Tips Sederhana Untuk Semangat Kerja Setiap Saat

tips sederhana
tips sederhana

Tips sederhana di bawah ini cocok diterapkan oleh kamu yang setiap harinya disibukkan dengan kegiatan bekerja. Bekerja adalah sebuah keharusan karena jika kamu tidak bekerja, dari mana kamu bisa memenuhi kebutuhanmu.

Semua kebutuhanmu bisa didapatkan dengan bekerja. Aktivitas pekerjaan terkadang melelahkan, tapi hasilnya tentu berguna untuk kehidupanmu. Bekerja juga itu artinya kamu menghargai dirimu sendiri karena sudah menggunakan waktumu dengan kegiatan yang sepantasnya.

Melakukan pekerjaan sudah seperti bagian dari hidupmu, tanpa bekerja kamu tidak akan bisa hidup. Namun itu adalah hal yang wajar jika kamu kelelahan. Apalagi jika pekerjaan itu datang terus-menerus tanpa henti, kamu pun memerlukan istirahat yang cukup.

Selain itu kamu juga perlu menjaga mood-mu dalam bekerja. Jika mood-mu baik, maka pekerjaanmu hasilnya pun akan baik.

Bekerja di sini maksudnya bisa bekerja apa saja, jika kamu adalah seorang karyawan maka biasanya kamu bekerja di kantor. Tips ini juga bisa dilakukan oleh wirausaha yang sedang mengembangkan usahanya.

Waktu bekerjanya mungkin berbeda, tapi pasti bekerja di mana saja kamu akan bisa mengalami capek, bosan, dan rasanya tidak ingin melakukan apa-apa.

Di bawah ini adalah tips sederhana yang bisa kamu terapkan agar terus memiliki mood baik dalam bekerja dan agar kamu semangat terus dalam bekerja. Caranya mudah dilakukan dan tentunya bisa kamu terapkan secara langsung dalam kehidupanmu.

Sebelum Bekerja Jangan Lupa Sarapan

Tips pertama agar kamu semangat bekerja adalah jangan melewatkan sarapan. Sarapan ini tidak perlu dengan makan makanan yang berat. Kamu bisa mengisi perutmu dengan roti dan segelas susu. Atau makanan sederhana lain yang lebih cepat untuk disantap.

Sarapan bisa membuat staminamu prima hingga selesai bekerja. Sarapan juga membantumu berpikir dengan jernih dalam menghadapi berbagai macam kegiatan yang ada di kantor.

Sebelum Bekerja, Olahraga Terlebih Dahulu

Olahraga yang bisa kamu lakukan ini tidak perlu olahraga yang berat. Jika kamu senang bersepeda, kamu bisa bersepeda di sekitar rumahmu paling lama 15 menit juga cukup. Atau jika terlalu malas untuk keluar rumah, kamu bisa melakukan push up atau sit up di dalam rumah.

Olahraga tersebut juga bisa kamu lakukan paling lama 15 menit. Jika kamu melakukannya setiap hari, maka kamu akan merasakan khasiatnya. Berolahraga sebelum bekerja tidak akan membuatmu kelelahan, malah tenagamu akan semakin bertambah karena sudah diisi dengan olahraga sebelum beraktivitas di kantor. Olahraga juga membuat tubuhmu jadi sehat.

Tentukan Target untuk Hari Ini

Sebelum tiba di kantor, ada baiknya kamu sudah menentukan target pekerjaan untuk hari ini. Biasanya target ini tidak akan berubah jika tidak ada tugas tambahan dari bosmu. Untuk menentukan target, biasanya kamu akan disediakan jurnal untuk menuliskannya.

Jika kamu tidak memiliki catatan itu, kamu bisa mencatatnya sendiri dicatatanmu. Dengan menentukan target, maka kamu akan tahu harus melakukan apa dalam waktu seharian itu. Dengan menentukan target yang jelas, maka kamu akan dapat menyelesaikan tugasmu sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Manfaatkan Waktu Istirahat Sebaik-baiknya.

Bekerja dengan tekun itu sangat baik, tapi karena perusahaan sudah memberikan jatah istirahat padamu selama sejam, maka kamu sebaiknya memanfaatkan waktu istirahat itu sebaik-baiknya.

Waktu istirahat ini bisa kamu gunakan untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Kamu bisa makan siang terlebih dahulu atau melaksanakan ibadah bagi penganut agama tertentu. Yang jelas setelah istirahat, kamu bisa semangat lagi dalam bekerja. Karena perusahaan sendiri sudah menyediakan waktu istirahat agar karyawannya merasa nyaman terus dalam bekerja.

Mengerjakan tugas Satu per Satu

Tips sederhana yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah kerjakan pekerjaanmu satu per satu, jangan melakukan multitasking karena hal itu akan membuatmu pusing. Malah bisa saja pekerjaanmu tidak selesai tepat waktu.

Multitasking mungkin kamu lakukan untuk mengejar deadline yang semakin dekat, tapi itu malah akan membuat pekerjaanmu jadi tidak fokus. Usahakan fokus pada satu pekerjaan saja dulu.

Hang out Bareng Teman Sehabis Bekerja

Tips yang berikutnya agar kamu terus semangat bekerja adalah kamu bisa jalan-jalan bersama temanmu sehabis bekerja. Jalan-jalan ini tidak perlu di tempat yang jauh, makan bersama di restoran dekat kantor bisa menjadi pilihan yang bagus.

Di sini kamu bisa melakukan obrolan santai dengan teman-temanmu, sekaligus meningkatkan keakraban. Kegiatan ini juga bisa melepas penatmu. Kamu juga bisa diskusi santai tentang pekerjaan dengan teman-temanmu di waktu ini. Tidak perlu setiap hari dilakukan, tapi momennya pasti akan selalu kamu rindukan.

Memberikan Reward pada Diri Sendiri

Setelah bekerja dengan sangat rajin, kamu perlu memanfaatkan waktu cuti untuk liburan ke tempat di mana saja yang kamu sukai. Bisa di luar negeri, atau di dalam Indonesia pun tidak ada masalah.

Tubuhmu juga perlu istirahat setelah bekerja di hari yang cukup panjang. Kamu bisa melakukan liburan di pantai, di pegunungan, pokoknya di tempat-tempat yang akan membuatmu senang. Hal ini bisa memperbaiki mood, dan membuatmu memulai hari baru dengan penuh semangat.

Tidur yang Cukup

Ketika kamu tidak diharuskan melakukan lembur, maka tidurlah di waktu yang tepat. Waktu tidur ini juga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya karena terbangun dalam keadaan lemas keesokan harinya itu pasti menyiksa.

Waktu tidur yang tepat dan lamanya waktu tidurmu akan mengembalikan kekuatanmu untuk keesokan harinya karena itu jangan sampai kamu begadang karena ada alasan yang tidak jelas.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait