Aplikasi Pajak Kendaraan Bermotor untuk Wilayah Indonesia

aplikasi pajak kendaraan bermotor
aplikasi pajak kendaraan bermotor

Yuk periksa pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi pajak kendaraan bermotor yang sudah dihimpun oleh redaksi Ajaib berikut ini.

Kendaraan pribadi baik itu sepeda motor dan mobil memang hingga kini masih menjadi favorit untuk sebagian besar masyarakat di Indonesia. Sebagai pemilik kendaraan bermotor yang baik, kita harus selalu memastikan bahwa kendaraan pribadi yang digunakan harus layak jalan.

Salah satunya adalah melakukan perawatan dan servis secara berkala untuk kendaraan pribadi kamu. Bukan hanya itu saja, hal yang perlu kamu perhatikan lainnya yang tidak kalah penting, yaitu perihal pajak kendaraan bermotor milikmu.

Hayo siapa yang sampai saat ini masih belum bayar pajak kendaraanmu? Kalau Ajaib boleh tahu, apa sih yang menjadi alasan dan penyebab mengapa banyak orang yang belum membayar pajak kendaraannya?

Tidak Lagi Merepotkan

Mungkin bagi sebagian pemilik kendaraan bermotor sering menganggap bahwa mengurus pajak kendaraanmu pasti memakan waktu yang cukup lama, belum lagi kamu harus bolak-balik ke kantor Samsat. Jika itu, memang benar menjadi salah satu alasan dan penyebab mengapa kamu hingga kini belum membayar pajak kendaraanmu.

Kini, kamu tak usah khawatir lagi guys! Mengapa? Karena saat ini kamu bisa mengurus pajak kendaraanmu via online, yaitu melalui aplikasi pajak kendaraan bermotor yang sudah tersedia baik itu di App Store atau pun Google Play Store.

Di mana aplikasi pajak kendaraan bermotor tersebut bisa kamu unduh secara gratis lewat ponsel pintar. Namun, hal yang perlu kamu cermati adalah lokasi atau wilayah yang disesuaikan dengan alamat yang tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Hal ini dikarenakan aplikasi pajak kendaraan bermotor yang ada saat ini masih belum mencakup keseluruhan wilayah di Indonesia.

Nah oleh karena itu, Ajaib sudah punya daftar aplikasi pajak kendaraan bermotor nih buat kamu yang berdomisili di beberapa wilayah di Indonesia sebagai berikut.

Aplikasi Pajak Kendaraan Bermotor untuk Berbagai Wilayah

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor untuk Wilayah Jakarta

Sistem jaringan online yang kini sudah digunakan oleh Samsat DKI Jakarta kian mempermudah masyarakat Jakarta untuk mengurus pajak kendaraan melalui online saja.

Jika kamu masih menganggap bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor itu ribet, saat ini sudah tidak lagi guys! Karena adanya cara membayar pajak kendaraan secara online. Samsat DKI Jakarta dalam memperluas jaringan layanannya untuk pembayaran pajak, sudah merilis aplikasi pajak kendaraan bermotor, yaitu Cek Ranmor DKI di Google Play Store.

Sulit rasanya di tengah-tengah kemajuan teknologi seperti sekarang, aktivitas sehari-hari kamu tidak ditemani oleh ponsel pintar. Oleh karena itu, layanan berbasis aplikasi menjadi fokus dari perluasan layanan Samsat DKI Jakarta untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya pembayaran pajak kendaraanmu.

  • Kamu bisa mengunduh aplikasi Cek Ranmor DKI di Android.
  • Buka aplikasi Cek Ranmor DKI, kamu akan diminta untuk sign in dengan akun Google-mu.
  • Muncul tampilan yang menampilkan kolom NIK dan NOPOL.
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan juga nomor kendaraan bermotormu sesuai dengan data pemilik kendaraan.
  • Klik ikon kaca pembesar untuk mencari informasi pajak kendaraanmu tersebut.
  • Muncul tampilan detail informasi mengenai status pajak seperti merek, CC kendaraan, model, warna, BBM, nominal pajak kendaraan yang perlu dibayarkan, dll.
  • Jika ketika kamu melakukan pencarian nomor kendaraanmu di aplikasi ini dan muncul tampilan “nopol tidak ditemukan” berarti nomor kendaraanmu tidak ada di database kendaraan bermotor di wilayah DKI Jakarta.

Ingat ya guys! Aplikasi Cek Ranmor DKI hanya berisikan informasi mengenai status pajak kendaraanmu saja yang memiliki plat DKI Jakarta, dan tidak bisa digunakan untuk membayar pajak kendaraanmu tersebut.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor untuk Wilayah Jawa Barat

Beda daerah beda aplikasi nih guys! Kalo aplikasi pajak kendaraan bermotor di wilayah Jawa Barat. kamu bisa menggunakan aplikasi SAMBARA, aplikasi yang dirilis oleh Bapenda Jawa Barat bagi masyarakat Jawa Barat ini berguna untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan dengan mudah.

Aplikasi SAMBARA ini sendiri baru tersedia di Google Play Store saja. Di aplikasi ini, kamu akan dimanjakan dengan berbagai layanan yang memudahkan untuk mengetahui status pajak kendaraanmu.

Bukan hanya itu saja, aplikasi SAMBARA juga memberikan informasi lainnya seperti jadwal Samsat Keliling dan Samsat Gendong di daerah Jawa Barat. Selain itu, kamu bisa mengetahui lokasi pelayanan Samsat di seluruh daerah Jawa Barat.

Jika kamu ingin melakukan pembayaran pajak kendaraanmu, aplikasi ini pun juga memiliki fitur pembayaran pajak kendaraan. Kamu bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi SAMBARA dengan dua metode, yaitu SMS Banking dan Internet Banking.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor untuk Wilayah Lainnya

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Cek Pajak Kendaraan, di mana aplikasi ini tersedia untuk berbagai wilayah di Indonesia. Sebut saja Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Riau, Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur.

Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan App Store, kamu bisa mendapatkan informasi detail dari pajak kendaraanmu dan juga besaran denda pajak jika kamu telat membayar pajak kendaraan.

Aplikasi Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online

Setelah melakukan pengecekan informasi status pajak kendaraanmu dan telah mendapatkan besaran biaya pajak yang perlu kamu bayarkan. Kini, kamu tinggal membayarkan pajak kendaraanmu tersebut melalui aplikasi saja.

Aplikasi bayar pajak kendaraan bermotor yang Ajaib rekomendasikan adalah Samsat Online Nasional. Aplikasi ini baru bisa kamu unduh di Google Play Store saja.

Pada aplikasi ini, kamu perlu melakukan pendaftaran dan mengisi detail informasi. Contohnya seperti nomor KTP, nomor rangka kendaraan lima digit terakhir, nomor ponsel, dan alamat email aktif.

Selain itu, kamu juga akan diminta memasukkan nomor kendaraanmu dalam 3 kolom. Kolom pertama untuk wilayah (A,B,D), kolom kedua untuk digit angka, dan kolom ketiga untuk digit huruf terakhir nomor kendaraan.

Tekan lanjut, dan muncul tampilan detail dari informasi pajak kendaraan bermotormu dan berapa jumlah pajak yang perlu kamu bayarkan. Kamu tinggak klik setuju, dan bayar pajak kendaraanmu via ATM atau Mobile Banking.

Jika sudah, bukti pembayaran tersebut perlu kamu bawa ke kantor Samsat dan dilakukan pengesahan STNK. Bukti pembayaran tersebut berlaku hingga satu bulan yang menandakan jika kamu sudah membayar pajak kendaraanmu.

Demikianlah informasi berbagai aplikasi pajak kendaraan bermotor untuk berbagai wilayah di Indonesia yang bisa kamu manfaatkan dan gunakan untuk mengetahui detail informasi nominal pajak yang perlu segera kamu bayarkan.

Bacaan menarik lainnya:

Nurmantu, Safri. 2003. Pengantar Perpajakan. Kelompok Yayasan Obor: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait