Cara Cek Pajak Motor Online Termudah, Tak Perlu ke Samsat

cek pajak motor online
cek pajak motor online

Sebagai pemilik sepeda motor, tentu saja kamu akan dibebankan pajak kendaraan setiap tahunnya yang tertera pada STNK milikmu. Yang mana, untuk mengetahui dan cek pajak motormu saat ini bisa dilakukan baik itu secara langsung datang ke Samsat atau melalui aplikasi cek pajak motor online.

Setiap jenis sepeda motor yang kamu miliki pasti berbeda-beda dari segi nilai pajak kendaraan yang perlu dibayarkan setiap tahunnya. Semua itu, berdasarkan dari denda pajak, harga kendaraan, dll.

Penggunaan jenis kendaraan sepeda motor memang banyak sekali kita temukan khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Yang mana, memang harus diakui bahwa penggunaan sepeda motor menjadi solusi terbaik dalam mengatasi masalah kemacetan yang sering dihadapi oleh masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.

Oleh karena itu, kegunaan dari sepeda motor milikmu memang benar-benar sangat dibutuhkan oleh kamu untuk menunjang aktivitas sehari-hari seperti berangkat dan pulang kerja dari kantor.

Karena kegunaannya yang sangat masif dalam membantu aktivitas sehari-hari kamu, masa kamu mau sih? Jika sewaktu-waktu ketika kamu mengendarai sepeda motor tiba-tiba kamu terkena razia oleh polisi, setelahnya kamu kedapatan belum membayar pajak motormu tersebut yang dapat diketahui dari STNK sepeda motor yang dimiliki.

Nah, jika kamu beralasan bahwa membayar pajak motor milikmu tersebut susah dan merepotkan karena harus bolak-balik ke Samsat? Itu dulu guys!

Saat ini, kamu tidak perlu repot-repot atau membuang waktumu untuk datang ke Samsat untuk cek pajak motor milikmu. Karena, saat ini kamu bisa cek pajak motor online melalui aplikasi yang dirilis oleh Samsat dan juga beberapa pengembang aplikasi lainnya sebagai berikut.

Cara Cek Pajak Motor Online

Selain, kamu bisa mengecek pajak motor dengan mendatangi kantor Samsat sesuai domisilimu, kamu juga bisa mengecek pajak motor via online dengan dua cara, yaitu melalui website dan aplikasi.

Cek Pajak Motor Online Jakarta via Website

Jika kamu ingin mengecek pajak motormu melalui website, kamu bisa langsung saja mengunjungi atau membuka website resmi milik Samsat, yaitu https://samsat-pkb2.jakarta.go.id.

Setelah kamu membuka situs ini, kamu akan melihat tampilan yang meminta kamu untuk mengisi dan mencantumkan nomor kendaraan dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Cek Pajak Motor Online Jakarta via Aplikasi

Bukan hanya melalui website saja, kamu juga bisa mengecek nilai pajak kendaraanmu dengan mengunduh aplikasi e-Samsat yang bisa kamu temukan di Google Playstore dan App store secara gratis.

Selain itu, juga ada beberapa aplikasi lainnya yang dikembangkan yang bisa kamu gunakan untuk mengecek pajak motormu tetapi yang perlu diperhatikan adalah aplikasi cek pajak tersebut berlaku untuk daerah mana saja.

Contoh aplikasi untuk mengecek pajak kendaraanmu adalah Cek Pajak Kendaraan, SAKPOLE e-SAMSAT JATENG, Cek Pajak Motor Mobil, Samsat Online, dan SAMBARA.

Dimana, ini merupakan beberapa aplikasi cek pajak kendaraan terpercaya yang bisa Ajaib rekomendasi buat kamu yang ingin mengetahui status dan berapa besaran nilai pajak kendaraan yang perlu kamu bayarkan.

Selain itu, pada aplikasi-aplikasi ini juga ada yang dapat memberikan informasi tambahan lainnya seperti alamat Samsat terdekat dan lain sebagainya.

Cara Cek Pajak Motor Online Jakarta via SMS

Saat ini untuk mengetahui pajak motormu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Jika kamu menganggap bahwa membuka situs atau melalui aplikasi masih dianggap kurang efektif untuk dilakukan, karena memang harus diakui tidak semua masyarakat yang melek akan teknologi. Jika demikian, bagaimana caranya kamu bisa tetap mengetahui status dari pajak motormu tersebut? Selain melalui website dan aplikasi, kamu juga bisa memanfaatkan atau menggunakan layanan SMS.

Kamu hanya perlu mengirimkan SMS ke layanan USSD *368*1# (khusus DKI Jakarta). Jika sudah, di layar ponselmu akan muncul tampilan pilihan 1. Info Tanmor, 2. Info Pajak Ranmor (kendaraan bermotor), 3. Pajak Reminder, 4. Info Simling, 5. Info Samling.

Selanjutnya, pilihlah nomor 2. Info Pajak Ranmor (kendaraan bermotor), dan kamu perlu memasukan nomor kendaraanmu tanpa ada spasi, misalnya B1234JJ. Jika cara ini sudah dilakukan, kamu hanya perlu menunggu jawaban dari Polda Metro Jaya terkait informasi besarnya pajak motor.

Itulah 3 cara cek pajak motor online yang bisa coba kamu lakukan ketika kamu ingin membayar pajak kendaraanmu nantinya. Tentu saja, ketiga cara diatas hadir untuk semakin memudahkan kamu ketika ingin melakukan pembayaran pajak kendaraanmu. Oleh karena itu, berikut ini beberapa manfaat dari hadirnya layanan pajak kendaraan online bagi masyarakat.

Manfaatnya Hadirnya Layanan Pajak Kendaraan Online

Tidak Buang-buang Waktu

Kamu pasti pernah mendengar istilah “waktu adalah uang”. Yang mana, gaya hidup inilah yang sedang menjadi tren di kalangan anak mudah saat ini. Mereka ingin semua cepat dan mudah untuk dilakukan.

Salah satu manfaat dari hadirnya layanan pajak kendaraan online adalah tidak buang-buang waktu ketika di SAMSAT. Selain itu, beberapa layanan publik di negara-negara maju juga sudah menerapkan sistem paperless. Sistem ini berguna dalam mengurangi penggunaan kertas seperti untuk kwitansi, tanda terima, dll.

Meningkatkan Kesadaran Membayar Pajak Kendaraan

Jika kamu sudah diberikan kemudahan dalam membayar pajak kendaraan hanya melalui online saja. Hal ini tentunya semakin mendorong diri kamu agar tidak lupa untuk membayar pajak kendaraanmu setiap tahunnya.

Dapat Bayar Pajak Kendaraan Kapanpun dan Dimanapun

Berkat adanya layanan pajak kendaraan melalui website dan aplikasi, kamu tentunya mendapatkan manfaat dari tidak adanya batasan lagi seperti waktu dan lokasi. Dimana, kamu bisa mengecek pajak motormu dan membayar pajak kendaraan kapanpun dan dimanapun kamu berada.

Inilah cara cek pajak motor online termudah beserta manfaat dari hadirnya layanan pajak motor online bagi masyarakat secara luas. Intinya, hadirnya layanan cek pajak motor online saat ini, secara tidak langsung sudah membudayakan masyarakat Indonesia agar selalu tidak lupa dalam membayar pajak kendaraanmu setiap tahunnya.

Jika kamu sudah diberikan kemudahan dalam membayar pajak kendaraanmu saat ini? Apakah kamu masih enggan untuk membayar pajak kendaraanmu secara tepat waktu?

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait