Benarkah Akuntansi Manajemen Meningkatkan Kinerja Bisnismu?

Akuntansi Manajemen

Tanpa kamu sadari memutuskan untuk menjadi entrepreneur muda yang menjalankan suatu bisnis bukanlah perkara yang mudah. Kamu tentu saja memerlukan manajemen bisnis yang baik. Salah satu manajemen bisnis yang perlu kamu perhatikan adalah akuntansi manajemen.

Mungkin istilah “akuntansi manajemen” masih terdengar asing di telinga kamu, tetapi tahukah kamu bahwa di perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia pasti perlu adanya akuntansi manajemen yang baik. Mengapa?

Jika kita membicarakan mengenai akuntansi manajemen, tentu saja hal yang mendasar dari istilah ini adalah pencatatan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan baik itu harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Pencatatan keuangan ini perlu terus disimpan dan dilaporkan kepada pihak manajemen secara berkala.

Terus kamu pasti bertanya-tanya, apa tujuan dan manfaat dari adanya akuntansi manajemen yang baik di suatu bisnis yang dijalankan. Pertanyaan ini memang banyak sekali dilontarkan oleh para pengusaha muda yang baru atau sedang menjalankan bisnisnya.

Nah daripada buat kamu tambah bingung, ada baiknya kamu sebagai entrepreneur muda menyimak informasi berikut yang perlu ketahui dalam menjalankan operasional suatu bisnis.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen bukan hanya dijalankan bagi perusahaan-perusahaan besar yang sudah mapan saja, tapi bisa kamu terapkan dalam skala yang kecil. Misalnya saja di rumah tangga, bisnis rumahan, dan lain-lain.

Inilah mengapa akuntansi manajemen sebenarnya menjadi hal yang fundamental dari suatu operasional bisnis, karena memiliki tiga fungsi utama yaitu.

Perencanaan, fungsi sebagai dasar baik itu secara teori dan analisa apakah layak sebuah strategi atau sebagainya untuk dilakukan dan dieksekusi.

Pengendalian, melakukan pengawasan dari strategi yang dilakukan pada suatu bisnis sehingga terdapat check & balancing.

Pengambilan keputusan, data-data historis seperti biaya pengeluaran, penjualan, laba, pemasukan menjadi data-data yang dapat dianalisa untuk pengambilan keputusan oleh pihak manajemen terkait strategi atau peluang usaha baru nantinya.

Tiga fungsi utama tersebut merupakan alasan yang logis mengapa sebuah bisnis membutuhkan akuntansi manajemen yang baik.

Platform Akuntansi Digital

Sebenarnya, akuntansi manajemen sama halnya dengan pekerjaan seperti finance, accounting dan pekerjaan lainnya yang serupa. Yakni pekerjaan yang melakukan pencatatan laporan keuangan atau pembuatan neraca keuangan, biasanya ditampilkan per kuartal bagi perusahaan publik sebagai bentuk tanggung jawab kepada pihak investor yang telah membeli saham mereka. Hal ini juga meningkatkan transparansi antara perusahaan dan pihak-pihak yang terkait.

Hal ini juga berlaku untuk bisnis yang kamu jalankan. Dengan adanya akuntansi yang baik, kamu bisa mendapatkan data statistik yang bisa kamu jadikan pedoman dalam mengambil keputusan. Contohnya, anggaran promosi bulanan, peramalan bahan baku, ketersediaan stok, efisiensi penggunaan karyawan, dan lainnya.

Jika sebagai entrepreneur mudakamu merasa hal tersebut sulit untuk diterapkan oleh perusahaan karena permasalahan SDM, kamu tidak perlu takut. Kamu harus ingat, zaman sudah semakin berkembang, kamu bisa memanfaatkan platform akuntansi digital yang disesuaikan dengan budget dan kebutuhan dari bisnis kamu tersebut.

Platform digital yang bisa kamu gunakan, seperti digital inventory, pembuatan invoice, input daftar produk dengan mudah, hingga report harian secara real time. Semua itu bisa dilakukan melalui platform secara online saat ini.

platform digital ini juga akan membantu produktivitas dan kinerja bisnismu, karena tidak menghabiskan banyak waktu dalam melakukan pencatatan manual dan lain sebagainya. Ini sangat cocok sekali bagi kamu yang memang memiliki banyak toko, dan semua terintegrasi dalam satu aplikasi saja biasanya disebut “point of sale (POS)”. 

Setelah membaca artikel ini, apakah masih ada yang beranggapan bahwa akuntansi manajemen di sebuah bisnis itu tidak penting?

Bacaan menarik lainnya:

Ikatan Akuntan Indonesia. (2015).Standar Akuntansi Keuangan.Jakarta: Salemba Empa

Baridwan, Zaki. (2004). Intermediate Accounting.Yogyakarta: BPFE


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait