Mau Deposito? Cek Keuntungan dan Suku Bunga Deposito Mandiri

Mau Deposito? Cek Keuntungan dan Suku Bunga Deposito Mandiri
Mau Deposito? Cek Keuntungan dan Suku Bunga Deposito Mandiri

Kamu pastinya sudah sering mendengar kata deposito. Ya, deposito merupakan satu dari beberapa produk perbankan dengan konsep seperti tabungan, namun memiliki bunga yang lebih tinggi. Dana deposito kamu akan mendapat jaminan dari Pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS, tetapi dengan syarat tertentu. Banyak keuntungan yang kamu terima dengan berdeposito, salah satunya di deposito Mandiri.

Sementara itu bunga deposito bisa berubah sewaktu-waktu. Bunga deposito ini sangat dipengaruhi oleh suku bunga acuan dari Bank Indonesia (BI), termasuk juga deposito Mandiri. Suku bunga BI dikenal dengan nama BI 7-Day Repo Rate. Nah, jika BI 7-Day Repo Rate ini naik, maka bunga deposito pun akan ikut naik. Oleh karena itu kondisi tersebut jadi momen yang tepat untuk berinvestasi dalam bentuk deposito. Jangan sekali-kali kamu ambil kredit di saat BI 7-Day Repo Rate sedang naik, karena pastinya bunga kredit bergerak naik.

Suku Bunga Deposito Mandiri

Bunga pada deposito Mandiri ini berbeda-beda sesuai dengan jangka waktu penyimpanannya atau tenor, serta jumlah dana yang diinvestasikan. Pihak  Bank Mandiri menawarkan masa tenor untuk produk depositonya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Besarnya dana yang dapat kamu depositokan mulai dari Rp10 juta sampai Rp1 miliar lebih.

Jika kamu mendepositokan dana Rp10 juta dan di bawah Rp100 juta, maka bunga yang bisa kamu peroleh mencapai 4,25% dengan masa tenor 1 bulan. Jika kamu mengambil masa tenor 24 bulan dengan nominal yang sama, bunganya sebesar 4,50%. Sementara itu, bunga deposito Mandiri yang paling tinggi sekitar 5,50%, namun dengan besaran dana yang diinvestasikan di atas Rp100 juta.

Apa Saja Pilihan Produk Deposito Mandiri?

Bank Mandiri memiliki beberapa produk deposito untuk nasabahnya. Biar makin paham, berikut pilihan produknya beserta keuntungan dan syarat-syaratnya.

1. Mandiri Deposito Rupiah

Deposito yang satu ini ditujukan untuk kamu yang mau menyimpan dana dalam bentuk mata uang Rupiah. Keuntungan yang bisa kamu nikmati, yaitu:

a. Bunga deposito dari yang terendah 4,25% hingga 5,50%.

b. Pilihan masa tenor dari 1 – 24 bulan.

c. Bunga depositonya bisa kamu terima di muka. Maka, saat pengambilan deposito, kamu tidak perlu menyetorkan dana penuh.

d. Pembukaan rekening deposito bisa atas nama dua orang (joint account).

e. Dapat otomatis diperpanjang (automatic roll over).

f. Bisa diakses melalui Mandiri Online, Mandiri Call, atau Mandiri SMS.

2. Mandiri Deposito Valas

Deposito Mandiri juga menyediakan penyimpanan dalam bentuk valuta asing (Valas) dan pada umumnya menggunakan mata uang Dolar. Lalu apa keuntungannya?

a. Bunga yang diperoleh mulai 0,25% sampai 0,75%.

b. Masa tenornya mulai dari 1 bulan – 24 bulan.

c. Bebas dikenakan komisi untuk pencairan deposito USD maksimal US$ 20 ribu tiap bulannya per nasabah.

d. Pembukaan bisa atas nama dua orang atau joint account.

e. Bisa juga mata uang Yen (Jepang), Euro, Dolar Singapura, Poundsterling, Franc Swiss hingga Dolar Hongkong.

f. Bisa diperpanjang otomatis

g. Pembatalan perpanjangan deposito bisa melalui Mandiri Call, Mandiri SMS, atau Mandiri Internet.

Dengan suku bunga yang kompetitif, deposito Mandiri bisa jadi pilihan paling tepat buat kamu yang ingin berinvestasi. Selain deposito, kamu juga bisa mulai berinvestasi saham dan reksa dana, kedua investasi tersebut memiliki suku bunga yang lebih besar yaitu mencapai 20% per tahun. Cek sekarang juga jenis investasi yang cocok buat kamu di aplikasi Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait