Bingung Pilih Antara Investasi Reksa Dana Atau Tabungan Emas?

Bingung Pilih Antara Investasi Reksa Dana Atau Tabungan Emas?

Memiliki masa tua yang indah adalah harapan setiap orang. Harapan itu perlu ditunjang dengan perencanaan yang matang. Perencanaan itu bisa dimulai sejak dini dengan melakukan investasi. Ada beberapa jenis yang bisa kamu pilih seperti reksa dana dan tabungan emas.

Reksa dana dan tabungan emas cocok untuk pilihan jangka panjang, karena memiliki tingkat risiko kerugian yang rendah. Meski demikian, keduanya memiliki perbedaan untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum kamu melakukan pembelian.

Di bawah ini kami jelaskan secara detail perbedaan antara keduanya yang perlu kamu ketahui.

Modal Investasi yang Dibutuhkan

Modal terendah untuk investasi reksa dana, mulai Rp10.000 saja. Untuk investasi emas membutuhkan modal lebih besar. Bayangkan jika satu gram emas bernilai Rp766.000, pastinya akan terasa berat.

Bentuk Investasi

Reksa dana tidak memiliki fisik. Dengan begitu kemungkinan terkena penipuan akan semakin kecil. Kamu tetap mendapat laporan tentang investasimu via email atau pos setiap bulannya.

Emas pastinya memiliki fisik. Dengan adanya fisik, kemungkinan terjadi penipuan dan kehilangan akan semakin besar.

Penyimpanan Investasi Reksa Dana dan Tabungan Emas

Reksa dana tidak memiliki fisik, maka datanya akan disimpan dalam bank kustodian. Yang merupakan bank pengelola dan menyimpan harta reksa dana.

Tabungan emas, memiliki bentuk fisik yang memerlukan biaya lagi untuk menyimpannya. Karena tidak bisa menaruh di sembarang tempat. Dalam bank, emas biasanya disimpan dalam SDB (Safe Deposit Box) dengan biaya Rp500.000 – Rp600.000 pertahunnya dan terus naik.

Return Investasi Reksa Dana Dan Tabungan Emas

Reksa dana memiliki return atau balik modal berkisar empat persen pertahunnya, namun tidak semuanya, karena bisa jadi lebih kecil atau lebih tinggi. 

Dalam tabungan emas, banyak faktor yang mempengaruhi naik turun harga emas, jika dalam setahun return emas 6%, bisa jadi return tahun berikutnya sama. Tentunya semakin lama, akan makin untung.

Diversifikasi Investasi Reksa Dana Dan Tabungan Emas

Diversifikasi adalah adanya keragaman dalam menempatkan modal dari para investor. Investor menciptakan portofolio beragam untuk menghindari kerugian. Tidak seperti tabungan emas, diversifikasi adalah kelebihan yang dimiliki. Untuk menghindari harga saham yang jatuh, uang kamu tidak ditanam pada satu saham saja.

Berbeda dengan emas yang tidak memiliki diversifikasi, karena tidak ada pilihan diversifikasi pada emas.

Dikelola Pihak Profesional

Dalam reksa dana, investor akan memberikan pengelolaannya kepada pihak profesional, yaitu Manajer Investasi yang memiliki keahlian pada bidang tersebut.

Dalam tabungan emas, pilihan membeli atau menjual dilakukan secara pribadi, dengan begitu kamu dituntut memiliki kemampuan analisis harga emas.

Waktu Yang Tepat Investasi Reksa Dana Dan Tabungan Emas

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mulai? Karena merupakan jangka panjang, waktu yang tepat adalah saat masih muda, karena masih produktif.

Kesimpulan Antara Investasi Reksa Dana Atau Tabungan Emas

Setelah membahas kedua pilihan tersebut, dapat disimpulkan bahwa reksa dana lebih unggul. Dikarenakan modal yang lebih rendah, tidak berisiko hilang, ditipu juga tidak memerlukan tempat penyimpanan khusus.

Itulah beberapa perbedaan yang dapat kamu perhatikan sebelum memulai investasi. Jika ada pertanyaan, kamu dapat meninggalkan komentar melalui kolom di bawah ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , , , , ,
Artikel Terkait