Saham

Kenali Apa Itu IDX30 Sebelum Mulai Investasi

ilustrasi untuk indeks saham IDX30

Ajaib.co.id – Sebagai seorang investor tentu kita mengharapkan mendapat keuntungan yang tinggi dan meminimalisir risiko yang terjadi serendah mungkin. Namun tentunya untuk dapat mencapai keuntungan tinggi tersebut, seorang investor harus memiliki pengetahuan yang cukup dan juga pengalaman yang memadai. Kamu juga harus mengetahui  istilah-istilah dasar tentang investasi saham, diantaranya yakni mengetahui apa arti dari indeks saham dan beragam kategorinya, seperti IDX30.

Indeks saham merupakan salah satu indikator penting yang wajib diketahui investor dalam berinvestasi. Sebab, pelemahan atau penguatan pada indeks saham mencerminkan pergerakan pasar saham.

Indeks saham pun berperan penting bagi investor dan manajer investasi untuk mengetahui gambaran pergerakan saham-saham secara keseluruhan.

Indeks saham saat ini sangat beragam, salah satunya adalah IDX30. IDX30 adalah indeks saham yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang besar serta didukung oleh kekuatan fundamental perusahaannya yang baik.

Bursa Efek Indonesia mengevaluasi minor dan mayor kriteria IDX30 setiap 3 dan 6 bulan. Hasil evaluasi tersebut biasanya disampaikan pada keterbukaan informasi dalam website bursa efek Indonesia paling lambat 5 hari bursa sebelum tanggal efektif.

Adapun kriteria evaluasi IDX30 yang dilakukan tersebut biasanya mempertimbangkan kriteria kuantitatif yakni meliputi nilai transaksi, frekuensi transaksi, jumlah hari transaksi dan kapitalisasi pasarnya. Sedangkan kriteria kualitatif yakni meliputi kondisi keuangan perusahaan, prospek pertumbuhan dan factor lain terkait keberlangsungan perusahaan nya.

Baca juga: 4 Cara Mudah & Efektif Belajar Saham bagi Pemula

Daftar Saham IDX30

Saham-saham yang terdapat dalam IDX30 tentunya merupakan saham terpilih. Saham-saham tersebut juga harus memenuhi kriteria kriteria ideal daftar IDX30 dimana saham tersebut harus memiliki likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar yang besar dan fundamental yang baik.

Di bawah ini merupakan daftar saham IDX30 terbaru untuk periode Februari – Juli 2022:

1. ADRO – Adaro Energy Tbk

2. ANTM – Aneka Tambang Tbk

3. ASII – Astra International Tbk

4. BBCA – Bank Central Asia Tbk

5. BBNI – Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

6. BBRI – Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

7. BBTN – Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

8. BMRI – Bank Mandiri (Persero) Tbk

9. BRPT – Barito Pacific Tbk

10. BUKA – Bukalapak.com Tbk

11. CPIN – Charoen Pokphand Indonesia Tbk

12. EMTK – Elang Mahkota Teknologi Tbk

13. EXCL – XL Axiata Tbk

14. ICBP – Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

15. INCO – Vale Indonesia Tbk

16. INDF – Indofood Sukses Makmur Tbk

17. INKP – Indah Kiat Pulp & Paper Tbk

18. KLBF – Kalbe Farma Tbk

19. MDKA – Merdeka Copper Gold Tbk

20. MIKA – Mitra Keluarga Karyasehat Tbk

21. PGAS – Perusahaan Gas Negara Tbk

22. PTBA – Bukit Asam Tbk

23. SMGR – Semen Indonesia (Persero) Tbk

24. TBIG – Tower Bersama Infrastructure Tbk

25. TINS – Timah Tbk

26. TLKM – Telkom Indonesia (Persero) Tbk

27. TOWR – Sarana Menara Nusantara Tbk

28. UNTR – United Tractors Tbk

29. UNVR – Unilever Indonesia Tbk

30. WSKT – Waskita Karya (Persero) Tbk

Perbedaan IDX30 dengan LQ45

Pengertian Indeks LQ45 sendiri merupakan indeks yang terdiri dari 45 saham dengan likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar dan fundamental perusahaan yang baik. Saham pada LQ45 merupakan 45 saham yang memenuhi kriteria tersebut dan selalu dievaluasi dan disesuaikan setiap 6 bulan.

Perbedaan IDX30 dengan LQ45 hanyalah berbeda pada ruang lingkupnya. Dapat dikatakan bahwa IDX30 memiliki ruang lingkup lebih kecil daripada LQ45. Adapun saham – saham yang terdapat dalam IDX30 merupakan saham-saham yang berasal dari saham LQ45.

Dengan mengenal indeks saham, khususnya IDX30 ini dengan baik, maka Kamu bisa memanfaatkan fungsi indeks tersebut sebagai alat bantu pemilihan saham yang ingin Kamu investasikan. Dengan begitu, strategi investasi kamu dapat memberi potensi keuntungan semaksimal mungkin.

Artikel Terkait