Takut untuk Investasi Saham? Ini Cara Belajar Saham bagi Generasi Y

Masih Takut untuk Investasi Saham? Ini Cara Belajar Saham bagi Generasi Z

Perkembangan zaman yang semakin canggih. Menyediakan banyak cara untuk mencapai kemapanan, salah satunya dengan berinvestasi saham. Namun, investasi saham juga punya risiko yang tinggi sehingga banyak yang menjadi ragu untuk memulainya.

Begitu pula bagi generasi milenial atau Gen Y, yang menganggap investasi saham sebagai hal yang menakutkan. Biasanya seorang pemula enggan berinvestasi karena malas untuk belajar saham, melihat harga saham, dan belajar bagaimana menganalisis grafik.

Kamu bisa mempelajari investasi saham dari mana saja, baik buku maupun internet. Akan tetapi teori saja tidaklah cukup, kamu harus melakukan aksi nyata sebagai bagian dari pengalaman.

Nah, berikut ini cara belajar saham untuk generasi milenial ataupun yang masih awam.

Kenali Karakter Risiko Kamu

Sebelum memulai investasi saham, harus dimulai dari diri sendiri. Maksudnya adalah mengenali dulu karakter risiko kamu. Apakah termasuk kategori yang nekat atau berhati-hati dalam berinvestasi. Di bursa saham jumlah saham banyak sekali.

Supaya pilihannya tepat, maka ketahui dulu kepribadian kamu seperti apa. Apabila kamu termasuk orang yang berani ambil risiko tinggi atau nekat. Berinvestasi di saham-saham dengan kapitalisasi pasar kecil atau menengah bisa jadi pilihan yang pas.

Lalu, jika kamu orang yang penuh kehati-hatian, pilihlah investasi saham di BUMN dan saham blue chip. Pasalnya saham-saham tersebut pergerakan nilainya lebih stabil sehingga risikonya juga kecil.

Modali dengan Pengetahuan

Selanjutnya adalah bekali pengetahuan tentang investasi saham. Apabila modal kamu terbatas, cara belajar saham bisa dipelajari melalui buku. Karena relatif lebih hemat dibandingkan mengikuti pelatihan dengan biaya mahal. Buku-buku saham yang tersedia pun banyak ditulis dari para ahli atau investor berpengalaman.

Bahkan kamu pun bisa belajar saham lewat e-book yang lebih praktis dibaca dari smartphone. Selain buku, kamu juga bisa belajar langsung dari mentor berpengalaman baik itu teman, saudara, dosen, ataupun partner kerja. Cari mentor yang paham soal analisa teknikal dan analisis fundamental perusahaan.

Tujuan Investasi

Tentukan dengan pasti apa tujuan kamu berinvestasi saham. Apakah itu untuk jangka pendek, menengah, atau panjang. Kalau untuk pemula disarankan membuat tujuan jangka menengah. Karena jika jangka pendek pastinya bakalan merugi.

Untungnya masih kecil tapi kamu harus bayar fee untuk broker. Harusnya balik modal malah jadi rugi, kan?

Yang harus dimengerti jangka pendek yang dimaksud yaitu trading hariannya. Tidak mungkin kan kamu pelototin terus setiap saat pergerakan saham. Terlebih kalau kamu punya kesibukan lain.

Mulai dari Jumlah Kecil

Investasi saham bisa kok, dengan modal yang kecil. Dan sebaiknya mulai dengan budget minim dulu untuk mencobanya. Terlebih buat kamu investor pemula jangan langsung modal besar. Ada sekuritas kecil yang memberikan penawaran investasi saham bagi mahasiswa dengan hanya modal Rp 500 ribu.

Buat yang masih meraba-raba, investasikan dulu 5 persen dari pendapatan. Setelah paham caranya, baru kamu bisa secara berkala meningkatkan modal investasinya.

Tiap investasi punya risiko dan keuntungannya masing-masing. Begitu juga saham. Keuntungan yang bisa kamu dapat dari investasi saham, salah satunya adalah deviden atau pembagian laba. Yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham. Kemudian jenis risikonya mulai dari capital loss atau harga jual sahamnya lebih rendah daripada harga beli. Hingga suspend atau diberhentikan perdagangannya oleh BEI.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait