Pajak

Cara Cek Info Pajak Kendaraan Sumatera Barat Online

cek info pajak kendaraan

Pembayaran pajak kendaraan pribadi merupakan salah satu kewajiban pajak tahunan yang harus dipenuhi. Jenis pajak ini bisa dibayarkan di Kantor Samsat atau layanan Samsat keliling yang tersebar di banyak lokasi. Namun sebelum membayar pajak akan lebih baik kalau kamu lebih dulu cek info pajak kendaraan milikmu.

Alasannya agar setelah sampai di lokasi pembayaran pajak, tidak ada kekurangan baik berkas yang dibutuhkan maupun besaran pajak yang harus dibayarkan. Apalagi jika kamu tinggal di daerah yang jauh dari lokasi pembayaran pajak misalnya di wilayah Sumatera atau Kalimantan yang lebih sulit akses transportasinya. Berbeda dengan warga di DKI Jakarta atau Jawa Tengah yang aksesnya lebih mudah.

Jika terjadi kesalahan, seperti berkas pajak yang tidak lengkap atau uang tunai yang dibawa kurang tentu saja membutuhkan waktu dan tenaga untuk datang lagi membayarkan pajak. Apalagi jika kamu membayar pajak kendaraan lima tahunan yang mengharuskan untuk pengecekan nomor kendaraan dan tidak sepenuhnya online.

Karena itulah, layanan cek info pajak kendaraan dihadirkan untuk memudahkan masyarakat. Selain itu, juga untuk menggenjot partisipasi pajak masyarakat dan ketertiban membayar pajak. Hal ini kini juga bisa dirasakan oleh warga Sumatera Barat yang ingin membayar pajak untuk kepemilikan kendaraan pribadinya.

Cek Info Pajak Kendaraan Online Bagi Warga Sumatera Barat, Berikut Panduannya

Tinggal di Sumatera Barat dan ingin tahu cara cek info pajak kendaraan di sana? Simak ulasan dari redaksi Ajaib ini aja ya. Bagi orang yang lahir di Indonesia, tentunya harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal itu bertujuan untuk menjadi tanda bahwa kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

Begitu juga dengan kendaraan, setiap kendaraan memerlukan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Saat ini, cek info pajak kendaraan sudah bisa dilakukan melalui online. Dengan adanya info pajak kendaraan secara online, masyarakat bisa mengetahui jumlah pajak kendaraan yang harus dibayarkan.

Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Sumatera Barat telah menyediakan fasilitas tersebut. Kini warga Sumatera Barat dapat mengetahui info pajak kendaraan melalui situs resmi pembayaran pajak ini baik lewat handphone maupun komputernya.

Seperti yang diketahui, tidak semua pemilik kendaraan bermotor memiliki banyak waktu untuk datang ke SAMSAT. Maka dari itu, layanan cek info pajak kendaraan Sumbar menjadi solusi bagi warga Sumbar yang tidak sempat datang ke SAMSAT.

Untuk mengetahui info pajak kendaraan Sumbar, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, kamu bisa membuka situs resmi
  • https://dpkd.sumbarprov.go.id/
  • Tunggu hingga laman berhasil dimuat dan kemudian masukkan nomor polisi kendaraan.

Nantinya, akan muncul jenis kendaraan, merek/tipe kendaraan, tahun kendaraan, warna, tanggal jatuh tempo, biaya PKB, dan biaya pokok SWDKLLJ. Setelah itu, kamu bisa melakukan pembayaran lewat online atau secara langsung apabila lebih sesuai dengan kebutuhan.

Jangan lupa lengkapi semua syaratnya agar semua urusanmu berjalan lebih lancar dan cepat. Selain itu, kamu juga bisa melihat info pajak kendaraan Sumbar melalui aplikasi di Android, yaitu Sumatera Barat Cek Pajak Kendaraan.

Dalam aplikasi tersebut, kamu dapat mengetahui tanggal jatuh tempo pajak, besaran PKB, denda (jika ada), besaran SWDKLLJ, serta informasi jadwal dan lokasi SAMSAT Keliling di Sumatera Barat. Jika kamu ingin datang ke SAMSAT, maka kamu bisa mendapatkan info pajak kendaraan di Kios Informasi. Layanan ini sudah hadir di seluruh SAMSAT yang ada di Sumatera Barat.

Kamu bisa mengetahui tanggal jatuh tempo pajak, besaran PKB, besaran SWDKLLJ beserta dendanya (jika ada).

#Info Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Sumatera Barat

Jika kamu sudah terlanjur terlambat membayar pajak kendaraan dan keberatan jika harus membayar dendanya. Kamu bisa memanfaatkan pemutihan denda pajak kendaraan yang diterapkan secara berkala termasuk di Sumatera Barat.

Bagi kamu yang ingin mengikuti program pemutihan denda pajak kendaraan di Sumatera Barat, kesempatan ini tidak boleh terlewatkan. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) sebelumnya telah mengadakan program pemutihan denda pajak kendaraan bagi warganya pada akhir 2019 lalu.

Tidak hanya bebas denda pajak, pemilik kendaraan yang memiliki nomor polisi di luar Sumatera Barat dan ingin mengubahnya menjadi BA, akan mendapatkan program gratis balik nama. Sebelumnya pembebasan sanksi berupa Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Non BA di Sumatera Barat ini diselenggarakan mulai 1 September – 31 Desember 2019.

Program pemutihan denda PKB dan BBNKB Non BA berlaku untuk seluruh jenis, merek, dan tipe kendaraan bermotor. Program ini terbukti berhasil minat ratusan masyarakat untuk membayarkan pajak kendaraannya. Selain itu, hasilnya juga jumlah partisipasi pajak juga kian meningkat.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan berikutnya untuk ikut dalam program pemutihan tersebut. Paling tidak bisa meringankan biaya yang harus kamu keluarkan dan sedikt berhemat. Pahami caranya agar pada program pemutihan mendatang kamu bisa menjadi salah satu penerima manfaatnya.

#Syarat dan Cara Mengurus Pemutihan PKB dan BBNKB Non BA

Berikut ini adalah persyaratan dan cara mengurus pemutihan denda PKB dan BBNKB Non BA di Sumbar:

Pemutihan Denda PKB

  • SKPD terakhir
  • STNK (asli)
  • KTP (asli)

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Non BA

  • KTPSKPD terakhir
  • Kwitansi pembelian kendaraan
  • STNK (asli)
  • BPKB (asli)
  • Bukti hasil pemeriksaan kendaraan bermotor

Itulah info pajak kendaraan bermotor di Sumatera Barat dan program pemutihan PKB serta BBNKB Non BA. Dengan adanya layanan online, kamu bisa mengetahui pajak kendaraan bermotor dengan mudah dan praktis.

Bacaan menarik lainnya:

Resmi, Siti. 2016. Perpajakan Teori dan Kasus, Edisi 9, Buku 1. Penerbit Salemba Empat: Jakarta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait