Istilah & Pengertian Tabungan Deposito yang Wajib Diketahui

Istilah &Pengertian Tabungan Deposito yang Wajib Diketahui
Istilah &Pengertian Tabungan Deposito yang Wajib Diketahui

Pengertian tabungan deposito banyak dicari oleh kalangan pecinta investasi. Produk simpanan ini sering kali menjadi alternatif tabungan yang ideal. Karena deposito memiliki jangka waktu. Seperti tabungan, hal yang sering menjadi pertimbangan memilih deposito adalah bunga yang ditawarkan lebih tinggi dibanding tabungan biasa. 

Secara pengertian, tabungan deposito adalah produk simpanan di bank. Penyetoran maupun penarikan tabungan ini hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu yang telah ditentukan di awal. Menariknya lagi, semakin besar dan semakin lama kamu menyimpan dana dalam bentuk deposito, maka semakin besar pula bunga yang ditawarkan. Yuk, ketahui istilah yang ada di dalam tabungan deposito beserta pengertiannya di bawah ini!

Minimal Setoran

Pertama, pada umumnya, ketika kamu membuka rekening di bank, maka ada batas setoran minimal yang harus dibayar pertama kali. Begitu juga deposito, kamu harus menyetorkan minimal uang, biasanya sekitar Rp5 juta. Namun, kembali lagi pada kebijakan masing-masing bank. Ada juga yang memiliki produk deposito tanpa setoran awal.

Jangka Waktu Simpanan 

Seperti yang telah dijelaskan di awal, deposito memiliki jangka waktu simpanan dan tidak bisa diambil sebelum jangka waktu yang telah ditentukan. Biasanya nasabah akan diberikan beberapa opsi untuk jangka waktu ini mulai dari 1, 3, 6, 12 atau 24 bulan. Mengenai jangka waktu ini sangat penting untuk diperhatikan karena ini akan menentukan bagaimana kamu menggunakan simpanan tersebut.

Pencairan Dana

Berhubungan dengan jangka waktu, , pencairan dana deposito tidak bisa sembarangan seperti tabungan. Setelah kamu menentukan atas pilihan jangka waktu yang telah ditawarkan, maka pencairan dana deposito harus sesuai dengan jangka waktu tersebut. Kalau tidak, kamu akan dikenakan sejumlah denda penalti yang membuat keuntungan menjadi tidak maksimal.

Bunga Deposito

Deposito memiliki bunga yang relatif lebih tinggi dibanding tabungan. Hal tersebut dikarenakan adanya syarat yang cukup banyak seperti limitasi jangka waktu yang diberikan dan setoran awal yang cukup besar. Hal inilah yang dimaksud bahwa deposito merupakan produk investasi yang menguntungkan selain obligasi, saham, dan emas. Meskipun demikian, hal yang perlu diingat adalah suku bunga yang ditetapkan harus sesuai kebijakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Deposito Sebagai Jaminan

Mungkin untuk poin yang ini banyak orang yang belum mengetahui. Deposito tergolong dalam salah satu aset yang bisa jadi jaminan untuk pinjaman ke bank. Namun, tidak semua bank menerima jaminan dalam bentuk deposito ini. Meskipun begitu, jaminan deposito bisa menjadi alternatif selain aset yang biasa kita ketahui seperti tanah atau rumah.

Jadi, sudah tahu dong apa pengertian tabungan deposito? Selanjutnya, menentukan arah dan tujuan berdeposito merupakan langkah yang menentukan plus minusnya, apakah untuk tabungan dana darurat, tabungan hari tua, dan sebagainya. Jika investasi adalah tujuan utamanya maka ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Selain memilih jangka waktu, tentukan jenis depositonya. Selamat mencoba ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait