Bisnis & Kerja Sampingan, Investasi

Istilah Akuntansi yang Biasa Dipakai dalam Artikel Bisnis

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – Dalam kehidupan sehari-hari, maupun di dunia bisnis seringkali kita bertemu dengan banyak istilah akuntansi. Beberapa istilah akuntansi mungkin familiar bagi kita, namun dapat dipastikan lebih banyak lagi istilah akuntansi lainnya yang mungkin masih jarang atau bahkan belum pernah kamu dengar. 

Nah demikian halnya jika kamu tertarik untuk berinvestasi di pasar modal. Kamu pasti banyak mendengar istilah akuntansi yang dipaparkan. Apalagi, setiap kuartal emiten akan mempublikasikan laporan keuangan perusahaan yang sebenarnya dapat kamu lihat dan download di website IDX. Laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan, tentu saja memuat banyak istilah-istilah akuntansi.

Nah jika kamu tertarik untuk berinvestasi atau bahkan mengetahui perkembangan perusahaan dari pemberitaan di media, namun bingung dan khawatir karena belum mengetahui istilah-istilah akuntansi yang sering muncul, yuk simak beberapa istilah akuntansi yang biasa digunakan oleh emiten.

Istilah Akuntansi yang Biasa dipakai Emiten Saham

Mengenal istilah akuntansi yang dipergunakan oleh emiten saham, kadang terbilang tidak mudah. Apalagi jika kamu tidak terlalu terbiasa dengan istilah keuangan. 

Untuk lebih mengenal beberapa istilahnya, berikut ini adalah istilah yang lazim dipergunakan emiten saham berdasarkan laporan keuangan perusahaan dan bisa kamu jadikan kamus istilah akuntansi versi kamu:

Istilah Akuntansi dalam Laporan Laba Rugi

Nah, berikut ini adalah istilah akuntansi yang pasti kamu temui di laporan laba rugi emiten saham:

  • Harga Pokok Penjualan (Cost Of Goods Sold)

Sesuai istilahnya, cost of goods sold adalah biaya yang dikeluarkan oleh emiten atau perusahaan untuk memproduksi barang yang akan dijual oleh perusahaan.

  • Pendapatan (Revenue/Net Sales)

Istilah akuntansi lainnya adalah pendapatan atau revenue, yang merupakan nilai dari penjualan barang atau jasa yang telah didapatkan oleh suatu perusahaan selama periode laporan berlangsung.

  • Laba Bruto (Gross Profit)

Laba bruto sering juga dikenal sebagai laba kotor, gross margin atau gross income. Perhitungan laba ini merupakan selisih dari penjualan bersih dengan harga pokok penjualan, lho.

  • Beban Bunga (Interest Expenses)

Perusahaan yang melakukan pinjaman modal wajib membayar biaya bunga. Nah, biaya bunga ini disebut dengan beban bunga.

  • Laba Operasi (Operating Income)

Laba/rugi ini memiliki perbedaan dengan laba kotor di atas, lho. Laba operasi didapat dari selisih antara laba kotor dengan beban administrasi, beban penjualan dan beban umum.

  • Biaya Administrasi, Penjualan dan Umum (Administrative, Selling and General Expenses)

Aktivitas operasional yang dilakukan oleh perusahaan tentunya membutuhkan biaya. Nah, biaya ini akan dibagi menjadi 3 bagian lho, yakni biaya umum, biaya penjualan dan biaya administrasi.

  • Pajak Penghasilan Perusahaan (Income Tax)

Istilah lainnya adalah income tax, pajak penghasilan ini merupakan pajak yang harus dibayar oleh emiten atau perusahaan otoritas pajak atau negara.

  • Laba atau Rugi Sebelum Pajak (Pre-tax Income)

Laba/rugi sebelum pajak merupakan total dari pendapatan yang diperoleh sebuah perusahaan dan belum dikurangi dengan pajak. Untuk perhitungan laba atau rugi sebelum pajak, kamu harus mengurangi laba operasi perusahaan dengan beban bunga, yah.

  • Laba atau rugi yang dapat diatribusikan 

Untuk laba atau rugi yang diatribusikan sering juga disebut sebagai laba atau rugi bersih. Istilah ini merupakan hasil akhir, dari laporan laba rugi. 

Menghitungnya dengan mengurangkan laba sebelum pajak dengan pajak penghasilan perusahaan. Laba ini dapat diatribusikan maksudnya adalah laba yang akan diberikan kepada para pemegang saham.

  • Earning Per Share (EPS)

EPS biasa dikenal dengan laba bersih per saham suatu perusahaan. Diperoleh dari laba bersih suatu perusahaan yang dibagi dengan jumlah dari seluruh saham yang beredar.

Istilah Akuntansi dalam Laporan Posisi Keuangan

Selanjutnya adalah istilah akuntansi dalam laporan posisi keuangan emiten saham, yakni terdiri dari

  • Aktiva Lancar

Merupakan aset atau kekayaan perusahaan yang sangat mudah untuk dicairkan atau diubah menjadi uang tunai. Nah, jenis aset ini dapat diukur dengan satuan nilai mata uang. 

  • Aktiva tidak lancar 

ialah suatu tipe aset yang dimiliki perusahaan dan tidak dapat langsung dicairkan untuk menjadi uang tunai. 

  • Kas

Merupakan aktiva lancar berupa uang tunai yang bebas dan juga siap untuk digunakan setiap waktu. Kas bisa berupa saldo rekening giro, maupun yang berada di perusahaan. 

  • Piutang usaha 

Merupakan salah satu transaksi bisnis dalam akuntansi yang juga termasuk aktiva lancar. Piutang usaha adalah utang suatu perusahaan atau individu, untuk barang dan jasa yang telah mereka terima. 

  • Persediaan lancar

Adalah istilah untuk aktiva atau aset lancar dalam bentuk barang maupun perlengkapan. Barang tersebutlah yang dibeli dan akan dijual kembali.

  • Liabilitas jangka pendek dan jangka panjang

Liabilitas jangka pendek merupakan kewajiban-kewajiban yang akan jatuh tempo dalam waktu pendek atau setahun atau pada sebuah masa aktivitas normal perusahaan, demikian sebaliknya untuk liabilitas jangka panjang. 

  • Utang usaha 

Merupakan kewajiban yang muncul oleh karena pembelian barang maupun jasa secara kredit.

Istilah Akuntansi dalam Laporan Perubahan Ekuitas 

Istilah akuntansi lainnya yang terdapat dalam laporan perubahan ekuitas adalah:

  • Ekuitas

Istilah ekuitas secara sederhana dikenal dengan modal. Ekuitas merupakan hak dari pemilik atas aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan tentunya setelah dikurangi dengan jumlah kewajiban yang dimiliki oleh perusahaan.

  • Dividen

Bagian dari keuntungan suatu perusahaan yang diberikan kepada para pemegang saham disebut dividen. Nah, ‬dividen ini dapat berupa dividen tunai maupun dividen saham, ya.

  • Penghasilan Komprehensif lainnya

Istilah penghasilan komprehensif lainnya merupakan keuntungan maupun kerugian yang didapat terkait imbalan kerja perusahaan, juga termasuk keuntungan atau kerugian selisih kurs dan lainnya. 

Istilah Akuntansi dalam Laporan Arus Kas

  • Arus Kas Aktivitas Operasi

Merupakan arus kas yang diperoleh dari aktivitas yang menghasilkan pendapatan utama bagi perusahaan, yakni dalam lingkup kegiatan bisnis dari perusahaan. 

  • Arus Kas Aktivitas Investasi

Bagian ini merupakan uang masuk maupun keluar yang berhubungan dengan investasi jangka panjang perusahaan. 

  • Arus Kas Aktivitas Pendanaan

Istilah yang terakhir adalah arus kas dari aktivitas pendanaan, merupakan salah satu bagian dari laporan arus kas perusahaan.

Aktivitas ini menunjukkan arus kas bersih yang dapat digunakan untuk mendanai perusahaan, termasuk transaksi seperti utang, ekuitas, dan juga dividen.

Nah, demikian pembahasan mengenai istilah-istilah akuntansi yang mungkin kamu temui jika membaca laporan keuangan emiten saham di laman resmi BEI atau berita di media ekonomi.

Setelah mengenal istilah akuntansi tersebut, pasti kamu semakin tertarik kan untuk mewujudkan investasimu? Kalau begitu, pilihlah aplikasi investasi yang tepat untuk mendukung kemudahan kamu dalam berinvestasi, ya.

Ajaib adalah aplikasi investasi yang hadir dengan kemudahan karena dapat langsung kamu download lewat smartphone. Segeralah berinvestasi di Ajaib!

Sumber: Aset Lancar dan Tidak Lancar: Pengertian, Perbedaan, dan Jenisnya, Daftar Istilah P, Istilah-Istilah Akuntansi Yang Harus Diketahui, Istilah Belajar Akuntansi, dan Istilah-istilah Dalam Investasi Saham, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait