Investor Pemula, Saham

Panduan Membeli Saham di Bursa Efek Indonesia Via Online

panduan membeli saham

Butuh panduan membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) via online? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan memberikan panduan membeli saham secara lengkap melalui ulasan berikut ini.

Investasi saham adalah salah satu pilihan untuk berinvestasi yang memiliki banyak keuntungan dibandingkan investasi di bidang lain. Mulai dari kemudahan, kepraktisan, dan imbal hasil yang cukup tinggi. Saham hanya bisa dibeli di Bursa Efek Indonesia.

Di zaman yang sudah penuh dengan teknologi seperti saat ini, berinvestasi dengan saham sangat mudah dilakukan. Bahkan, kamu bisa membeli saham melalui online. Ya, kamu bisa melakukan transaksi saham hanya lewat internet jika tidak mau meninggalkan rumah.

Sayangnya, kemudahan membeli saham secara online ini tidak banyak diketahui oleh kebanyakan masyarakat. Kami, redaksi Ajaib, bakal mengupas tuntas cara membeli saham di Bursa Efek Indonesia hanya dengan menggunkaan internet.

Berikut ini merupakan panduan membeli saham online di Bursa Efek Indonesia:

Cara Membuka Rekening Saham

Untuk membeli saham, kamu harus terdaftar sebagai nasabah, sama seperti bank. Namun, kamu harus menjadi nasabah di sebuah sekuritas atau pialang, atau broker. Yang dimaksud perusahaan sekuritas adalah perantara bagi kamu yang mau membeli saham di Bursa Fek Indonesia.

Namun, jika kamu membeli lembaran saham melalui online, kamu harus teliti dalam memilih broker atau sekuritas, yang memiliki fasilitas software online trading. Tentunya, kamu harus cari broker yang memiliki software paling mudah dimengerti.

Nantinya, kamu hanya perlu isi form yang disediakan di situs-situs perusahaan sekuritas. Setelah itu kamu bakal dikirimi form untuk ditandatangani, dan form itu pun harus kamu kirimkan kembali ke alamat kantor perusahaan sekuritas untuk diverifikasi.

Lengkapi Dokumen

Setelah mengembalikan formulir registrasi kepada sekuritas atau boker, kamu harus melampirkan dokumen lainnya, seperti kartu identitas (KTP, SIM, atau paspor), kartu Nomor Pokok Wajib Pajak, fotokopi buku tabungan, fotokopi kartu keluarga, dan materai 6.000.

Namun, kamu tahu tidak mana saja perusahaan sekuritas? Baiklah, Ajaib bakal memberikan beberapa perusahaan yang melakukan transaksi saham di Bursa Efek Indonesia, yakni Mandiri Sekuritas, Bahana Sekuritas, BNI Sekuritas, Valbury Sekuritas, Trimegah Sekuritas, Panin Sekuritas, dan masih banyak lagi.

Untuk memilih perusahaan sekuritas, kamu harus pastikan kalau mereka terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kamu bisa melihatnya di situs resmi Otoritas Jasa Keuangan untuk mengetahui perusahaan sekuritas yang valid.

Deposit Dana

Setelah rekening saham yang kamu daftarkan sudah jadi, biasanya 1-2 minggu, biasanya kamu dikirimi email konfirmasi pembukaan rekening saham. Di dalam email tersebut terdapat informasi username, password, PIN, dan nomor Rekening Dana Investor (RDI).

Selanjutnya, perlu melakukan deposit dana ke RDI tersebut sejumlah nilai minimal yang ditentukan oleh broker tempat membuka rekening. Rekening Dana Investor ini berupa rekening bank atas nama kita sendiri, tapi tidak ada buku tabungan atau kartu ATM. Untuk kamu ketahui, RDI hanya bisa kamu gunakan untuk menyimpan dana sebelum dipakai untuk melakukan transaksi pembelian saham di Bursa Efek Indonesia. Untuk melakukan deposit dana, kita bisa transfer via teller bank, atau lewat ATM, internet banking.

Instal Software Online Trading

Download dan instal software online trading yang disediakan oleh broker tempat kamu membuka rekening. Biasanya ada versi komputer, atau mobile (Android atau iPhone). Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Umumnya software ini gratis, tidak ada biaya pemakaian. Selanjutnya kamu bisa login menggunakan username dan password yang telah dikirimkan sebelumnya via email.

Setelah login, kamu biasanya diminta mengganti password dan PIN untuk keamanan. Di software online trading ini, kamu bisa melihat deposit dana yang sudah disetor.

Untuk catatan, kamu bisa mengunh aplikasinya di laptop atau bisa juga di ponsel. Kalau kamu tetap kesulitan dan belum paham menggunakan aplikasinya, datang saja ke perusahaan perusahaan sekuritas dan minta dijelaskan lebih rinci.

Beli atau Jual Saham Menggunakan Software

Di dalam software online trading tersebut, terdapat sebuah menu untuk melakukan transaksi jual beli saham di Bursa Efek Indonesia. Jika kamu mau membeli sebuah saham, kamu harus pilih menu Buy, kemudian memasukkan kode saham sebuah perusahaan yang bakal dibeli. Biasanya, sebuah saham memoliki kode sebanyak empat huruf. Sebagai contoh ANTM yang merupakan kode dari PT Aneka Tambang.

Selanjutnya, kamu masukan jumlah saham yang bakal kamu beli di Bursa Efek Indonesia. Untuk kamu ingat, untuk satu pembelian minimal kamu harus membeli sebanyak satu lot atau 100 lembar. Jika sudah menentukan pilihan, kamu langsung tekan tombol Send. Gampang kan caranya.

Ketika kamu ingin menjual saham, juga bisa dilakukan melalui software yang sudah kamu unduh. Caranya? Tinggal pilih menu Sell. Namun, kamu harus lihat dulu apakah saham yang kamu jual itu sudah memberikan keuntungan agar bisa menambah saldo di rekening.

Pelajari Strategi Investasi Saham

Kamu tentu saja tidak bisa asal membeli dan menjual saham, bisa-bisa bukannya untung tapi malah buntung. Kita perlu mempelajari strategi yang tepat dalam berinvestasi, mulai dari memilih saham dan menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham.

Khusus yang mau jadi trader saham, perbanyak lagi deh pengetahuan kamu tentang tren harga saham. Dan wajib banget buat kamu untuk update isu-isu terkini soal ekonomi dan industri. Karena dengan mengetahui hal itu, kamu juga bisa tahu seberapa kuat harga saham dari suatu perusahaan. Apakah bakal naik dalam waktu dekat atau malah anjlok.

Demikian artikel singkat dari kami mengenai panduan membeli saham di Bursa Efek Indonesia melalui intenet. Semoga bermainfaat.

Bacaan menarik lainnya:

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi (Edisi Pertama ed.). Yogyakarta: Kanisius.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait