Tertarik Main Saham dengan Modal Kecil? Pakai Cara Ini!

Tertarik Main Saham dengan Modal Kecil? Pakai Cara Ini!

Saat ini, investasi saham tidak membutuhkan dana hingga jutaan rupiah. Sebab, kamu bisa membuka rekening efek dengan modal awal Rp100.000 saja. Dengan bermodalkan Rp 100.000, kamu sudah bisa bermain saham. Beberapa tahun belakangan, Bursa Efek Indonesia (BEI) mendorong anak-anak muda untuk berinvestasi.

Dulunya, setiap investor harus membeli 1 lot saham yang terdiri dari 500 lembar. Jika kamu membelinya dengan harga Rp1.000 per lembarnya, maka kamu harus mengeluarkan uang Rp500.000 untuk membeli saham. Kemudian, BEI mengubah aturan tersebut. Saat ini, 1 lot saham terdiri dari 100 lembar. Bagi kamu yang belum paham, berikut ini adalah cara bermain saham dengan modal kecil.

Pilih Perusahaan Sekuritas dengan Dana Setoran Awal yang Rendah

Untuk mulai bermain saham, kamu harus membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Terdapat banyak perusahaan sekuritas di Indonesia.

Kalau kamu hanya punya modal yang kecil, pilihlah perusahaan yang memiliki dana setoran awal di bawah Rp5.000.000. Inilah beberapa perusahaan sekuritas dengan dana setoran awal yang rendah :

  • Indo Premier Sekuritas: Rp10.000, Rp50.000, dan Rp100.000
  • Trimegah Sekuritas: Rp100.000
  • RHB Sekuritas Indonesia: Rp100.000
  • MNC Sekuritas: Rp100.000
  • Sinarmas Sekuritas: Rp500.000
  • BNI Sekuritas: Rp1.000.000
  • BCA Sekuritas: Rp1.000.000

Gunakan Aplikasi atau Software Online Trading

Kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan aplikasi atau software untuk online trading. Sehingga, kamu bisa membeli saham di mana pun dan kapan pun.

Beberapa perusahaan sekuritas di atas menyediakan aplikasi saham online atau online trading yang bisa kamu unduh di Google Play Store. Berikut ini adalah 4 aplikasi yang bisa kamu download tersebut :

  • MNC Trade New (MNC Sekuritas)
  • IPOTGO (Indo Premier Sekuritas)
  • esmart (BNI Sekuritas)
  • RHB Tradesmart (RHB Sekuritas)

Pilih Dua Perusahaan Besar

Kalau kamu masih pemula dan hanya memiliki modal kecil, sebaiknya membeli perusahaan yang kamu kenal. Dengan modal Rp100.000, kamu harus mencari saham perusahaan yang harganya di bawah Rp1.000 per lembarnya.

Misalnya saja, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Smartfren Telecom Tbk (FREN), PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), dan lainnya.

Sebagai pemula, kamu bisa membeli satu atau dua perusahaan dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi tingkat risiko. Setelah cukup berpengalaman, kamu bisa membeli atau mengelola lebih dari dua perusahaan.

Pilihlah Saham yang Sudah Terbukti

Sebaiknya, kamu jangan pernah membeli saham yang harganya fluktuatif (tidak stabil). Hal itu dikarenakan jenis saham tersebut sudah banyak dimainkan oleh investor dengan modal yang besar.

Dengan demikian, belilah saham perusahaan yang sudah terbukti kinerja keuangannya dan memiliki prospek yang bagus kedepannya. Jadi tunggu apalagi? Beli produk investasimu sekarang dan jadilah investor yang sukses.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait