Wajib! Cara Terbaik Memahami Kondisi Tabung Gas 3Kg

Wajib! Cara Terbaik Memahami Kondisi Tabung Gas 3 Kilogram
Wajib! Cara Terbaik Memahami Kondisi Tabung Gas 3 Kilogram

Beberapa bulan lalu, atau tepatnya pada Juli 2019, media sosial dihebohkan seorang pengguna Facebook yang mengunggah sebuah kejanggalan dalam tabung gas 3 kg. 

Pemilik akun Facebook bisnis mudah ala IRT mengunggah sebuah foto tabung gas 3 kilogram yang terdapat tanda merah berbentuk lingkaran di bagian atas tabung. Lebih tepatnya, garis merah itu berada di bawah katup pengaman atau dikenal dengan sebutan valve. Akun Facebook tersebut menganggap penanda merah itu akan menjadi warna hitam, maka tabung gas sudah tidak aman. Bahkan, disebut bisa menyebabkan ledakan pada tabung gas 3 kilogram.

Fakta Lingkaran Merah Pada Tabung Gas 3Kg

Namun faktanya, lingkaran merah yang berada di badan tabung gas 3 kilogram ternyata bukan sebagai pengingat akan terjadinya ledakan pada tabung gas. Fakta ini sebagaimana dikutip dari akun facebook SPBU 4457301 Andong Boyolali. Akun ini meluruskan kabar yang sudah terlanjur viral di media sosial tersebut.

Kebanyakan dari kita tidak mengerti kegunaan dari lingkaran merah tersebut, padahal arti dari lingkaran merah tersebut melambangkan benda yang mudah terbakar, dan ternyata lingkaran merah pada tabung LPG itu juga SNI (Standart Nasional Indonesia),” kicau akun facebook SPBU 4457301 Andong Boyolali.

Selain itu, Unit Manager Communication dan CSR Jawa Tengah dan DIY Pertamina Andar Titi Lestari mengungkapkan, terdapat sejumlah oknum tak bertanggungjawab menyebarkan hoax terkait tabung gas elpiji mudah terbakar.

Kami langsung meresponnya dengan membuat sebuah infografis, sekaligus dalam rangka memberi informasi sebenar-benarnya terkait ciri disfungsi tabung LPG,” ujar dia, seperti dikutip dari Tribun.

Kabar tentang lingkaran merah di badan tabung gas 3 kilogram yang disebut-sebut sebagai pengingat akan terjadinya ledakan pada tabung gas ternyata tidak benar. Lingkaran merah pada tabung gas merupakan sebuah tanda SNI melambangkan bahwa benda tersebut mudah terbakar.

Mengenal Tabung Gas 3Kg

Untuk berjaga-jaga dari kabar tidak bagus seperti hal tersebut, mari kita mengenal tabung gas 3 kilogram yang layak pakai. Di bawah ini adalah kondisi fisik tabung yang masih layak pakai:

  • Fisik masih terlihat mulus, tidak mengkarat dan tidak penyok.
  • Kondisi cat tabung minimal masih menutupi 75% permukaan tabung.

Pada badan tabung ataupun pada bagian pegangan tabung (hand guard) terdapat lambang Pertamina, kode produksi, nomor seri, water capacity, tara weight, test pressure, bulan tahun pembuatan, dan logo SNI. Inilah arti kode-kode tersebut:

  1. WC 26.2 L – Water Content, artinya bila tabung diisi air, maka daya tampunya sebanyak 26.2 liter.
  2. TW 15.2 – Tare Weight, adalah berat kosong tabung (15,2 kg). Jika isi tabung gas lpg tersebut 12 kg, maka saat ditimbang harusnya berat total 27,2 kg.
  3. Tanda lingkaran dan 07-2001 artinya tabung tersebut telah lulus uji kelayakan pada Juli 2001.
  4. TP 31 kg/cm2 artinya Total Pressure max tabung 31 kg/cm persegi.
  5. PR 11 kg artinya jika tabung diisi dengan Propane murni, maka akan menampung 11 kg.
  6. BU 13 kg artinya jika tabung diisi dengan Butane murni dapat menampung 13 kg butana.

Itulah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika ingin membeli tabung gas. Dengan memerhatikan hal di atas, kamu akan terhindar dari risiko penyalahgunaan tabung, misalnya saja beberapa kali kita sering mendengar tabung gas meledak. Ini biasanya terjadi karena tabung tersebut bukan tabung resmi atau asli.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait