Pengertian Laporan, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Laporan, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenisnya
Pengertian Laporan, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenisnya

Bagi kamu yang aktif dalam sebuah organisasi atau bekerja di kantor, pastilah kamu sangat tau pengertian laporan. Setiap melakukan kegiatan apapun, perusahaan pasti selalu memiliki laporan, dari mulai rapat hingga berbagai acara yang digelar oleh perusahaan. 

Lalu, tahukah kamu apa sebenarnya pegertian laporan? Laporan merupakan sebuah dokumen yang berisi dan memiliki kronologis dalam sebuah keadaan atau kegiatan. Fakta yang berikan juga berkaitan dengan sebuat tanggung jawab yang diberikan kepada orang-orang yang dipercaya mengemban tugas perusahaan.

Fungsi Laporan

Adapun fungsi laporan sangat penting bagi perusahaan, karena ini merupakan awal dari kronologi-kronologi yang berkaitan dengan pengeluaran perusahaan maupun rangkaian kegiatan perusahaan. Berikut beberapa fungsi laporan:

1. Sarana menyampaikan informasi
2. Bahan pertanggung jawaban
3. Bahan evaluasi
4. Sarana pengawasan
5. Bahan pengambilan keputusan

Ciri-Ciri Laporan

Selain itu, sebuah laporan juga memiliki cici-ciri spesifik yang membedakannya dengan dokumen lainnya. Berikut beberapa ciri-ciri laporan:

1. Ringkas
Penulisan laporan umunya dilakukan dengan ringkas dan hanya kepada pokok-pokoknya saja. Laporan kemudian diringkas dan dikualifikasikan berdasarkan tema dan tugasnya. 

2. Logis
Laporan juga bersifat logis, dimana segala keterangan yang dituliskan dapat ditelusuri oleh pimpinan dengan dasar yang masuk akal.

3. Lengkap
Sebuah laporan juga harus lengkap dan dirangkai sesempurna mungkin tanpa menghilangkan poin-poin penting.

4. Sistematis
Sebuah laporan juga harus memenusi unsur sistematis yang disusun secara rapi dan saline memiliki koherensi (keterkaitan).

Jenis Laporan

Jenis laporan juga dapat dibedakan dalam beberapa jenis, yang bisa kamu bedakan. Berikut beberapa jenis laporan yang perlu kamu ketahui:

1. Laporan Berdasarkan Bentuk

Sebuah laporan yang didasarkan pada bentuk dibagi menjadi tiga jenis, seperti bentuk surat, memo dan naskah.
a. Laporan bentuk surat, merupakan laporan yang ditulis dan dibuat dalam bentuk atau format surat. Umunya laporan ini memiliki empat halaman.

b. Laporan bentuk memo, merupakan sebuah laporan yang tertulis dan dibuat menggunakan kertas memo. Laporan seperti ini memiliki fungsi pengingat dan umunya memiliki tulisan singkat.

c. Laporan bentuk naskah, merupakan laporan ditulis dan disampaikan dalam bentuk naskah, namun isinya tidak terpatok dalam jumlah karakter kata, sehinggan bisa ditulis panjang dan bisa juga ditulis pendek. 

2. Laporan Berdasarkan Waktunya

Laporan berdasarkan waktu memiliki dua jenis, yakni laporan berkala dimana laporan ini identik dengan dilakukan secara rutin dan berkala dalam jangka waktu tertentu. Misalkan saja laporan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Laporan berkala juga termasuk laporan keuangan dan laporan laba rugi perusahaan.

3. Laporan Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, laporan memliki dua klasifikasi yakni laporan yang bersifat penting dan lapotan yang bersifat biasa. Berikut beberapa penjelasannya:
a. Laporan bersifat penting merupakan laporan yang berisi informasi atau keterangan penting dan rahasia. Laporan ini hanya diperuntukkan bagi orang tertentu dan rahasia.

b. Laporan bersifat biasa merupakan laporan yang bersifat informasi atau keterangan umum. Namun laporan yang bersifat biasa tidak bersifat rahasia.

4. Laporan Berdasarkan Penyampainnya

Laporan berdasarkan penyampaiannya terbagi tiga yakni laporan tertulis, laporan lisan dan laporan visual. Berikut beberapa penjelasannya:
a. Laporan lisan merupakan sebuah laporan berbentuk informasi atau keterangan yang disampaikan secara langsung.

b. Laporan tertulis merupakan sebuah laporan yang menunjukkan informasi atau keterangan yang disampaikan melalui sebuah tulisan, seperti misalkan naskah, memo dan surat.

c. Laporan visual merupakan sebuah laporan yang disampaikan dengan media dan sarana persentasi seperti power point, animasi, dan video. 

Itulah pengertian laporan beserta jenis dan ciri-cirinya yang harus kamu ketahui. Dengan mengetahui pengertian laporan, kamu bisa lebih memahami apa fungsi, tujuan, dan cara membuatnya. Dengan adanya laporan inilah kamu bisa mengambil keputusan lebih tepat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait