Investasi, Investor Pemula

Ini Dia Cara Buat Akun Investasi Saham Mudah

Ajaib.co.id – Di tengah beragamnya jenis investasi online yang berkembang saat ini, instrumen saham masih sangat diminati karena memberikan imbal hasil yang besar meski risikonya juga tak kecil.

Selama masa pandemi kali ini, investor dalam negeri tampak menunjukkan taringnya terbukti saat asing sedang gemar-gemarnya menjual saham secara besar-besaran, investor dalam negeri langsung menyerapnya. Hal ini membuat kinerja indeks tidak terlalu terpuruk bahkan setelah sempat anjlok pada akhir Maret lalu. 

Berdasarkan pemberitaan Kontan, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) merincikan bahwa pertumbuhan Nomor Tunggal Identitas Pemodal atau Single Investor Identification (SID) per akhir Agustus 2020 lalu tumbuh 26,27 persen menjadi 3,13 juta. Di sisi lain, pertumbuhan jumlah investor khususnya untuk saham sendiri tercermin dari C-BEST yang meningkat 19,42 persen menjadi 1,32 juta SID.

Adapun, 98,9 persen dari jumlah investor pasar saham saat ini merupakan investor dalam negeri sedangkan 1,1 persen sisanya adalah investor asing. Sementara itu, sebesar 98,78 persen dari total SID tersebut didominasi oleh investor individual sedangkan 1,22 persen lainnya merupakan investor institusi.

Ini artinya, investor ritel dalam negeri semakin merajai pasar saham dalam negeri, lho. Kamu tentunya tidak ingin ketinggalan tren ini, kan? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tahapan awal pembukaan akun investasi saham, simak dulu yuk pengaruh mayoritas pelaku saham dalam negeri terhadap pergerakan indeks. 

Pengaruh Investor dalam negeri terhadap pergerakan indeks

Pertumbuhan pesat SID dinilai masih baik meski dibayang-bayangi pandemi COVID-19. Pertumbuhan SID investor di pasar saham sendiri disebabkan oleh pemanfaatan momentum koreksi indeks harga saham gabungan (IHSG) yang sudah melorot belasan persen. 

Tingginya angka transaksi investor dalam negeri juga pada akhirnya membuat indeks lebih tahan banting ketika diterpa sentimen negatif dari dalam dan luar negeri setelah pelemahannya pada bulan Maret 2020 lalu. 

Karenanya, tingkat keaktifan investor dalam negeri dalam bertransaksi di pasar saham dinilai sebagai kemajuan bagi industri pasar modal di Indonesia. 

Cara Buat Akun Investasi

Agar kamu bisa segera bertransaksi di pasar saham, kamu harus memiliki akun untuk investasi terlebih dahulu. Cara buat akun investasi saham sebenarnya sangatlah mudah. Beberapa tahapan yang perlu kamu lalui adalah:

Memilih platform dan sekuritas

Bursa Efek Indonesia dalam situs resminya idx.co.id memberikan panduan pilihan beberapa platform dan sekuritas yang dapat kamu pilih sebagai tempat untuk buat akun investasi. 

Sebelum memilih platform atau sekuritas tempat kamu ingin buat akun investasi, kamu terlebih dahulu harus memperhatikan jasa yang ditawarkan seperti tampilan proses transaksi jual dan beli saham, pergerakan harga secara real-time dan analisis fundamentalnya. 

Pastikan juga platform dan sekuritas tersebut menyediakan transaksi online trading yang bertujuan untuk memudahkan transaksi dan memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan .

Persyaratan di atas sebenarnya sudah dipenuhi seluruhnya oleh aplikasi investasi Ajaib. Kamu bisa langsung langsung mengunggah aplikasi Ajaib melalui Apple App Store atau Google Play untuk dapat menikmati fasilitas jual beli saham yang lebih mudah dan praktis. 

Menyiapkan dokumen pribadi

Untuk membuat akun investasi saham, kamu diwajibkan memiliki kartu identitas seperti kartu tanda penduduk (KTP) dan bukti Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP) yang menerangkan bahwa kamu adalah warga negara yang wajib pajak. 

Di Ajaib, dokumen yang diperlukan hanyalah KTP dan rekening bank aktif atas nama kamu sendiri sesuai dengan KTP. Dokumen ini diperlukan sebagai pendataan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan penempatan saldo uang tunai untuk dana yang kamu akan setor dan dapatkan dari rekening investasi kamu nantinya. 

Di beberapa sekuritas lain, kamu harus menyertakan fotokopi KTP, NPWP atau NPWP orang tua/suami jika kamu masih berstatus sebagai pelajar atau ibu rumah tangga yang juga disertai dengan surat keterangan tidak punya NPWP. 

Kamu juga perlu menyiapkan fotokopi halaman depan buku tabungan dan materai Rp6.000 untuk bisa mendaftar dan bisa menikmati layanan transaksi jual dan beli saham di beberapa sekuritas konvensional lainnya. Ribet kan, ya?

Mengisi formulir pendaftaran

Setelah memilih platform atau sekuritas investasi saham dan menyiapkan dokumen pribadi, kamu bisa mulai dengan mengisi formulir pendaftaran. Di dalam aplikasi investasi Ajaib, kamu bisa mulai mendaftarkan akun dengan cara meregistrasi email atau menghubungkannya dengan akun gmail aktif. 

Jika kamu memiliki kode referral dari teman atau kenalan, kamu juga dapat memprosesnya hingga bisa menghasilkan bonus investasi sebesar Rp10 ribu. Setelahnya, kamu bisa melakukan registrasi akun investasi saham dengan memasukkan nomor NIK KTP dan mengirimkan foto KTP kamu. 

Beberapa keterangan yang perlu kamu isi termasuk di antaranya pendidikan terakhir, agama, status perkawinan, tempat bekerja saat ini, dan lain sebagainya. Berbeda dari sekuritas lainnya, membuka akun investasi Ajaib relatif sangat gampang karena hanya memakan waktu 5 menit dan dilakukan online secara keseluruhan. 

Melakukan setoran deposit awal

Setelah membuka akun investasi saham, kamu bisa segera melakukan transaksi jual beli saham dengan melakukan penyetoran deposit awal. Di aplikasi investasi Ajaib, kamu sebenarnya bisa membuka rekening saham tanpa minimum investasi. Namun untuk melakukan transaksi, kamu bisa menyetorkan deposit awal menyesuaikan harga dan kuantitas saham yang ingin kamu beli. 

Oh iya, untuk saat ini, harga saham tertentu yang paling murah adalah Rp50 per sahamnya, dengan pembelian saham minimal 1 lot atau 100 unit saham per transaksi. Hal ini berarti, kamu bisa melakukan pembelian saham mulai dari Rp5.000, saja lho. Oh iya, nilai transaksi pembelian saham sebesar Rp5.000 ini tidak termasuk pajak, fee transaksi, dan lain-lainnya, ya. 

Namun bisa dipastikan, melalui aplikasi Ajaib, kamu bisa mendapatkan biaya broker yang lebih hemat 50 persen dibandingkan sekuritas lainnya menjadi hanya 0,08 persen untuk nilai transaksi harian di atas Rp1,5 miliar.

Nah tunggu apalagi, sudah punya akun investasi Ajaibnya, belum? Kalau belum, buruan miliki akun investasi Ajaib dan ikutlah berkontribusi memajukan industri pasar modal dalam negeri. 

Sumber: Bingung Mau Investasi Saham? Ini Cara Buka Rekening Saham dan Investor domestik menguat, ini dampaknya ke pasar saham, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait