Investasi, Investor Pemula

Menabung? Investasi? Saham Mandiri Bisa Ubah Persepsimu

Menabung atau Investasi? Harga Saham Mandiri Bisa Mengubah Persepsimu

Bagi generasi millenial kesadaran untuk menabung sudah lebih baik daripada generasi sebelumnya. Sebagian besar dari mereka pasti mempunyai simpanan dalam satu bank, bahkan ada yang di dua bank atau lebih. Selain faktor keamanan, mereka biasanya juga mengharapkan bunga deposito dari tabungannya tersebut. Namun bagi yang memang ingin serius mengembangkan uangnya, deposito bukanlah pilihan yang tepat. Kenapa? Karena kamu bisa terlibat di dalam saham perbankan dan menginvestasikan uang di pasar saham untuk membuat uang bekerja lebih efektif. Banyak pilihan investasi saham perbankan yang bisa Anda pilih, salah satunya mungkin di Bank Mandiri, dilihat dari historis harga saham Mandiri memang menjanjikan untuk berinvestasi di Bank Mandiri.

Profil Singkat Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan perusahaan Indonesia, yang utamanya bergerak dalam sektor perbankan. Perusahaan ini beroperasi dengan nama Bank Mandiri yang meliputi produk tabungan, giro, dan deposito. Perusahaan ini juga menawarkan berbagai pinjaman, seperti KPR, pinjaman modal kerja, dan pinjaman investasi. Selain perbankan konvensional, perusahaan ini juga menawarkan layanan perbankan Syariah dan Asuransi.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) merupakan salah satu bank plat merah dengan aset terbesar. Bagi mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia saham, kode saham Mandiri yaitu BMRI tentu sudah tak asing lagi, apalagi sahamnya termasuk salah satu yang likuid ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Maka tidak heran harga saham Mandiri makin meningkat.

Keuntungan Investasi Saham Mandiri dibandingkan Deposito

Sebagai salah satu saham yang aktif ditransaksikan, tentu kamu penasaran bukan berapa kira-kira keuntungan yang didapat jika berinvestasi disaham Mandiri (BMRI) dalam kurun waktu tertentu? Saat ini harga saham Mandiri terpantau di Rp7.375 per saham. Mari kita hitung, pada 23 Januari 2009 harga saham ini tercatat pada level Rp875/saham. Jika dihitung dari selisih kenaikan harga saham, terjadi kenaikan sebesar 742.86%, tentu kenaikan harga yang cukup signifikan.

Perbandingan Menabung dan Investasi di Bank Mandiri

Misalnya, pada 10 tahun lalu kamu membeli 100 lot saham BMRI, modal investasi yang ditanamkan hanya senilai Rp8,75 juta. Jika kemarin harga saham Mandiri sebesar Rp7.375/saham, maka keuntungan yang bisa didapat bisa mencapai Rp73,75 juta. Seandainya waktu itu kamu hanya punya uang Rp1 juta, maka jumlah uangmu sekarang bisa sampai Rp8,54 juta. Artinya uangkamu sudah berkembang dalam 10 tahun ini.  Dibandingkan dengan menabung di deposito Bank Mandiri-nya sendiri, bisa dipastikan uang kamu tidak akan bertumbuh sebanyak itu. Pasalnya dalam 10 tahun terakhir rata-rata bunga deposito bank ditawarkan sekitar 6%. Jika diakumulasi 10 tahun, artinya uang yang ditempatkan di deposito tersebut hanya tumbuh 60%. Jauh sekali dengan investasi di saham BMRI.

Kabar Terbaru Saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)

Bank Mandiri Tbk (BMRI) membukukan laba pada semester I 2019 sebesar Rp13,5 triliun atau naik 11,1% YoY. Pencapaian laba tersebut didorong oleh kenaikan pendapatan bunga yang naik 14,85% YoY menjadi Rp44,5 triliun dan penurunan biaya CKPN sebesar 21,28% serta diiringi dengan perbaikan kualitas kredit.

Penyaluran kredit rata-rata per semester I 2019 mencapai Rp690,5 triliun atau tumbuh 12,1% YoY. Pertumbuhan kredit tersebut ditopang oleh 2 segmen utama, yaitu corporate dan retail yang berfokus pada kredit mikro dan consumer.

Per Juni 2019 kemarin, pembiayaan segmen corporate tumbuh rata-rata 21,2% YoY dengan ending balance konsolidasi mencapai angka Rp338,4 triliun. Kemudian segmen micro banking tumbuh rata-rata 23,6% YoY. Adapun pertumbuhan segmen micro banking dengan ending balance konsolidasi bisa mencapai Rp110,4 triliun.

Jadi jelas di sini perbedaannya cukup signifikan antara menabung di bank Mandiri dan menginvestasikan uangmu di saham Mandiri. Tentunya bagi kamu yang ingin membuat uang bekerja lebih efektif, berinvestasi di PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menjadi opsi utama dibandingkan hanya menabung di Bank Mandiri. Hasil dari tabungan tidak terlalu signifikan, memerlukan waktu yang lama untuk berkembang, belum lagi ada risiko terkena inflasi. Dibandingkan dengan investasi tentu hasilnya jauh berbeda. Jadi apakah Anda memutuskan hanya menabung di Bank Mandiri atau berinvestasi di saham mandiri? Keputusan ada di tangan Anda sendiri.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait