Cara Mengurus Denda Pajak Motor Telat 3 Tahun

denda pajak motor telat
denda pajak motor telat 3 tahun

Memiliki kendaraan bermotor tidak menjamin pemiliknya mengetahui cara menghitung denda pajak motor telat 3 tahun. Untuk itu, redaksi Ajaib akan membahasnya dalam ulasan berikut ini.

Biasanya, pajak motor dibayarkan setiap satu tahun sekali. Besarannya juga bervariasi, tergantung dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor dan bobotnya. Para pemilik motor pun wajib membayar pajak setiap tahunnya untuk melakukan pengesahan STNK.

Kesibukan sehari-hari membuat para pemilik motor lupa dengan kewajibannya membayar pajak. Hal ini tentunya sangat merugikan pemilik motor, karena mereka harus membayar pajak selama satu tahun dan ditambah dengan jumlah denda yang dibebankan.

Namun, kesibukan bukan lagi alasan untuk tidak membayar pajak. Beberapa Provinsi sudah menerapkan bayar denda pajak motor telat 3 tahun secara online.

Istilah dalam Denda Pajak Motor

Bagi kamu yang ingin membayar denda pajak motor, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu istilah-istilah yang ada di dalam denda pajak motor. Berikut ini adalah penjelasannya:

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Biaya untuk Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) adalah 10 persen dari harga kendaraan atau harga faktur. Sementara untuk biaya balik nama kendaraan seken adalah 2 persen dari harga kendaraan.

Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB yang dikenakan adalah sebesar 1,5 persen dari Nilai Jual Kendaraan. Nilai jual tersebut sifatnya menurun, dikarenakan adanya penyusutan nilai jualnya.

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ nilainya sudah ditetapkan oleh Jasa Raharja.

Biaya Administrasi

Bagi kamu yang memiliki kendaraan baru, tidak akan dikenakan biaya administrasi. Jika kamu mengganti plat nomor atau balik nama, baru akan dikenakan biaya administrasi.

Denda Pajak Motor

pajak kendaraan bermotor akan dikenakan denda jika kamu terlambat membayar pajak melewati jatuh tempo. Denda yang harus dibayar adalah 25 persen dari pajak pokok per tahun yang ditambah dengan denda SWDKLLJ. Berikut ini adalah perhitungannya:

  • Pajak Kendaraan Bermotor: 25 persen per tahun.
  • Telat tiga bulan: PKB x 25 persen x 3/12.
  • Telat enam bulan: PKB x 25 persen x 6/12.
  • Denda SWDKLLJ.

Besaran denda pajak motor tergantung dari lamanya waktu keterlambatan pajak. Hitungannya pun bukan per hari, namun per bulan.

Misalnya saja, kamu telat bayar pajak motor satu hari, maka sama saja dengan telat bayar satu bulan. Lalu, jika kamu telat bayar pajak motor selama satu bulan satu hari, maka keterlambatannya adalah dua bulan.

Untuk keterlambatan bayar pajak dua hari hingga satu bulan, maka denda yang harus dibayarkan adalah 25 persen dari total pajak yang wajib kamu bayar. Biaya yang harus kamu bayarkan adalah jumlah Pajak Kendaraan Bermotor yang tertera di STNK beserta 25 persen dendanya.

Besaran Biaya di Bulan Selanjutnya

Ketika kamu membayar pajak motor, ada satu tambahan yang harus kamu bayarkan, yaitu SWDKLLJ. SWDKLLJ sudah tercantum di dalam Peraturan Menteri Keuangan (Menkeu) RI Nomor 36/PMK.010/2008 pada 26 Februari 2008.

Besaran biaya denda SWDKLLJ untuk motor adalah Rp35.000. Kemudian, motor di atas 250 CC dikenakan biaya sebesar Rp83.000.

Lalu, berapa biaya denda pajak motor telat 3 tahun? Dikutip dari online-pajak, berikut ini adalah perhitungannya:

  • Dua hari hingga satu bulan = 25 persen.
  • Dua bulan = PKB x 25 persen x 2/12 + denda SWDKLLJ.
  • Tiga bulan = PKB x 25 persen x 3/12 + denda SWDKLLJ.
  • Enam bulan = PKB x 25 persen x 6/12 + denda SWDKLLJ.
  • Satu tahun = PKB x 25 persen x 12/12 + denda SWDKLLJ.
  • Dua tahun = 2 x PKB x 25 persen x 12/12 + denda SWDKLLJ.
  • Tiga tahun = 3 x PKB x 25 persen x 12/12 + denda SWDKLLJ.
  • Empat tahun = 4 x PKB x 25 persen x 12/12 + denda SWDKLLJ.

Cara Menghitung Denda Pajak Motor Telat 3 Tahun

Misalnya, kamu memiliki motor dengan kapasitas mesin 150 CC, dan besaran PKB nya adalah Rp144.000. Kemudian, kamu telat membayar denda pajak motor telat 3 tahun. Maka cara menghitunganya adalah:

3 x PKB x 25 persen x 12/12 + denda SWDKLLJ

3 x Rp144.000 x 25 persen x 12/12 + Rp35.000

Rp108.000 + Rp35.000 = Rp143.000

Denda pajak motor telat 3 tahun yang harus kamu bayarkan adalah Rp143.000. Kemudian, besaran biaya yang harus kamu bayarkan adalah PKB + denda SWDKLLJ + total denda adalah Rp322.000.

Bayar Pajak Motor Makin Mudah dan Praktis

Supaya kamu tidak kena denda pajak motor telat 3 tahun, sebaiknya membayar pajak tepat waktu. Wajib Pajak juga menjadi salah satu golongan yang paling penting dalam pembangunan Negara, karena kebijakan Pemerintah bisa berjalan dari pajak.

Bagi kamu yang tidak sempat datang ke kantor pajak, Pemerintah telah menyediakan beberapa layanan bayar pajak yang bisa dimanfaatkan, yakni e-SAMSAT, SAMSAT Drive Thru, SAMSAT Keliling, dan Kantor Kecamatan.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara mengurus denda pajak motor telat 3 tahun. Dengan mengetahui cara menghitung besaran denda bayar pajak motor, maka kamu bisa membayar denda pajak motor telat 3 tahun dengan benar.

Bacaan menarik lainnya:

Devano dan Siti. 2006. Perpajakan: Konsep, Teori dan Isu. Jakarta: Prenada Media Group.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait