Analisa Saham

Bedah Prospektus IPO Saham Cimory (CMRY)

Sumber: Cimory

Ajaib.co.id – Wisata merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh orang Indonesia, terutama masyarakat yang merasa jenuh pada kerjaannya, cenderung akan berwisata di saat weekend.

Salah satu tujuan favorit masyarakat di kawasan Jabodetabek tentu adalah liburan ke puncak, Bogor. Hal tersebut karena lokasi puncak cukup accessible bagi semua kalangan, baik bagi pemotor maupun yang menggunakan kendaraan bermobil.

Biasanya, para wisatawan berkunjung ke puncak adalah untuk wisata pemandangan, ada pula yang untuk wisata kuliner. Salah satu destinasi yang selalu dikunjungi oleh masyarakat saat berwisata ke wilayah tersebut ialah Cimory.

Cimory menawarkan berbagai tempat wisata pemandangan dan kuliner yang dipadukan menjadi satu, oleh karena itu cimory cukup populer di kalangan wisatawan. Tidak hanya itu, cimory juga memasarkan produk dairy yang mereka produksi sendiri. Cimory ini akan segera melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) loh teman-teman!

Profil Singkat Emiten

Cimory atau yang memiliki nama perusahaan PT Cisarua Mountain Dairy (CMRY) Tbk ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Sebelum berdirinya grup cimory, PT Macroprima Panganutama yang didirikan sebagai bagian dari grup cimory lahir pada tahun 1993. Perusahaan ini lah yang menjadi cikal bakal cimory group kedepannya, uniknya, perusahaan ini memiliki fokus pada pengolahan daging, bukan dairy seperti yang kita kenal saat ini.

Saat sebelum melaksanakan proses initial public offering (IPO), komposisi kepemilikan saham perseroan terdiri atas Bambang Sutantio (63,00%), Farell Grandisuri Sutantio (9,00%), Axel Sutantio (9,00%), Wenzel Sutantio (9,00%), Tiffany Adikoesoemo (5,00%), PT Cimory Dairy Shop (3,00%), PT Cimory Hospitality Sejahtera (1,00%), PT Chocomory Cokelat Persada (1,00%).

Detail Rencana IPO CMRY

Perseroan melakukan penawaran saham perdana melalui mekanisme e-IPO. Perseroan menawarkan 1.190.203.000 saham atas nama dengan nominal Rp10 setiap lembar saham, atau sama dengan 15,00% dari total modal yang ditempatkan setelah proses penawaran umum perdana saham kepada masyarakat dengan harga penawarannya sebesar Rp2,780 – Rp3.160. Dan perseroan juga akan melaksanakan program MESOP dan ESA masing-masing sebesar (7,83%) dan (0,01%)

Prakiraan struktur pemegang saham Bambang Sutantio (49,35%), Farell Grandisuri Sutantio (7,05%), Axel Sutantio (7,05%), Wenzel Sutantio (7,05%), Tiffany Adikoesoemo (3,92%), PT Cimory Dairy Shop (2,35%), PT Cimory Hospitality Sejahtera (0,78%), PT Chocomory Cokelat Persada (0,78%), Masyarakat (13.82%) , MESOP (7,83%) , dan ESA (0,01%)

Penjamin pelaksana emisi efek CMRY adalah PT BRI Danareksa Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, PT CLSA Sekuritas Indonesia, dan PT Mandiri Sekuritas. Sedangkan penjamin emisi efek akan segera ditentukan kemudian.

Jadwal Penawaran Saham

Jadwal penawaran saham berdasarkan prospektus adalah sebagai berikut:

  • Masa Penawaran Awal : 10 November – 17 November 2021
  • Perkiraan Tanggal Efektif : 26 November 2021
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 30 November – 2 Desember 2021
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan : 2 Desember 2021
  • Perkiraan Tanggal Distribusi Saham : 3 Desember 2021
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan Saham pada BEI : 6 Desember 2021

Rencana Penggunaan Dana IPO

Berdasarkan prospektus perseroan, Sekitar 33% diperuntukan untuk belanja modal untuk penambahan kapasitas produksi, 25% untuk modal anak usaha PT Macroprima Panganutama, 20% untuk modal usaha PT Macrosentra Niagaboga, 15% untuk belanja modal dalam bentuk ekspansi distribusi, dan 7% untuk modal kerja. Secara lebih besar dana hasil IPO ditujukan untuk rencana alokasi yang berkaitan dengan penambahan kapasitas untuk fasilitas produksi dan belanja modal yang berkaitan dengan rencana ekspansi pusat distribusi.

Kinerja Laporan Keuangan CMRY

Prospektus saham CMRY menunjukkan kinerja yang sangat positif. Terdapat peningkatan kinerja pada 3 tahun terakhir yaitu pada kinerja tahun 2018, 2019, dan 2020. Peningkatan kinerja juga terlihat pada Kuartal II-2021 jika dibandingkan dengan kinerja pada tahun 2020. Terlihat bahwa laba periode berjalan CMRY meningkat signifikan mencapai 798.54%

Rasio-rasio Keuangan CMRY

Berikut merupakan ringkasan rasio keuangan CMRY selama tiga tahun terakhir dan Kuartal I-2021:

Data di atas menunjukkan bahwa CMRY secara fundamental menunjukan pertumbuhan yang sangat baik. Dari rasio profitabilitas, perputaran aktivitas, dan likuiditas terlihat terdapat peningkatan secara positif.

Kebijakan Dividen CMRY

Prospektus CMRY menuturkan bahwa pemegang saham yang tercatat dalam rekening efek berhak atas pembagian dividen, dengan skema yang belum ditentukan.

Prospek Bisnis CMRY

Cimory merupakan produk yang menyasar segmen premium. Sudah banyak perusahaan sejenis baik lokal maupun internasional yang menyasar segmen yang sama. Pandemi COVID-19 menjadi kesempatan CMRY untuk memperluas pangsa pasarnya. Oleh karena itu perseroan menyiapkan beberapa strategi. Strategi utama dari perusahaan adalah berinvestasi.

CMRY melakukan investasi pada fasilitas produksi dan pergudangan dengan tujuan memenuhi permintaan pasar dan menurunkan biaya produksi. Saat ini, CMRY sedang berusaha untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk cimory pouch sehingga dapat memproduksi dengan volume hingga mencapai 100% pada akhir tahun 2022. CMRY juga berinvestasi dalam mesin pendingin di seluruh wilayah Indonesia

Selain itu, CMRY juga melakukan investasi dalam pusat distribusi dan cabang untuk memperluas jalur perdagangan umum dan MCM, serta mengurangi biaya logistik dan pergudangan. Lalu perusahaan juga berinvestasi pada pemasaran untuk meningkatkan kesadaran produk dan penetrasi merk. CMRY juga meningkatkan penjualan melalui channel online dan meningkatkan penjualan melalui ekspor.

Melalui MCM, CMRY juga melakukan strategi pemasaran yang lebih direct kepada konsumen. MCM sendiri merupakan Miss Cimory, seorang mitra yang diajak kerja sama oleh CMRY dengan tujuan mempromosikan pembangunan berkelanjutan melalui pemberdayaan wanita, serta mengenalkan produk cimory dari pintu ke pintu.

Kesimpulan

Berdasarkan laporan prospektus, Cimory memiliki kinerja yang sangat bagus, prospek kedepan hingga penggunaan dana IPO nya pun untuk kegiatan yang produktif dan fokus pada ekspansi. Secara fundamental, saham IPO Cimory mampu menjaga kinerja keuangan nya walau adanya pandemi COVID-19. Risiko yang perlu dicatat adalah kecilnya porsi publik ketika IPO nanti, sehingga bisa saja saham menjadi kurang likuid.

DisclaimerInvestasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Artikel Terkait