Mengetahui Peran Akuntansi Keuangan dalam Dunia Bisnis

kas akuntansi keuangan
 akuntansi keuangan

Akuntansi merupakan pencatatan transaksi keuangan di dalam sebuah bisnis selama periode tertentu. Akuntasi keuangan juga dapat diartikan sebagai proses merangkum, menganalisa, dan melaporkan transaksi keuangan.

Secara luas, makna akuntansi sendiri memang berfokus pada pencatatan transaksi keuangan. Pencatatan yang dimaksud adalah pendataan berdasarkan sistem.

Transaksi keuangan yang dicatat juga harus valid dalam sebuah bisnis atau kurun waktu tertentu.

Bisa dikatakan, bahwa akuntansi akan mengatur keuangan bisnis kamu agar selalu tertata, mulai dari pemasukan, pengeluaran, kerugian, keuntungan, dan lainnya.

Berikut ini adalah peran akuntansi keuangan dalam dunia bisnis yang perlu kamu ketahui :

Menyediakan Informasi Terkait Keuangan

Salah satu peran akuntansi keuangan dalam bisnis adalah menyediakan berbagai informasi yang berkaitan dengan kegiatan keuangan.

Seluruh data yang terkait dengan keuangan akan tercatat dalam sistem akuntansi. Hal tersebut memudahkan kamu untuk mengukur dan mengetahui kondisi perusahaan.

Sebaiknya, kamu membuat pembukuan dan memperbarui data-datanya setiap hari. Hal itu juga lebih mudah dilakukan jika kamu menggunakan software khusus yang sudah menerapkan sistem Cloud.

Dengan adanya software tersebut, setiap karyawan dan tim akuntansi bisa mengakses data keuangan dengan mudah.

Mengontrol dan Mengendalikan Keuangan

Dengan adanya akuntansi, kamu bisa mengetahui segala data yang terkait dengan keuangan. Selain itu, kamu juga mendapatkan informasi yang diinginkan, keuntungan dan kerugian perusahaan, jumlah saldo yang dimiliki, proses pembayaran, dan lainnya.

Secara tidak langsung, akuntansi berperan sebagai alat pengontrol dan pengendali keuangan. Melalui informasi keuangan yang didapatkan, kamu bisa melakukan evaluasi atau menilai performa bisnis yang dijalani.

Membantu Stakeholders dalam Mengambil Keputusan

Dengan adanya hasil evaluasi informasi keuangan, stakeholder atau para pemegang saham bisa mengambil keputusan.

Hal ini terbilang wajar, karena stakeholder tidak bisa berinvestasi tanpa adanya informasi keuangan yang akurat dan terkini.

Dalam kasus ini, akuntan yang akan menyiapkan segala informasi terkait keuangan. Akuntan juga harus memastikan bahwa stakeholder sudah memahami data keuangan yang disediakan oleh perusahaan.

Penghubung dengan Pihak Ketiga

Peran akuntansi keuangan tidak hanya penting untuk perusahaan saja, tetapi juga untuk stakeholders.

Nantinya, akuntansi akan menjadi penghubung antara pengambil keputusan dengan pihak ketiga, vendor, dan lainnya terkait laporan keuangan yang dibuat.

Selain itu, mereka juga dapat membantu pembayaran pajak dan pemeriksaan auditor.

Fungsi Utama dari Akuntansi Keuangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama dari akuntansi keuangan adalah menyediakan informasi yang berkaitan dengan keuangan perusahaan.

Berikut ini adalah fungsi utama dari akuntansi keuangan bagi para stakeholder :Bagi para pemegang saham, laporan keuangan berfungsi untuk memberikan informasi yang dapat membuat mereka menilai perusahaan dalam membayar dividen (laba/pendapatan).

  • Untuk investor, laporan keuangan bisa memberikan informasi mengenai dana yang sudah diinvestasikan.
  • Bagi kreditur, laporan keuangan berguna untuk memberikan informasi yang dipakai untuk memberi penilaian atas kemampuan perusahaan dalam membayar utang pokok.
  • Untuk supplier, laporan keuangan dapat memberikan informasi atas dibayar atau tidaknya tagihan penjualan mereka.
  • Bagi Pemerintah, laporan keuangan menjadi penyedia informasi untuk menetapkan kebijakan pajak dan bagian dari data statistik pendapatan nasional.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait