Milenial

Artis Korea yang Sukses di Dunia Bisnis, Ini Daftarnya

daftar artis korea yang terjun ke dunia bisnis

Ajaib.co.id – Artis Korea ini tidak hanya bekerja sebagai entertainer, penghasilan mereka didapat juga dari bisnis yang mereka jalankan. Alasan mengapa mereka berbisnis adalah mereka menyadari sebagai entertainer mereka tidak selalu mendapatkan job setiap waktu. Persaingan di dunia entertainer Korea itu sangat ketat. Setiap waktu selalu ada artis-artis baru yang bermunculan.

Para artis Korea ini menyadari bahwa mereka tidak bisa hanya mengandalkan sumber penghasilan dari dunia entertainment. Mereka semua di sini adalah sosok yang kreatif dan mau mencoba sesuatu yang baru. Entah karena mereka memiliki jiwa berbisnis atau memulai bisnis untuk mencari cara menghasilkan uang yang stabil.

Inilah artis Korea yang masuk ke dunia bisnis:

Lee Soo-man

Artis Korea yang menjalankan bisnis source: allkpop

Lee Soo-man mengawali karirnya menjadi seorang penyanyi ternama di Korea. Ia merupakan salah satu penyanyi papan atas Korea di tahun 1980-an. Tidak hanya bakat bernyanyi, artis Korea ini juga punya bakat berbisnis yang kuat. Kecerdasannya tidak diragukan lagi karena ia merupakan lulusan universitas top di Korea, Seoul National University.

Ketika namanya masih naik daun, ia mendirikan SM Entertainment, agensi bisnis yang sukses membawa Korean Wave pertama ke dunia luar dari Korea Selatan. Kantor SM Entertainment pun sekarang ada cabangnya di Indonesia.

SM Entertainment dikenal sebagai agensi yang berhasil menelurkan artis-artis papan atas Korea Selatan. Sebut saja TVXQ, Girls Generation, F(x), Jang Nara, dan masih banyak lagi artis yang namanya ada di mana-mana.

Dengan tangan dinginnya, Lee Soo-man menciptakan sistem training pertama untuk para calon idol. Sistem ini kemudian ditiru oleh agensi-agensi lainnya. Ide bisnis ini membuat SM Entertainment terkenal dan dipercaya untuk mendapatkan penghasilan lewat pengelolaan artis.

Park Jin-young

Artis Korea JYP source: kompas.com

Park Jin-young atau dikenal dengan J.Y. Park merupakan pendiri JYP Entertainment. Ia mengawali karir sebagai penyanyi ketika masih kuliah di Yonsei University. Melihat dulu agensi artis belum terlalu banyak, tahun 1997 artis Korea ini mulai mendirikan JYP Entertainment yang mencetak artis-artis kenamaan seperti Rain, Wonder Girls, GOT7, Stray Kids, TWICE, dan masih banyak lagi artis-artis lainnya.

Saat ini JYP Entertainment menjadi agensi yang harga sahamnya paling tinggi di Korea Selatan. Hal itu karena cukup banyak investor yang menaruh minat pada agensi ini. Artis-artis JYP Entertainment punya ciri khasnya masing-masing yang membuatnya dicintai oleh penggemar.

Walaupun sibuk menjadi CEO JYP Entertainment, Park Jin-young masih mengeluarkan album musik dan ia masih sering tampil di acara-acara musik kenamaan di Korea Selatan. Semangat bermusiknya memang tidak pernah padam sambil menjalankan bisnis dengan mendukung artis di bawah naungannya dengan baik..

Rain

Artis Korea Rain source: asiasociety.org

Rain mengawali karirnya menjadi seorang entertainer di bawah asuhan JYP Entertainment. Ia masuk ke dunia hiburan dengan penuh perjuangan. Beberapa kali ditolak agensi yang memintanya untuk operasi mata dan mengubah wajahnya, tapi ia tidak mau. 

Setelah diterima di JYP Entertainment, karirnya melejit. Keputusan Park Jin-young meloloskan audisinya adalah tepat karena Rain punya bakat yang luar biasa. Ia tidak hanya berprofesi sebagai penyanyi dan penari terbaik, tapi juga berhasil menjadi aktor lewat drama Full House. Ia juga berhasil masuk ke ranah Hollywood dengan menjadi tokoh utama film Ninja Assassin.

Sukses sebagai entertainer, tidak membuatnya cepat berpuas diri. Ia kemudian keluar dari JYP Entertainment dan mendirikan bisnis Rain Company. Perusahaan ini yang mengurus kegiatan-kegiatannya di dunia hiburan, dan artis lain juga.

Ia juga memiliki bisnis di dunia fashion dan menjadi modelnya sendiri. Hal ini ternyata mendatangkan keuntungan yang besar dan mendapat penghasilan tambahan dengan mandiri.

Jessica Jung 

Artis Korea Jessica Jung yang masuk dunia bisnis source: fashionista.com

Jessica Jung mengawali karir sebagai idol naungan SM Entertainment. Ia merupakan anggota dari Girls Generation, lalu keluar dari grup itu dengan alasan yang belum diketahui. Namun, setelah keluar dari sana ia fokus mendirikan bisnis di dunia fashion yang dinamai Blanc & Eclare. Brand ini awalnya hanya fokus menjual barang berupa kacamata trendi, tapi kemudian mulai melakukan diferensiasi produk menjadi kosmetik, pakaian, parfum, dan lain sebagainya.

Untuk saat ini perusahaan tersebut mengandalkan bisnis online, namun toko online ini tidak hanya beroperasi di Korea Selatan. Kamu yang di Indonesia pun bisa memesan produk-produknya. Mungkin kamu pun bis menggunakan sumber daya seperti hobimu untuk memulai bisnis secara daring.

Seungri

Seungri, artis Korea yang terjun ke dunia bisnis dan terjembab kontroversi source: viki.io

Seungri mengawali karirnya sebagai idol Big Bang, grup idol ternama yang berasal dari YG Entertainment. Ia cukup sukses menjadi entertainer hingga Big Bang hiatus, ia mulai mendirikan berbagai macam bisnis. Ia cukup jeli dalam melihat berbagai macam peluang.

Bisnis-bisnisnya seperti ramen yang cabangnya sudah sampai di Thailand, akademi idol yang berhasil melahirkan idol-idol kenamaan seperti J-Hope BTS, lalu ada juga bisnis kelab malam, dan bar. Ia juga menjadi investor di berbagai bisnis lainnya yang tidak diketahui. 

Awalnya bisnis-bisnis itu berjalan dengan lancar hingga akhirnya ia terlibat berbagai macam kontroversi yang membuat karirnya sekarang agak meredup. Sekarang ia sedang fokus menjalankan wajib militer.   

Taecyeon 2PM

Taecyeon, artis Korea yang terjun ke dunia bisnis untuk menambah penghasilan source: twitter/@angelasufu

Artis Korea ini mengawali karirnya sebagai idol. Ia juga terjun ke dunia akting dan sedang proses syuting drama. Tidak hanya sebagai entertainer, ia juga masuk ke dunia bisnis dengan menjadi CEO di perusahaan bernama Okcat.

Okcat merupakan karakter kartun kucing lucu serba hijau yang menggemaskan. Nama karakternya diambil dari marganya. Fans pun sangat mendukung bisnisnya ini.

Dari bisnis ini, ia membuat produk boneka, kosmetik, dan produk fashion lainnya. Ia dulu berkuliah di jurusan bisnis dan memang sudah lama ingin memiliki bisnis sendiri. Di sela kesibukannya di dunia hiburan yang membesarkan namanya, Taecyeon bisa mencari celah waktu untuk membuka usaha sesuai impiannya.

Itu dia 6 artis Korea yang jeli melihat peluang dan memanfaatkannya. Bagaimana denganmu? Jika kamu sibuk dengan pekerjaan tetapmu, kamu masih bisa mendapat penghasilan uang secara pasif dengan berinvestasi. Coba Ajaib untuk investasi reksa dana dan saham yang mudah dan aman karena sudah diawasi OJK dan IDX.

Sst… semakin cepat kamu menggunakan kesempatan, kamu bisa menikmati hasilnya dalam jangka waktu yang sesuai risikomu, loh. Masih ingin belajar? Cek saja kanal belajar Ajaib. Selamat mencoba~

Artikel Terkait