Investor Pemula

Pembukaan Rekening Saham Kian Mudah Berkat Investasi Online

Ajaib.co.id – Ketika ingin berinvestasi saham, para investor perlu melakukan pembukaan rekening saham terlebih dahulu lewat perusahaan sekuritas. Walaupun demikian, saat ini proses pendaftaran rekening saham di perusahaan sekuritas kian mudah saja.

Lantaran, beberapa perusahaan sekuritas sudah melayani pembukaan rekening saham secara online misalnya di BCA Sekuritas. Di mana, kamu bisa mengisi terlebih dahulu formulir aplikasi rekening saham di BCA Sekuritas dengan mengunduhnya terlebih dahulu lewat website resmi mereka.

Kemudian, kamu bisa mengisi formulir aplikasi rekening saham secara lengkap, ketika kamu sudah selesai mengisi formulir tersebut, kamu bisa mengirimkan dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan pembukaan rekening saham di BCA Sekuritas ke dalam satu amplop dan dikirimkan ke kantor pusat BCA Sekuritas yang berada di Menara BCA Grand Indonesia.

Ini adalah contoh kecil saja, bahwa perusahaan sebesar BCA Sekuritas kini pun kian ramah dengan digitalisasi dalam proses pembuatan rekening sahamnya untuk semakin menarik minat calon investor dari generasi milenial yang enggan memulai investasi saham jika proses yang dilalui masih konvensional.

Pembukaan Rekening Saham di Ajaib

Saat ini, setiap layanan yang hadir harus benar-benar mengikuti perkembangan dan kebutuhan dari masing-masing penggunanya. Salah satunya yakni menyederhanakan proses pendaftaran yang bisa dilakukan 100% secara online.

Hal ini sudah diterapkan oleh aplikasi Ajaib untuk turut membantu meningkatkan literasi keuangan di masyarakat dalam memudahkan investor milenial berinvestasi di pasar modal lewat saham dan reksa dana.

Proses pembukaan rekening saham di aplikasi Ajaib benar-benar 100% secara online, sehingga kamu tidak perlu datang langsung ke lokasi dengan membawa dokumen-dokumen pendukung. Di mana, dalam proses pembuatan rekening saham di Ajaib, kamu hanya perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi Ajaib yang tersedia Google Play Store di ponsel pintar milikmu.

Langkah selanjutnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah pembuatan rekening saham di Ajaib di bawah ini:

·      Buka aplikasi Ajaib yang sudah kamu unduh sebelumnya.

·      Setelah kamu membuka aplikasi Ajaib, akan muncul menu pendaftaran, kamu bisa klik Daftar.

·      Dalam tahap pendaftaran, kamu perlu mengisi sejumlah informasi pribadi seperti nomor ponsel, email, dan password. Lalu, klik Daftar.

·      Kemudian, kamu akan mendapatkan notifikasi konfirmasi via email yang didaftarkan sebelumnya.

·      Setelah kamu selesai melakukan konfirmasi email, kini kamu bisa log in akunmu di aplikasi Ajaib dengan memasukkan email dan password.

·      Setelah kamu log in ke akun Ajaib milikmu, kamu bisa memilih dan klik Buka Akun Saham, menu pilihan ini berada di pojok kiri atas aplikasi.

·      Kemudian, akan muncul tampilan Apa jenis investasi yang kamu cari di Ajaib? Di mana, terdapat 2 pilihan yakni reksa dana dan saham, pilihlah Saham.

·      Lalu, kamu akan diminta mengisi formulir Buka Akun yang berjumlah 6 halaman untuk diisi secara lengkap dan benar. Ketika mengisi formulir ini, kamu perlu menyiapkan KTP untuk di-upload. Dan, melalukan proses KYC melalui video call dengan menyebutkan sejumlah kata yang wajib disampaikan saat proses KYC.

·      Proses verifikasi data yang kamu kirim ke Ajaib akan diproses selama 1×24 jam.

·      Lalu, bila proses verifikasi akun rekening saham di Ajaib selesai. Kamu sudah bisa memulai untuk membeli saham-saham dari semua emiten yang terdaftar di IDX lintas 9 sektor industri.

·      Ketika kamu ingin membeli dan menjual saham-saham yang dimiliki, kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur unggulan yang bisa digunakan oleh investor untuk mengetahui momentum yang tepat saat membeli saham, analisa fundamental, pergerakan harga terbaru, dan sentimen-sentimen apa saja yang bisa mempengaruhi harga saham.

Semua hal ini bisa kamu peroleh bila menjadi investor Ajaib lewat fitur News Highlights, Competitive Rangking, dan Alert.

Jadi, pembukaan rekening saham di Ajaib benar-benar 100% secara online dari tahap pendaftaran akun, proses KYC, hingga jual-beli saham pun bisa investor lakukan lewat aplikasi Ajaib. Bahkan, biaya transaksi saham lewat Ajaib merupakan yang paling termurah saat ini dibanding sekuritas-sekuritas lainnya.

Belum lagi, aplikasi Ajaib juga memberikan edukasi kepada para investor pemula yang ingin belajar tentang saham lewat Forum Investor Saham, Kamus Besar Bahasa Investasi, dan tentunya artikel-artikel yang setiap harinya selalu dimuat oleh Ajaib.

Mengapa Investor Harus Memiliki Rekening Saham Sebelum Berinvestasi di Ajaib?

Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh generasi milenial yang baru mulai terjun berinvestasi di pasar modal untuk pertama kalinya. Salah satu alasan mengapa setiap investor butuh rekening saham untuk jual-beli saham di sekuritas adalah sebagai bentuk proteksi dana investor. Di mana, rekening saham ini merupakan rekening yang terpisah dari rekening perusahaan Ajaib Sekuritas.

Jadi, pihak Ajaib sekuritas sama sekali tidak menahan dana investor melainkan hanya sebagai jembatan atau perantara antara investor dan IDX. Dalam hal ini, Ajaib Sekuritas sebagai perantara penjual saham bekerja sama dengan Bank Permata untuk Rekening Dana Nasabah (RDN), menyangkut laporan keuangan bank dll akan langsung dikirimkan kepada RDN milik nasabah saat pembukaan rekening saham di Ajaib.

Jenis rekening saham ini disebut rekening reguler, sehingga bisa mengurangi risiko penipuan atau penggelapan oleh pihak perusahaan sekuritas. Namun, bagi sebagian investor jenis rekening saham ini dianggap tidak praktis karena perlu melalui berbagai tahapan untuk jual-beli saham.

Tetapi, hal tersebut sudah disederhanakan oleh Ajaib Sekuritas dengan bantuan aplikasi Ajaib yang membuat seluruh proses pembukaan RDN dan aktivitas jual-beli saham bisa dilakukan secara online.

Artikel Terkait