Inilah Cara Bayar Pajak Mobil Secara Manual Maupun Online

bayar pajak mobil
bayar pajak mobil

Ajaib.co.id – Bayar pajak mobil diwajibkan kepada mereka yang memiliki mobil pribadi. Jumlah pajak yang disetorkan berbeda-beda, sesuai dengan harga dan tahun kapan mobil tersebut dikeluarkan.

Semakin baru dan semakin mahal mobilnya, maka akan semakin besar pula jumlah pajak yang harus disetorkan. Tidak mengherankan jika mobil-mobil mewah juga harus membayar pajak mobil dengan jumlah yang fantastis karena harga belinya juga yang lebih fantastis.

Pajak mobil atau kendaraan bermotor ini bisa dibilang yang paling banyak berkontribusi untuk pembangunan daerah karena dari sanalah pemerintah daerah mendapatkan kas untuk melakukan pembangunan infrastruktur.

Jalan yang mulus dan bagus untuk dilewati kendaraan bermotor itu berasal dari pajak mobil atau kendaraan bermotor yang harus dibayarkan setiap tahunnya atau per lima tahunnya. Karena itulah pajak ini wajib untuk siapa saja yang memiliki kendaraan pribadi.

Update Bayar Pajak Mobil di Kondisi Luar Biasa

Berdasar yang Ajaib kutip dari situs CNN Indonesia, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akhirnya memutuskan untuk membebaskan denda telat membayar pajak kendaraan bermotor bagi masyarakat di seluruh Indonesia selama masa Kejadian Luar Biasa (KLB) akibat pandemi virus Corona.

Irjen Istiono sebagai Kepala Korlantas Polri menjelaskan keputusan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan semakin meluasnya penyebaran virus corona di Indonesia. Meski begitu, Istiono menjelaskan keputusan ihwal pajak kendaraan diatur oleh masing-masih daerah. Sehingga, Istiono meminta jajaran kepolisian lalu lintas yang berada di Kepolisian Daerah (Polda Metro Jaya) berkoordinasi dengan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) masing-masing.

Ketentuan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Bayar pajak mobil ini ketentuannya ada dua, yaitu bayar pajak per tahun dan bayar pajak per 5 tahunan. Bayar pajak per tahun ini dibebankan 1,5 % dari total harga mobil yang telah dibeli, tapi jumlah persennya bisa turun setiap tahun. Jadi mungkin kamu akan membayar cukup tinggi di tahun pertama saja. Bayar pajak mobil per tahun juga ada ketentuannya tersendiri, dan bisa dibayarkan di bulan tertentu.

Sedangkan, bayar pajak mobil 5 tahunan adalah bayar pajak yang diharuskan untuk perpanjangan STNK. Perpanjangan STNK ini penting karena STNK hanya berlaku selama lima tahun karena itu kamu harus menyiapkan sejumlah dana untuk perpanjangan.

Selain itu, setelah menyelesaikan seluruh dokumen, mobilmu harus melewati pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah mobil tersebut masih layak untuk digunakan atau tidak. Jika masih layak, kamu akan dengan mudah mendapatkan izin perpanjangan STNK.

Bayar pajak mobil bisa dilakukan dengan manual yaitu dengan mendatangi kantor Samsat terdekat. Untuk cara manual ini kamu harus terlebih dahulu menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, kemudian datang ke kantor Samsat terdekat untuk mengantri.

Sebaiknya harus datang dari pagi hari karena ketika bulannya bayar pajak mobil telah tiba, antrian bisa sangat membludak. Jika kamu datang dari pagi hari kemungkinan dilayani terlebih dahulu pun akan sangat memungkinkan.

Ada lagi cara bayar pajak mobil secara online. Cara ini cukup praktis karena kamu tinggal upload dokumen yang sudah disiapkan ke situs Samsat yang dimaksud, dan melakukan pembayaran pajak mobil melalui ATM.

Namun, cara online ini hanya berlaku di beberapa wilayah seperti di Jawa Barat dan DKI Jakarta, jadi belum semua wilayah mendapatkan kesempatan bagus ini. Tapi tidak menutup kemungkinan layaran bayar pajak mobil secara online akan terbuka untuk seluruh wilayah Indonesia mengingat saat ini internet sudah menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia.

Lalu, bagaimana tahapan bayar pajak mobil yang seharusnya? Berikut ini adalah penjelasannya:

Menyiapkan Dokumen

Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan sebelum bayar pajak online. Dokumen-dokumennya adalah sebagai berikut:

  • KTP asli beserta fotokopi pemilik
  • STNK asli beserta fotokopinya
  • Bukti pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) yang tahun lalu, jika baru pertama kali membayar pajak mobil, kamu bisa menggunakan bukti pembayaran mobil yang dibeli.
  • Yang terakhir adalah fotokopi lembar pertama BPKB.

Mengisi Formulir dengan Mendatangi Kantor Samsat Terdekat

Setelah sudah memastikan bahwa dokumen bayar pajak mobil lengkap, kamu bisa pergi ke kantor Samsat terdekat untuk langsung melakukan pembayaran. Ambil formulir yang sudah disediakan. Isi formulir tersebut sesuai dengan data yang kamu miliki. Setelah itu antri di loket untuk memberikan dokumen dan formulir tersebut ke petugas Samsat.

Mengantri di Kasir

Setelah proses verifikasi dokumen dan formulir dinyatakan sah, maka kamu bisa keluar dari antrian formulir itu dan pergi ke loket kasir untuk melakukan pembayaran. Memang untuk bayar pajak mobil ini harus ekstra sabar karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Di sinilah kamu melakukan pembayaran.

Setelah pembayaran dinyatakan selesai, kamu akan diberikan slip bukti pembayaran. Simpan bukti pembayaran ini karena akan menjadi dokumen yang dipergunakan untuk bayar pajak kendaraan di tahun berikutnya.

Itulah tahapan bayar pajak mobil per tahun secara manual. Lalu untuk pembayaran pajak mobil 5 tahun untuk memperpanjang STNK, kamu diharuskan membawa mobil pribadimu itu ke kantor samsat karena akan diberlakukan cek fisik.

Untuk bisa melakukan cek fisik, ada tempat khusus yang lain di mana kamu harus mengantri untuk menunggu giliran. Di sini kamu harus tetap sabar karena inilah tahapan yang harus dilalui. Setelah dinyatakan mobilmu masih layak jalan, maka kamu akan diberikan bukti cek fisik baik agar bisa mendapatkan STNK yang sudah diperpanjang. Biasanya kamu juga bakal mendapatkan plat nomor yang baru.

Jangan Malas Bayar Pajak

Bayar pajak kendaraan memang cukup rumit, tapi tenang saja karena kamu hanya melakukannya setahun sekali, dan lima tahun sekali. Jangan lupa untuk membayar pajak mobil secara tepat waktu karena jika terlambat tentu ada denda yang kamu bayar. Jangan juga malas membayar pajak mobil karena jalan-jalan mulus yang kamu lalui dengan mobil milimu itu merupakan hasil dari bayar pajak yang kamu lakukan secara rutin.

Warga negara yang baik adalah mereka yang ikut berkontribusi pembangunan salah satunya adalah dengan membayar pajak secara rutin. Jadi, sebenarnya bayar pajak kendaraan itu tidak merugikan sama sekali, malah terbilang menguntungkan karena hasilnya bisa kamu nikmati secara langsung juga.

Bacaan menarik lainnya:

Nurmantu, Safri. 2003. Pengantar Perpajakan. Kelompok Yayasan Obor: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait