Saham

Tips Jual Beli Saham Online Modal Kecil yang Perlu Kamu Tau!

Ajaib.co.id – Saat ini, investasi saham tidak membutuhkan dana hingga jutaan rupiah. Sebab, kamu bisa membuka rekening efek dengan modal awal Rp100.000 saja. Dengan bermodalkan Rp 100.000, kamu sudah bisa jual beli saham online modal kecil. Beberapa tahun belakangan, Bursa Efek Indonesia (BEI) mendorong anak-anak muda untuk berinvestasi.

Dulunya, setiap investor harus membeli 1 lot saham yang terdiri dari 500 lembar. Jika kamu membelinya dengan harga saham Rp1.000 per lembarnya, maka kamu harus mengeluarkan uang Rp500.000 untuk membeli saham. Kemudian, BEI mengubah aturan tersebut. Saat ini, 1 lot saham terdiri dari 100 lembar. Bagi kamu yang belum paham, berikut ini adalah cara bermain saham dengan modal kecil.

Pilih Perusahaan Sekuritas dengan Dana Setoran Awal yang Rendah

Untuk mulai main saham, kamu harus membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Terdapat banyak perusahaan sekuritas di Indonesia. Kalau kamu hanya punya modal yang kecil, pilihlah perusahaan yang memiliki dana setoran awal di bawah Rp5.000.000. Inilah beberapa perusahaan sekuritas dengan dana setoran awal yang rendah.

a. Indo Premier Sekuritas: Rp10.000, Rp50.000, dan Rp100.000

b. Trimegah Sekuritas: Rp100.000

c. RHB Sekuritas Indonesia: Rp100.000

d. MNC Sekuritas: Rp100.000

e. Sinarmas Sekuritas: Rp500.000

f. BNI Sekuritas: Rp1.000.000

g. BCA Sekuritas: Rp1.000.000

Gunakan Aplikasi atau Software Online Trading

Kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan aplikasi atau software untuk online trading. Sehingga, kamu bisa membeli saham di mana pun dan kapan pun. Beberapa perusahaan sekuritas di atas menyediakan aplikasi saham online atau online trading yang bisa kamu unduh di Google Play Store. Berikut ini adalah 4 aplikasi yang bisa kamu download tersebut:

a. MNC Trade New (MNC Sekuritas)

b. IPOTGO (Indo Premier Sekuritas)

c. esmart (BNI Sekuritas)

d. RHB Tradesmart (RHB Sekuritas)

Pilih Dua Perusahaan Besar

Kalau kamu masih pemula dan hanya memiliki modal kecil, sebaiknya membeli perusahaan yang kamu kenal. Dengan modal Rp100.000, kamu harus mencari saham perusahaan yang harganya di bawah Rp1.000 per lembarnya.

Misalnya saja, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Smartfren Telecom Tbk (FREN), PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), dan lainnya.

Sebagai pemula, kamu bisa membeli satu atau dua perusahaan dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi tingkat risiko. Setelah cukup berpengalaman, kamu bisa membeli atau mengelola lebih dari dua perusahaan.

Pilihlah Saham yang Sudah Terbukti

Sebaiknya, kamu jangan pernah membeli saham yang harganya fluktuatif (tidak stabil). Hal itu dikarenakan jenis saham tersebut sudah banyak dimainkan oleh investor dengan modal yang besar.

Dengan demikian, cobalah kamu lakukan jual beli saham online modal kecil di perusahaan yang sudah terbukti kinerja keuangannya dan memiliki prospek yang bagus kedepannya. Jadi tunggu apalagi? Beli produk investasimu sekarang dan jadilah investor yang sukses.

Alternatif Investasi Selain Saham

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, meski menjanjikan keuntungan yang besar, kamu harus bisa melakukan analisa perusahaan sebelum memilih saham yang ingin kamu beli. Karena dibaliki keuntungannya yang sangat menjanjikan, saham juga memiliki risiko yang sangat tinggi. Nah, bagi kamu investor pemula yang masih belum memahami dengan baik cara membeli saham ataupun bermain saham, kamu bisa mencoba alternatif investasi lainnya.

Salah satu investasi yang menjanjikan dan tanpa risiko yang terlalu tinggi, juga dengan modal yang kecil adalah reksa dana. Di mana, dengan reksa dana kamu bisa memulai investasi dengan modal Rp10 ribu. Bukan hanya itu, risiko dan return yang kamu dapatkan juga bisa disesuaikan dengan jenis reksa dana yang kamu pilih.

Setidaknya terdapat 4 (Empat) jenis reksa dana umum yang bisa kamu pilih seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Di mana, semakin tinggi return yang kamu dapatkan, maka semakin tinggi juga risiko yang mungkin kamu terima. Sedangkan, semakin rendah risiko yang bisa kamu terima, maka semakin rendah juga return yang akan kamu dapatkan.

Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dana kapan dan di mana saja secara online. Dengan Ajaib, kamu hanya perlu menentukan tujuan investasi kamu dan jangka waktu investasi tersebut. Misalnya, ketika kamu ingin berinvestasi untuk dana pernikahan kamu 2-3 tahun kemudian.

Nah, jika sudah mengetahui tujuan dan jangka waktu, kamu bisa lebih mudah menentukan jenis investasi yang ingin kamu lakukan. Biasanya, untuk jangka panjang seperti itu, kamu bisa memilh jenis investasi reksa dana pendapatan tetap ataupun campuran. Di mana, risiko dan returnya lebih stabil.

Setelah menentukan jenis reksa dana, barulah kamu bisa memilih manajer investasi sebagai perusahaan atau perorangan yang dapat membantu kamu mengelola modal investasi kamu dengan baik dan mendapatkan return. Sebelum memilih manajer investasi pastikan kamu telah membaca prospektus dan factsheet manajer investasi tersebut. Karena disanalah kamu bisa melihat kinerja mereka sekaligus mengecek portfolio mereka. Hal ini akan membantu kamu menentukan apakah kamu akan untung atau malah buntung.

Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai berinvestasi reksa dana kamu sekarang juga di Ajaib dan dapatkan return yang sesuai dengan tujuan. Jangan lupa juga untuk melakukannya secara rutin ya demi penghasilan investasi yang lebih maksimal!

Bacaan menarik lainnya:

World Bank/International Finance Corporation (2013). Doing business (2013): Smarter regulations for small and medium-size enterprises. 10th Edition. IBRD: Washington, DC
Darmadji, T., & Fakhruddin, H. M. (2011). Pasar Modal Di Indonesia (Edisi 3 ed.). Jakarta: Salemba Empat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait