Investor Pemula

10 Bisnis Menguntungkan & Paling Menjanjikan Untung Besar!

Ide bisnis menguntungkan di tahun 2019 bisa datang dari mana saja, termasuk di sekitar kamu. Ingat, semua itu harus diiringi dengan ketekunan, kerja keras, semangat pantang menyerah, kreatif, dan inovatif. Tanpa itu semua, mustahil jika usaha kamu akan besar dan sukses. 

Apa kamu termasuk orang yang bosan menjadi karyawan dan mau mulai merintis bisnis? Tunggu apalagi, wujudkan niat tersebut sekarang. Jika bisnis berkembang, pundi-pundi uang akan mengalir deras ke kantong kamu. Kamu juga bisa memberikan dampak positif bagi orang lain, yaitu membuka lapangan kerja baru. Berikut ini ada beberapa bisnis menguntungkan di tahun 2019, simak yuk!

#1 Bisnis Rumahan

Membuka bisnis modal kecil bisa menjadi awal bagi kamu yang ingin memulai. Tidak semua bisnis harus langsung mendirikan Perseroan Terbatas (PT). Kamu bisa memiulainya dengan skala rumahan yang bisa dijalankan siapapun, mulai dari ibu rumah tangga maupun mahasiswa. Toh buktinya banyak bisnis rumahan, dari garasi sukses naik kelas menjadi perusahaan besar. Bisnis yang bisa kamu coba jalankan dari rumah misalnya toko isi ulang pulsa, konveksi, laundry, katering, sablon, souvenir, dan masih banyak yang lainnya.

#2 Waralaba atau Franchise

Kalau bingung, tidak punya ide dan tidak mau repot, kamu bisa mencoba mencari dan membuka bisnis franchise. Tinggal beli lisensinya, kamu sudah bisa menjadi mitra dan tinggal terima beres. Cukup setor uang sesuai dengan harga paket, kamu bisa langsung mendapatkan kesempatan berjualan menggunakan brand atau merek franchisetersebut. Bahan dan perlengkapan, hingga spanduk atau banner akan disediakan dari pihak mereka. Tugasmu hanyalah menyiapkan lapak untuk berjualan.

#3 Barbershop Kekinian

Bisnis barbershop kini sedang mengalami pertumbuhan yang pesat, ini semua berkat teknologi yang terus berkembang. Di mana, berkat perkembangan informasi secara online yang mudah diperoleh, banyak orang yang berlomba-lomba untuk terus mengikuti tren rambut kekinian. Jika kamu punya keahlian menggunting rambut, kamu bisa melirik peluang bisnis barbershop. Selain itu, update juga informasi yang sedang tren saat ini untuk memanjakan pelanggan dengan model-model terupdate, Sehingga usaha barbershop menjadi semakin tumbuh dan berkembang pesat. 

#4 Warung Kopi atau Kafetaria

Warung kopi dicari oleh setiap orang, apalagi di tempat keramaian, sebut saja seperti kampus, perkantoran atau kompleks karyawan. Lokasi semacam ini memiliki potensi yang besar jika membuka warung kopi atau kafetaria. Jangan dianggap remeh, bisa jadi usaha ini sangat maju. Apalagi jika kamu pintar membuat inovasi aneka kuliner. Usaha ini bisa sangat laku dan laris setiap hari.

#5 Bisnis dari Hobi

Setiap orang pasti memiliki hobi, misalnya saja membaca buku, mendengarkan musik, traveling, dan sebagainya. Jangan pernah remehkan hobimu, karena mungkin saja hobimu itulah yang bisa menjadi peluang bisnis menguntungkan. Misalnya saja hobi otomotif, kamu dapat memulai bisnis jasa bengkel kendaraan, sewa kendaraan, cuci mobil dan cuci motor, sampai jual beli kendaraan. Hobi menulis, kamu bisa menjadi penulis, blogger. Hobi menjahit bisa membuka konveksi atau jasa jahit.

#6 Usaha Laundry

Menjalankan bisnis yang satu ini bisa memberikan keuntungan yang cukup besar dan cocok untuk kamu lakukan di perkotaan atau area kampus dan perkantoran. Kenapa? Karena rutinitas yang padat terkadang membuat orang malas untuk menyuci dan menyetrika baju, hal ini tentu bisa menjadi salah satu peluang bisnis buat kamu. Namun, perlu diperhatikan juga untuk masalah harga, kamu tidak bisa memberikan harga yang terlalu tinggi di area kampus, namun kamu bisa memberikan harga sedikit lebih tinggi di area perkantoran ibu kota.

#7 Bisnis Kuliner

Bisnis makanan atau kuliner saat ini sedang menjadi tren di Indonesia, banyak pengusaha bermunculan untuk memulai bisnis kuliner. Bermodalkan makanan yang unik di tambah nama menu yang tidak biasa membuat orang tertarik untuk mencoba. Namun, perlu diperhatikan ketika kamu memulai jenis usaha ini. Selain nama yang unik, ada kualitas rasa dan kebersihan yang harus kamu jaga. Jangan pernah kamu menurunkan standar kualitas demi harga yang rendah. Karena ini akan membuat pelanggan kecewa dan bisa meninggalkan bisnis.

#8 Membuka Toko Online

Saat ini banyak orang yang malas berbelanja ke suatu toko secara langsung semenjang tren digital. Hanya dengan duduk di rumah atau sambil bekerja kamu bisa membuka toko online dengan mudah ke orang-orang. Banyak media yang bisa kamu gunakan untuk menjual produk, mulai dari media sosial ataupun melalui ecommerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya. Untuk sistemnya pun bermacam-macam, kamu bisa menjalankan bisnis reseller dengan membeli produk ke distributor dan menjualnya kembali ataupun menjadi dropshipper atau memasarkan produk dan distributor yang akan memproses pesanan yang masuk dari kamu. Semuanya bisa kamu pilih sesuai dengan yang kamu inginkan.

#9 Menjual Kebutuhan Anak-Anak

Setiap orang tua pasti berharap yang terbaik bagi anak-anaknya. Hal inilah yang bisa memberikan kamu peluang bisnis untuk membuat produk khusus anak-anak, mulai dari baju, mainan, kebutuhan sekolah, dan sebagainya. Jenis bisnis yang satu ini tidak akan ada matinya, karena kelahiran anak tidak akan pernah berhenti. Kuncinya, kamu harus bisa memberikan produk dan layanan terbaik, karena pelanggan akan mencari sesuatu untuk anaknya dengan pilihan terbaik juga.

#10 Jual Pulsa & Token Listrik

Saat ini siapa yang tidak membutuhkan pulsa atau token listrik? Kedua hal ini adalah kebutuhan utama bagi rumah tangga. Kamu bisa mulai bisnis ini dengan menawarkannya kepada tetangga atau teman sekitar. Bisnis ini cocok ketika kamu tinggal di pedesaan atau tempat yang jauh dari keramaian. Untuk memulai bisnis ini pun sangat mudah, kamu hanya perlu mencari distributor terbaik dan melakukan seluruh transaksi jual beli secara online, kapan dan di mana saja hanya dengen bermodalkan handphone.

Jadi, sudah tahu bisnis menguntungkan apa saja yang ingin kamu jalankan? Segera ambil kesempatan secepat mungkin untuk mendirikan usaha pribadi yang bisa dimulai dari rumah. Selain menambah tabungan masa depan, bisnis ini juga memiliki risiko yang rendah, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat menjalaninya. Namun, jangan sampai risiko rendah membuatmu bermalas-malasan ya, karena awal kesuksesan dimulai dari dirimu sendiri.

Bacaan menarik lainnya:

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait