Gumarang Bisnis, Berjuang untuk Eksistensi Kelas Bisnis Rute JKT-SBY

Gumarang Bisnis, Berjuang untuk Eksistensi Kelas Bisnis Rute Jakarta-Surabaya
Gumarang Bisnis, Berjuang untuk Eksistensi Kelas Bisnis Rute Jakarta-Surabaya

Gumarang bisnis, kereta kelas bisnis yang katanya hampir punah, Mengapa punah? Karena memang hanya gumarang bisnis satu-satunya kereta api kelas bisnis rute Surabaya-Jakarta yang masih eksis sampai saat ini. Atau sebaliknya, jika saat ini ingin naik kereta api kelas bisnis Surabaya-Jakarta, tidak ada pilihan lain kecuali Gumarang bisnis. Kenapa bisa begitu ya?

Harga tiket kereta api kelas bisnis di Indonesia jauh lebih mahal dari kelas ekonomi, tapi fasilitasnya tidak beda jauh. Daripada tanggung, kebanyakan penikmat kereta api lebih memilih kelas eksekutif yang memang mahal dan lengkap dengan segala fasilitas memuaskan, atau sekalian memilih kelas ekonomi yang murah dengan fasilitas yang mirip kelas bisnis.

Apalagi, kini kelas ekonomi sudah keren! Kereta api gumarang ini bisa menjadi satu-satunya kelas bisnis rute Surabaya-Jakarta yang beroperasi, karena ia satu-satunya kelas bisnis yang sudah diperbaharui, sehingga penampilan dan fasilitas bisnisnya mampu mengimbangi harga tiketnya dalam memuaskan harapan penumpang.

Sekilas KA Gumarang

Kereta api gumarang merupakan kereta api penumpang yang dioperasikan oleh PT Kereta api Indonesia (Persero) Daerah Operasi I Jakarta yang melayani rute Pasar Senen-Surabaya Pasarturi dan sebaliknya. KA Gumarang melewati jalur kereta utara pulau Jawa. Kereta api yang mulai beroperasi sejak 2001 ini menempuh jarak tempuh 725 km yang di tempuh kurang lebih 11 jam perjalanan.

Dalam perjalanannya, gumarang bisnis berhenti di Stasiun Bekasi, Jatibarang, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, Lamongan, Surabaya Pasarturi. KA ini merupakan KA ke-3 yang resmi beroperasi dengan rangkaian panjang, setelah KA Kertajaya dan KA Tawang Jaya. Rangkaian KA Gumarang terdiri dari: – 2 kereta ekonomi AC –  3 gerbong Bisnis AC – 1 Kereta restorasi – 3 Kereta Eksekutif – yang menjadikannya satu-satunya kereta yang terdiri dari campuran 3 kelas (ekonomi-bisnis-eksekutif) dalam satu rangkaian perjalanan.

Asal Mula Nama Gumarang

Gumarang sendiri berasal dari nama banteng, di mana dalam mitologi Jawa yang digambarkan sebagai satwa yang gagah berani. Gumarang digambarkan sebagai banteng berwarna hitam dan berkaki putih dan juga digambarkan sebagai seekor kuda dalam legenda Minangkabau.

Tanggapan Penumpang

Kabin dalamnya luas dan bersih.  Air conditioner dingin. Perbedaan fasilitas dengan kelas ekonomi memang tipis. Kursi seat menghadap ke depan semua, dengan jumlah 2 penumpang per kursi, tetapi bisa dirubah saling berhadapan. Ketebalan kursi mirip dengan ekonomi. Fasilitas yang nyaman adalah arm rest di sisi lorong. Sandaran kursi landai (sekitar 95-100º). Legroom luas hingga leluasa meluruskan kaki, paha pun nyaman tersandar 80%. Penempatan stop kontak dan meja mini terlalu mepet kursi depan sehingga sulit meletakkan 2 botol air minum ukuran sedang. Toilet bersih dan isinya mirip kelas ekonomi. Petugas kereta rajin lalu-lalang menawarkan makanan dan minuman menggunakan troli di lorong kabin yang luas.

Kereta api Gumarang kelas bisnis yang katanya “mati suri” terjepit kelas eksekutif dan ekonomi, nyatanya masih sangat layak dinaiki. Kelas bisnis dianggap beda tipis dengan kelas ekonomi, tapi nyatanya 75%-80% seats di 3 gerbong kelas bisnis terisi pada hari kerja. Masih perlu dipertahankan atau tidaknya KA Gumarang bisnis, biarlah pasar yang menilai. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait