Kumpulan Kata Bijak Kehidupan untuk Entrepreneur Agar Termotivasi

kumpulan kata-kata bijak
kumpulan kata-kata bijak

Inspirasi adalah hal yang dicari banyak orang untuk memberikan motivasi dalam upaya semua orang mencapai tujuan hidupnya. Banyak cara dilakukan untuk untuk mendapatkannya, termasuk membuang uang untuk berlibur atau berbelanja memuaskan diri. Namun banyak juga yang mendapatkannya dari kumpulan kata bijak kehidupan untuk bangkit kembali dari perasaan putus asa.

Bagi sebagian orang, kalimat inspirasi seperti ini benar-benar cara ampuh untuk motivasi diri. Kesuksekan orang yang mengatakannya, entah itu tokoh politik maupun filsuf, memberikan kata-kata itu kekuatan tersendiri. Pembacanya kerap punya perasaan jika mereka juga mampu untuk mewujudkannya sama seperti si pembicaranya.

Bahkan banyak yang kembali bersemangat menjalani hidup di tengah berbagai kesulitan yang mendera setelah membacanya. Kata-kata bijak yang kamu baca memang tak akan membuat hidupmu seketika bebas masalah namun paling tidak bisa membuatmu berusaha untuk lebih berpikir positif.

Dampak berbagai kata-kata bijak dan korelasinya terhadap kesuksesan seseorang selama ini memang belum pernah dibuktikan secara ilmiah. Namun setidaknya kamu tidak akan membuang waktu sia-sia karena kalimat semacam ini memang efektif untuk mensugesti diri sendiri.

Terbukti dari banyaknya peminat dan harga tarif yang dikenakan oleh seorang motivator. Mereka sebenarnya adalah profesi yang dibuat untuk mengingatkan orang banyak agar tetap bersemangan untuk hidup. Banyak orang butuh terus menerus diingatkan untuk menjauh dari sikap pesimis dan terus berusaha berjuang.

Hal ini juga buka contoh satu-satunya, kamu bisa melihat dari banyaknya buku motivasi diri maupun kumpulan kata bijak kehidupan yang laku di toko buku. Buku dengan genre ini menjadi salah satu yang paling banyak dibeli orang untuk terus mensugesti diri akan pikiran positif.

Kamu juga jelas bisa menerapkannya juga agar membuatmu bahagia. Misalnya dengan motivasi diri love yourself yang sedang tren belakangan ini atau semangat untuk berkreasi semaksimal mungkin agar self value-mu semakin tinggi di tengah tingginya persaingan belakangan ini.

Kumpulan Kata Bijak Kehidupan Khusus Untuk Enterpreneur Agar Tak Mudah Menyerah dan Putus Asa

Perkembangan dunia digital belakangan ini memberikan banyak dampak positif. Salah satunya adalah semakin tingginya minat berwirausaha oleh generasi muda dalam berbagai bidang. Jika dahulu para sarjana muda langsung menargetkan ingin diterima di perusahaan multinasional maka kini banyak yang memilih memutar otak untuk terjun langsung mengelola bisnis sendiri.

Hal ini sesuai dengan Survei Kewirausahaan 2019 alias The Asia Pacific Entrepreneurship Insights Survey 2019 yang dilakukan Herbalife Nutrition. Diketahui jika, tujuh dari 10 orang atau 71 persen respondenbercita-cita untuk memiliki bisnis sendiri.

Dengan mayoritas responden sevesar 96%, capaian ini memastikan jika niatan orang Indonesia menjadi enterprenuer lebih kuat dibandingkan Filipina sebesar 92 persen, Thailand 89 persen dan Malaysia 86 persen. Bahkan minat wirausaha orang Indonesia tertinggi di Asia Pasifik.

Menjadi enterpreneur semakin diminati karena dianggap keren dan cara mudah untuk menuju sukses. Kamu memiliki usaha sendiri dan mengatur semua sendiri, bukan sekedar diperintah-perintah bos saja. Banyak pula yang mengira jika menjadi wirasausaha punya waktu luang dan uang yang berlebih.

Faktanya perlu banyak upaya untuk mencoba menjadi pengusaha dan jelas tidak mudah dan jelas modal dan ide saja tidak cukup. Ada kalanya bisnis lesu entah digerus perekonomian atau persaingan yang menggila sehingga para enterpreneur muda ini serasa ingin berhenti saja dan banting setir jadi karyawan.

Saat momen kelam seperti inilah mungkin kamu butuh banyak membaca kumpulan kata bijak kehidupan soal dunia bisnis. Paling tidak isinya bisa mengingatkanmu untuk kembali ke jalan yang sedang kamu tenpuh sebelumnya. Tentunya kamu tak mau perjuanganmu selama ini sia-sia hanya karena menyerah di tengah jalan kan.

Untuk menghilangkan pemikiran tersebut, kamu bisa menyimak kumpulan kata-kata bijak untuk entrepreneur yang penuh inspirasi. Ingin lebih termotivasi dalam menjalani bisnis? Redaksi Ajaib telah menghimpun kumpulan kata-kata bijak agar kamu bisa terpacu.

Bagi kamu entrepreneur yang ingin semakin sukses dan termotivasi, berikut ini adalah kumpulan kata-kata bijak yang bisa jadi acuan kamu untuk menghadapi masa buruk dalam bisnis:

  • Co-Founder of MyYearbook, Catherine Cook

To any entrepreneur: if you want to do it, do it now. If you don’t, you’re going to regret it.

Kepada seorang pengusaha mana pun: kalau kamu ingin melakukannya, lakukan sekarang juga. Jika tidak, kamu akan menyesalinya. Ketika kamu menunda melakukan sesuatu untuk bisnismu maka akan ada orang di sudut lain dunia yang melakukannya. Jangan tunda niatan apapun dalam bisnismu apalagi kalo soal inovasi untuk semakin banyak meraih penjualan.

  • Founder of 37signal, Jason Fried

There’s nothing wrong with staying small. You can do big things with a small team.”

Tidak ada yang salah dengan tetap mengecil. Kamu bisa melakukan hal-hal besar dengan tim kecil. Dalam soal bisnis, menjaga jumlah karyawanmu dalam skala kecil bisa memudahkan pengaturan yang kamu lakukan. Banyak perusahaan dunia yang dibangung dengan tim kecil namun tetap sanggup melakukan gebrakan besar.

Usaha dalam skala besar jelas membutuhkan upaya yang lebih besar pula. Pastikan kamu benar-benar bisa menguasai bisnismu saat ini baru meningkatkan levelnya ke yang lebih tinggi lagi.

  • Founder All of Top, Guy Kawasaki

Ideas are easy. Implementation is hard.”

Ide itu cukup mudah. Impementasinya yang sulit. Jangan terjebak pada terlalu banyak ide namun tidak pernah mengeksekusinya. Hasilnya kamu hanya akan kecewa ketika orang lain melakukan ide tersebut dan sukses.

Segera realisasikan ide dan rencanamu untuk tahu hal apa saja yang menjadi kekurangannya. Banyak masukan dan pengalaman akan menjadi review terbaik bagi ide yang kamu keluarkan.

  • Chinese Proverb

The best time to plant a tree was 20 years ago. The second best time is now.”

Waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Waktu terbaik kedua adalah saat ini.Maksudnya kamu mungkin sudah melewatkan kesempatan beberapa waktu lalu namun jangan kembali kehilangan kesempatan terbaikmu.

Jangan tunda lagi apapun yang ingin kamu lakukan soal bisnismu. Realisasikan segera agar kamu bisa mendapatkan hasilnya secepat mungkin pula.

  • Founder of Facebook, Mark Zuckerberg

If you just work on stuff that you like and you’re passionate about, you don’t have to have a master plant with how things will play out.”

Jika kamu hanya mengerjakan hal-hal yang disukai, kamu tidak perlu memiliki rencana pokok dengan segala sesuatu yang akan berjalan.

Seoranf enterpreneur tidak boleh hanya terjebak pada hal yang dia ketahuui benar. Wirausahawan harus berani keluar dari zona nyaman dan terus menantang diri sendiri untuk sesuatu yang baru.

  • CEO of Evernote, Phil Libin

There’s lots of bad reasons to start a company. But, there’s only one good, legitimate person, and I think you know what it is: it’s to change the world.”

Ada berbagai alasan buruk untuk memulai sebuah perusahaan. Namun, hanya ada satu alasan yang bagus dan sah, saya pikir kamu tahu apa itu: ini untuk mengubah dunia.

Pebisnis ulung tahu benar bahwa usahanya akan memberikan dampak pada dunia. Dunia terus berubah dan ada banyak peluang di dalamnya. Kamu bisa menjadi pionir dengan jeli memahami kebutuhan pasar dan masyarakat yang terus berubah tanpa henti.

  • Founder of McDonald’s, Ray Kroc

If you’re not a risk taker, you should get the hell out of business.”

Jika kamu bukan pengambil risiko, kamu harus segera keluar dari bisnis.

Seorangg enterpeneur akan selalu bergumul dengan risiko. Risiko terbesarnya tentu saja bisnisnya ambruk dan kehilangan seluruh uang yang ditanamkannya. Kalau kamu merasa adalah seseorang yang suka dengan hal yang nyaman dan takut akan risiko maka mungkin bisnis bukanlah jalanmu. Jangan takut akan risiko apapun, karena semakin besar risikonya biasanya semakin besar pula cuan yang bisa kamu dapatkan.

  • Physicist, Albert Einstein

A person who never made a mistake never tried anything new.”

Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.

Kalimat inspirasi yang cocok bagi seorang pebisnis adalah jangan takut gagal. Kamu mungkin harus mencoba 100 resep baru kedai makanan milikmu ramai pelanggan. Namun yakinlah bahwa kamu tidak sendiri dan cara itu adalah jalur yang wajar bagi pebisnis sukses.

Namun pastikan kamu tahu kesalahan apa yang dibuat dan bisa mengevaluasinya. Langkah berikutnya adalah menerapkan cara baru yang lebih sempurna dan tentunya sukses bagi usaha yang kamu jalani.

  • Co-Founder of the Walt Disney Company

The way to get started is to quit talking and begin doing.”

Cara untuk memulai adalah berhenti bicara dan melakukan sesuatu.

Pengusaha handal tahu benar bahwa banyak hal bisa dicapai dengan melakukannya dan bukan membicarakannya. Jangan terlalu banyak bicara dan malah membual karena usahamu tidak akan berkembang dari itu.

  • Venture Capitalist, Richard Harroch

It’s almost always harder to raise capital than you thought it would be, and it always takes longer. So plan for that.”

Hampir sulit untuk meningkatkan modal dibanding apa yang kamu kira, dan itu akan memakan waktu yang lebih lama. Jadi, rencanakan untuk mengumpulkannya.

Setiap entrepreneur punya momennya sendiri untuk sukses. Jangan menyerah, karena kesuksesan setiap orang datang dengan cara yang berbeda-beda. Selama kamu masih mau memanfaatkan peluang, pasti ada jalan. Semoga kumpulan kata bijak kehidupan ini bisa menambah motivasimu sebagai enterpreneur ya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait