Bisnis & Kerja Sampingan

Serba Serbi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

laporan keuangan

Ajaib.co.id – Laporan keuangan perusahaan dagang adalah gambaran paling akurat mengenai aktivitas operasi perusahaan tersebut. Secara umum, laporan ini disusun tiap akhir tahun periode akuntansi sebagai pertimbangan manajemen membuat strategi bisnisnya. Selain itu, laporan ini juga penting bagi investor jika ingin menanamkan uangnya.

Menyusun laporan keuangan adalah salah satu rutinitas yang harus dilakukan untuk memperoleh gambaran informasi secara jelas yang terjadi di perusahaan. Karena itu, menguasai kemampuan membuat laporan finansial yang akurat penting untuk memulai bisnis. Kamu bisa memastikan semua prosesnya berjalan berkesinambungan lewat laporan ini.

5 Hal yang Wajib Ada Dalam Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Setiap perusahaan dagang pastinya membuat laporan keuangan perusahaan dagang berkaitan dengan laporan arus kas, neraca, utang, piutang, laba rugi. Dan stok barang.  Perusahaan dagang merupakan salah satu jenis perusahaan yang tidak sulit untuk dijalankan. Sebab, aktifitas usahanya hanya membeli dan menjual kembali barang dagangan tanpa melakukan perubahan bentuk barang. 

Oleh karena itu, perusahaan yang demikian dikenal dengan sebutan perusahaan dagang. Perusahaan tersebut memperjualbelikan produk lewat pembelian dan penjualan kembali. Perusahaan dagang memiliki laporan keuangan yang tidak berbeda dengan perusahaan lain.

Akan tetapi, yang sedikit membedakan adalah poin-poin atau jenis akun yang menjadi bagian dalam laporan keuangan tersebut. Ada sejumlah aspek yang harus ada dalam laporan keuangan perusahaan ini. Misalnya saja laporan perubahan modal, laporan hutang, laporan persediaan, laporan perubahan ekuitas laporan penjualan hingga stok barang.

Kali ini kami ingin membagikan contoh laporan keuangan perusahaan dagang dengan detail namun sederhana. Cek penjelasannya di bawah ini.

1. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan laporan yang menunjukkan besaran kas yang diterima. Sesuai penghasilan tunai dan dan investasi tunai dari pemilik serta besaran kas yang dikeluarkan perusahaan. Seperti tanggungan atau beban yang wajib dikeluarkan, pembayaran utang. Serta pengambilan prive (pengambilan dana oleh pemilik perusahaan perorangan untuk keperluan pribadi yang akan mengurangi modal).

2. Laporan Laba Rugi

Merupakan laporan yang memperlihatkan kegiatan operasional perusahaan. Laporan tersebut menjelaskan secara detail informasi mengenai pendapatan, tanggungan, laba atau rugi perusahaan pada rentang waktu tertentu. 

Ada 2 bagian utama pada laporan laba dan rugi. Bagian tersebut adalah penjualan dan beban atau tanggungan. Sementara, bagian lainnya yaitu harga pokok penjualan.

3. Laporan Utang

Laporan utang merupakan laporan yang menjelaskan secara detail tentang transaksi penambahan, saldo akhir utang masing-masing supplier. Serta pengurangan utang perusahaan.  

Data utang ini bakal memperlihatkan nama supplier, daftar kode supplier, potongan pembelian, pembelian, saldo awal utang PPN utang, retur pembelian, pembayaran utang, dan saldo akhir utang.

4. Laporan Piutang

Bagian ini merupakan laporan yang menjelaskan dengan detail mengenai transaksi penambahan dan pengurangan piutang perusahaan. Serta saldo akhir tiap-tiap klien. Laporan piutang bakal memperlihatkan informasi kode klien, nama klien, saldo awal piutang, uang muka, penjualan, retur penjualan, dan potongan penjualan. 

Selain itu juga menyajikan pembayaran piutang, PPN keluaran, dan saldo akhir piutang.

Neraca merupakan laporan yang membukukan data mengenai aktiva, kewajiban, dan modal suatu usaha pada rentang waktu tertentu. Pada dasarnya, format neraca pada laporan keuangan perusahaan dagang dibagi dua. 

Yaitu, format Scontro. Format tersebut memisahkan aktiva dan passiva dengan meletakkannya di sisi kanan dan kiri. Sementara format lainnya adalah Staffel. Yaitu neraca yang disusun ke bawah serta menempatkan saldo di posisi samping dengan kolom debit krefit. 

5. Laporan Stok Barang

Laporan tersebut menjelaskan dengan detail persediaan barang. Seperti daftar barang yang disertai dengan kodenya. Juga harga penjualan, pembelian barang, stok awal, retur pembelian, retur penjualan, penjualan, sampai persediaan akhir pada toko ataupun gudang. 

Itulah contoh-contoh laporan keuangan perusahaan dagang yang perlu diketahui. Semoga dapat membantu jika nantinya kamu bekerja di perusahaan dagang dan bertugas untuk menyusun laporan-laporan tersebut.

Pentingnya Membaca Laporan Keuangan Perusahaan Sebelum Berinvestasi Saham

Membaca membaca laporan keuangan [erusahaan dagang wajib kamu lakukan jika ingin berinvestasi saham pada emiten tersebut. Perusahaan go-public atau perusahaan berstatus terbuka memiliki tanggung jawab untuk transparansi kepada para shareholder-nya sehingga laporan keuangannya pasti bisa kamu akses.

Laporan keuangan ini bisa jadi proyeksi situasi perusahaan yang mana bisa jadi bahan pertimbangan dalam keputusan investasi yang dibuat. Sayangnya, sampai sekarang ini masih jarang yang mau membaca laporan keuangan. Masih banyak investor yang latah untuk membeli saham karena banyak orang membeli itu, tanpa analisis sedikitpun.

Jangan sampai kamu menjadi salah satunya dan kemudian merugi di kemudian hari. Baik itu untuk keperluan investasi jangka pendek maupun jangka panjang, laporan keuangan bisa menjadi begitu krusial. Dari laporan itu, kamu bisa mengetahui aset perusahaan, laba bersih perusahaan, hingga langkah-langkah perusahaan dalam periode ke depan.

Di saat melihat perusahaan untung, kamu harus melihat faktor apa yang membuat perusahaan ini untung. Jangan-jangan, keuntungan ini tidak bertahan lama. Untuk memastikannya, kamu bisa melihat apakah angka keuntungan ini bertumbuh dari periode sebelumnya atau tidak.

Begitupun ketika perusahaan rugi. Kamu tidak boleh serta merta memberikan cap bahwa perusahaan ini sahamnya tidak bagus. Karena bisa saja kerugian ini disebabkan dari faktor eksternal di mana perusahaan memang tidak bisa mengubah keadaan tersebut. Misalnya saja, kerugian karena isu kesehatan global seperti virus corona.

Jangan malas dan hanya mengandalkan satu laporan keuangan untuk menentukan langkah investasi kamu. Minimal, kamu harus tahu performa perusahaan tersebut dari tahun ke tahun. jadinya, seminimal mungkin kamu membaca laporan keuangan yang dimiliki perusahaan periode ini dan periode sebelumnya. Dengan demikian, pilihan sahammu dilatarbelakangi pertimbangan yang kuat.

Sekarang kamu juga bisa lho berinvestasi saham lewat aplikasi Ajaib. Kini Ajaib telah menambah pilihan instrumen investasi yang bisa didapatkan oleh penggunanya. Kamu bisa membuka rekening saham di Ajaib dengan mudah karena semuanya berjalan secara online dan gratis tanpa biaya apapun.

Karena semuanya berlangsung online, kamu tak perlu repot melakukan proses tatap muka seperti di penyedia lainnya. Tinggal duduk manis dan kamu bisa langsung menjadi investor saham. Kalau kamu masih awam dalam dunia saham juga tak perlu khawatir karena Ajaib menyediakan berbagai fitur yang sangat membantu.

Misalnya saja Forum Investor Saham agar kamu bisa berdiskusi dan melihat opini dari para member berkaitan dengan saham-saham tertentu. Jadi, kamu akan mendapatkan tambahan wawasan yang mungkin bisa membantu dalam membuat keputusan. Ajaib juga menyediakan informasi lengkap terkait emiten. Mulai dari laporan performa keuangan, hingga competitive ranking, yang menunjukkan urutan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industri sejenis.

Sama seperti produk investasi reksa dana, tersedia pula kategori saham sesuai dengan karakter yang berbeda-beda. Saham tematik ini bisa memudahkan kamu untuk memilih saham yang ingin kamu miliki dengan lebih ringkas.

Jadi tunggu apalagi, yuk berinvestasi saham lewat aplikasi Ajaib!

Artikel Terkait