Investor Pemula, Saham

Yuk Nabung Saham dengan Modal Seratus Ribu Rupiah

Yuk Nabung Saham dengan Modal Seratus Ribu Rupiah

Banyak orang takut berinvestasi karena dianggap modal awalnya haruslah besar. Apalagi untuk investasi saham yang sudah dikenal merupakan ramah bagi investor handal kelas kakap dengan uang puluhan juta. Padahal mungkin kamu saat ini baru bisa menyisihkan modal seratus ribu untuk berinvestasi.

Mungkin saat ini tersedia investasi yang lebih terjangkau misalnya tabungan berjangka atau reksa dana namun daya tarik investasi saham tentu tak terhindarkan. Investasi saham dengan risiko yang paling tinggi diantara jenis investasi lainnya memberikan penawaran imbal hasil yang paling tinggi pula. High risk high return, demikian kata para pakar keuangan.

Sebenarnya ada banyak cara kamu bisa menghasilkan uang lebih banyak dengan modal Rp 100 ribu saja. Misalnya menjadikannya uang untuk modal usaha kecil-kecilnya. Dikreasikan dengan ide bisnis unik maka hasilnya tentu bisa memuaskan.

Salah satu yang sering diterapkan adalah merintis usaha jajanan untuk anak. Peluang usaha yang lawas namun tak pernah usang ini selalu berhasil memberikan keuntungan yang lumayan untuk memulai usaha. Atau bisa pula dengan menyediakan jenis barang kreasi unik dengan modal ratusan ribu itu.

Kamu bisa menjual barang itu secara online untuk menjaga biaya usaha dengan modal kecil ini tetap terjangkau. Meskipun tetap saja kamu harus bekerja keras mencari konsumen untuk membeli barang jualanmu agar mendapatkan keuntungan.

Ada pula cara lain memaksimal modal seratus ribu milikmu dengan lebih baik dan maksimal. Yakni menjadikannya cara memulai investasi saham dibandingkan membuat usaha sendiri. Paling tidak kamu tak perlu susah payah produksi dan promosi barang namun pasti tetap menuai keuntungannya.

Tapi apakah mungkin berinvestasi saham dengan modal seratus ribu saja? Jawabannya adalah sangat mungkin. Caranya dengan mengikuti program Yuk Nabung Saham (YNS), solusi investasi bagi investor pemula yang ingin terjun di pasar modal.

Jadi Investor Saham Dengan Modal Seratus Ribu Rupiah Saja

Untuk Investasi saham itu, mudah. Tak perlu modal besar untuk membuka rekeningnya. Ubah stigma negatif selama ini bahwa investasi saham adalah hal yang rumit dan butuh modal besar. Pemikiran ini yang sering membuat orang takut dan akhirnya mengurungkan diri berinvestsi di pasar modal.

Kini tersedia solusi terjangkau dan mudah lewat program Yuk Nabung Saham. Pada akhir tahun 2015, BEI merilis program kampanye “Yuk Nabung Saham”. Kampanye tersebut bertujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di pasar saham, dengan beli saham secara rutin dan berkala. BEI juga ingin investor baru bertambah dan mereka aktif bertransaksi di pasar modal.

Literasi (tingkat pemahaman) keuangan khususnya investasi masyarakat Indonesia sendiri masih sangat terbatas saat ini, kalah dibandingkan negara-negara tetangga. Bukan hanya itu, tingkat utilitas produk pasar modal juga masih sangat rendah dan paling minim dibandingkan 5 industri keuangan lainnya antara lain perbankan, asuransi, pegadaian, keuangan dan dana pensiun.

Dikutip dari situs resmi program Yuk Nabung Saham, jumlah investor aktif per tahun hanya sebesar 30% dari total investor pasar modal di Indonesia. Angka ini merupakan data pada September 2015 yang dirangkum oleh BEI.

Karena itulah, program ini diniatkan mengubah pola masyarakat dari sebelumnya sekedar menabung menjadi berinvestasi, dari saving society menjadi investing society. Gerakan ini sendiri meski lambat namun mulai menampakkan hasilnya. Berdasarkan Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan tahun 2016, tingkat pemahaman (literasi) masyarakat Indonesia terhadap pasar modal naik menjadi 4.40% dan tingkat utilitas produk pasar modal naik menjadi 1.25%

Sekadar info, Bursa Efek Indonesia (BEI) merupakan penyelenggara sekaligus penyedia sistem dan sarana jual beli efek (saham). Dengan kata lain, BEI adalah mal dan barang-barang yang ada di dalamnya adalah saham. Dengan program ini, BEI menawarkan jalur mudah bagi masyarakat untuk ikur serta dalam pasar modal.

#Cara Berinvestasi Lewat Program Yuk Nabung Saham

Prosesnya sendiri semudah menabung di bank. Ini adalah fakta, no tipu-tipu. Dengan modal Rp100.000, kamu bisa membuka rekening sekaligus menabung dan belajar saham.

Namun hal itu harus dilakukan melalui perusahaan sekuritas. Ada sejumlah perusahaan sekuritas terpercaya yang bisa kamu percaya sesuai dengan preferensi pribadi dan pertimbangan masing-masing. Nantinya transaksi pembelian saham juga bisa dilakukan dengan sistem autodebet melalui perusahaan efek yang telah memiliki produk tabungan saham.

Sebenarnya, tujuan untuk menabung saham tidak semata-mata jenis investasi buat investor saja. Tetapi ada tujuan besar untuk perekonomian negara. Dengan ambil bagian dalam Yuk Nabung Saham, investor berperan dalam menggerakkan ekonomi nasional.

Kok bisa? Bisa, dong! Karena:

  • Investor menanamkan modalnya ke sebuah perusahaan dan mencari keuntungan dari hal itu.
  • Di sisi lain, perusahaan mendapatkan tambahan untuk modal usaha atau memperluas bisnisnya.
  • Membuka lapangan pekerjaan ketika perusahaan penerima modal dan bisnis yang bersinggungan dengannya memerlukan SDM.
  • Penerimaan pajak negara dari pasar modal.

Perusahaan mendapatkan modal, investor menerima cuan, masyarakat senang, ekonomi negara pun aman dan stabil. Siapa yang mau kondisi seperti ini? Pasti semua mau. Inilah waktunya kamu berpartisipasi membangun negara.

Untuk masuk ke dunia pasar modal tidaklah sulit. Bagi kamu yang merasa tidak mengetahui seluk beluk soal dunia saham atau pasar modal, tenang! Kamu bisa mengikuti program Sekolah Pasar Modal (SPM), bagian dari program Yuk Nabung Saham yang diselenggarakan BEI.

Cara mengikutinya, pilih jadwal dan transfer biaya pendaftaran Rp100.000. Biaya tersebut akan dikembalikan ke kamu dalam rekening efek. SPM dilaksanakan di kantor BEI, Kawasan SCBD, Jakarta.

Jika tidak sempat mengikuti SPM, kamu bisa mendatangi perusahaan sekuritas. Jangan lupa membawa buku tabungan, KTP dan NPWP sebagai syarat membuka rekening. Tidak ada syarat khusus dalam hal ini. Sehingga Warga Negara Indonesia (WNI) apapun profesinya, baik mahasiswa, karyawan, entrepreneur, pensiunan, hingga ibu rumah tangga, boleh mendaftar.

Langkah berikutnya, isi formulir dan setorkan dana awal ke “rekening efek”. Namun jumlah setoran awal berbeda-beda, tergantung kebijakan perusahaan sekuritas. Dalam program Yuk Nabung Saham terdapat 34 perusahaan sekuritas yang bisa dipilih calon investor.

Rekomendasi saham bisa dilakukan dengan membaca media daring, membaca teori pasar modal, bertukar informasi dengan ahli dan komunitas, serta perbarui informasi mengenai saham blue chip (saham unggulan). Saham blue chip biasanya berada dalam Indeks LQ45 yang selalu diperbarui BEI setiap enam bulan sekali.

Setelah proses pembukaan rekening selesai, kamu bisa bertransaksi di pasar modal. Usahakan menabung setiap bulan atau dua bulan sekali membeli saham. Keputusan ada di tangan kamu.

#Apakah Mungkin Berinvestasi Saham yang Syariah?

Keuangan syariah merupakan salah satu produk yang sangat diminati di Indonesia. Hal ini ditopang dengan besarnya jumlah pemeluk Islam di negara ini yang sekaligus merupakan potensi pemodal yang sangat besar. Kalau kamu salah satu yang peduli pada investasi syariah maka program Yuk Nabung Saham juga mengakomodir pertimbanganmu ini.

Kamu bisa berinvestasi syariah dengan memilih untuk membeli emiten saham syariah dengan transaksi yang juga tidak melanggar aturan agama. Investasi saham syariah sendiri di pasar modal Indonesia sudah sesuai dengan prinsip Islam dengan akad Syirkah Al Musahamah. Kamu bisa mencari rekomendasi saham dalam Daftar Efek Syariah.

Investasi saham syariah lewat menabung saham BEI ini juga telah dijamin dengan Fatwa No. 80 dari Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang Penerapan Prinsip Syariah Dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek. Pelaksanaannya juga bisa dilakukan lewat Sistem Online Trading Syariah pada Anggota Bursa di BEI.

Yuk Nabung Saham menjadi solusi bagimu yang ingin berinvestasi dengan dana terbatas. Modal seratus ribu rupiah saja dan kamu bisa menjadi salah satu pelaku pasar modal Indonesia dan menjadi salah satu pemegang saham. Dalam jangka tertentu, saham tersebut bisa memberikan keuntungan dari kenaikan harga yang dialami jika ingin dijual kembali.

Kamu juga bisa meraup rupiah dari deviden atau pembagian keuntungan perusahaan yang sahamnya kamu beli. Keuntungan setiap saham yang kamu beli dengan tabungan tersebut bisa digunakan sebagai dana membeli aset, menikah, hingga persiapan pensiun dini.

Investasi saham mudah, kan? Yuk nabung saham.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Artikel Terkait