisi dan Ketersediaan Air

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah kondisi ketersediaan air Tanyakan pada penduduk sekitar apakah di daerah tersebut air selalu tersedia atau tidak. Baiknya tentu jika sudah memiliki sumur dan pompa sendiri. Namun jika belum, pastikan area rumahmu bukan daerah yang kerap kekeringan.

Selain ketersediaan air, pastikan juga kondisi air yang disalurkan memenuhi standar. Yakni bersih, jernih dan tidak berbau. Air yang terkontaminasi bisa menimbulkan aroma tidak sedap dan juga penyakit kulit. Tentunya kamu tidak menginginkan hal ini.

Keamanan Lingkungan

Keamanan lingkungan adalah faktor penting yang harus diketahui sebelum membeli rumah. Carilah informasi terkait area tempat kamu hendak membeli rumah.

Tentunya, dengan mengetahui jaminan keamanan di lokasi tersebut, kamu dan keluarga bisa menghuni rumah dengan perasaan tenang dan damai. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu cek terkait keamanan lingkungan :

  • Apakah di sekitar hunian banyak preman atau praktek premanisme?
  • Apakah setiap orang bebas berkeliaran di lingkungan rumah?
  • Jika di perumahan, apakah gerbang keluar masuk perumahan terjaga dengan baik?
  • Apakah ada jam malam untuk buka tutup gerbang?
  • Adakah satpam atau siskamling di lingkungan tersebut?
  • Apakah terpasang CCTV di sekeliling perumahan?
  • Dan lain-lain.

Desain Rumah Baru

Ada banyak sekali pilihan desain rumah masa kini. Tentunya bisa kamu sesuaikan dengan selera, karena setiap orang memiliki pilihan berbeda. Ada yang lebih menyukai rumah bergaya klasik, modern, minimalis atau tradisional.

Jika ternyata rumah yang kamu impikan belum bisa kamu dapatkan karena masalah budget, jangan resah. Kamu bisa memilih rumah sesuai budget yang memiliki prospek untuk dikembangkan ke depannya. Oleh karena itu, pilihlah rumah yang masih memiliki lahan kosong. Sehingga bisa kamu renovasi di masa yang akan datang sesuai keinginan kamu.

Tujuan Membeli Rumah Baru

Faktor lain yang harus dipertimbangkan saat membeli rumah baru adalah tujuan kamu membeli properti tersebut. Jika kamu mengharapkan rumah tersebut untuk ditempati bersama keluarga, pilihlah rumah yang sesuai kebutuhan keluarga.

Tapi jika kamu membeli rumah dengan maksud untuk dikontrakkan, atau dibuat kos-kosan, carilah lokasi yang banyak pendatang, seperti area perkantoran atau kampus.

Sementara jika kamu hendak membeli rumah untuk investasi property, maka carilah lokasi-lokasi strategis yang tengah dalam pengembangan. Sehingga harga property tersebut akan terus meningkat, dan mendatangkan keuntungan berkali lipat di masa mendatang.

Tentunya, kamu harus mengikuti berbagai informasi terkait bisnis properti sebelum membeli rumah baru. Selain itu kamu juga harus up to date dengan tren saat ini, teknologi konstruksi apa yang banyak menjadi pilihan, serta prospek lokasi rumah tersebut ke depannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait