Analisa Saham, Saham

Bedah Saham IPO IBOS, Bisnis Restoran Terluas

Ajaib.co.id – Siapa di sini yang suka makan di restoran? Ya, makan bersama keluarga dan teman di restoran sangat menyenangkan. Sensasi berkumpul dan makan di restoran tidak dapat digantikan dengan kebersamaan hal lain. Nah, tahukah kamu bahwa salah satu restoran yang kamu datangi, mungkin berasal dari perusahaan PT Indo Boga Sukses Tbk (IBOS)?

Profil Singkat Emiten

PT Indo Boga Sukses Tbk (IBOS) merupakan sebuah perusahaan yang dengan kegiatan usaha di bidang restoran dan aktivitas Perusahaan Holding.

Saat ini Perseroan telah menjalankan kegiatan usahanya sesuai dengan maksud dan tujuan dalam anggaran dasar. Kegiatan usaha Perseroan sesuai dengan maksud dan tujuan dalam anggaran dasar adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan kegiatan usaha utama, yaitu sebagai berikut:
  • Menjalankan usaha di bidang Restoran
  • Menjalankan usaha di bidang Bar
  • Menjalankan usaha di bidang Jasa Boga Untuk Suatu Event Tertentu (Event Catering)
  • Menjalankan usaha di bidang Rumah Minum/Kafe
  • Menjalankan usaha di bidang aktivitas Perusahaan Holding
  1. Melaksanakan kegiatan usaha pendukung, yaitu Perdagangan Besar Minuman Beralkohol.

Saat sebelum melaksanakan proses Initial Public Offering (IPO), komposisi kepemilikan saham Perseroan terdiri atas PT Goldman Investindo Sedaya (70,17%), PT Nuansa Kencono Abadi (13,35%), PT Alqhaisar Sukses Abadi (7,39%), PT Markasia Investama Prima Indonesia (5,00%), PT Faribas Sinergi Investama (3,89%), dan PT Kreasi Global Energi (0,21%).

Detail Rencana IPO Saham IBOS

Saham IBOS melakukan penawaran saham perdana melalui mekanisme e-IPO. Perseroan menawarkan total jumlah saham sebanyak-banyaknya sebesar 1.607.360.000 saham baru yang merupakan saham biasa atas nama dengan nominal Rp25 setiap lembar saham, atau sama dengan 20% dari total modal yang ditempatkan setelah proses penawaran umum perdana saham kepada masyarakat dengan harga penawarannya sebesar Rp100.

Perseroan juga berencana menerbitkan Waran Seri I sebanyaknya 803.680.000 lembar, atau sebanyak 12,50% dari modal disetor pada saat pernyataan dalam Penawaran Umum Perdana Saham. Rasio Saham dengan Waran Seri I adalah 2 : 1, Artinya setiap pemegang 2 (Dua) saham baru ketika penjatahan IPO akan memperoleh 1 (Satu) waran Seri I.

Berikut merupakan struktur pemegang saham setelah aksi IPO, PT Goldman Investindo Sedaya (56,13%), PT Nuansa Kencono Abadi (10,68%), PT Alqhaisar Sukses Abadi (5,91%), PT Markasia Investama Prima Indonesia (4,00%), PT Faribas Sinergi Investama (3,11%), PT Kreasi Global Energi (0,17%), dan Masyarakat (20,00%).

Penjamin pelaksana emisi efek IBOS adalah PT NH Korindo Sekuritas Indonesia dan PT Surya Fajar Sekuritas. Penjamin Pelaksana Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (Full Commitment) terhadap terhadap sisa saham yang ditawarkan yang tidak dipesan dalam Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.

Jadwal Penawaran Saham IPO IBOS

Jadwal penawaran saham berdasarkan prospektus adalah sebagai berikut:

  • Masa Penawaran Awal (Masa Book Building): 31 Maret 2022 – 6 April 2022
  • Tanggal Efektif : 14 April 2022
  • Masa Penawaran Umum : 19 April 2022 – 21 April 2022
  • Tanggal Penjatahan : 21 April 2022
  • Tanggal Distribusi Saham dan Waran : 22 April 2022
  • Tanggal Pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) : 25 April 2022
  • Masa Perdagangan Waran Seri I : 25 April 2022 – 22 April 2024
  • Periode Pelaksanaan Waran Seri I : 25 Oktober 2022 – 25 April 2024
  • Akhir Masa Berlaku Waran Seri I : 25 April 2024

Rencana Penggunaan Dana IPO Saham IBOS

Berdasarkan prospektus saham IPO IBOS, dana yang dihimpun dari kegiatan IPO, setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan dengan rincian sebagai berikut:

1. Sekitar 29,23% akan digunakan oleh Perseroan untuk

  • Sekitar 4,72% akan digunakan oleh Perseroan sebagai belanja modal untuk renovasi dan tambahan executive lounge di D’Monaco REstoran, renovasi, dan retouching bangunan.
  • Sekitar 24,51% akan digunakan untuk modal kerja yaitu operasional perusahaan, pembelian bahan baku, persediaan barang, gaji karyawan, pembayaran utang usaha, dan pembayaran utang pajak.

2. Sekitar 37,66% akan digunakan untuk setoran modal kepada PT Indo Nations Harvest (INH), yang selanjutnya akan digunakan INH untuk:

  • Sekitar 7,38% sebagai belanja modal untuk pembangunan cold storage berikut fasilitasnya serta pembelian mesin pengolahan ikan bumbu dan daging olahan bumbu dan peralatan pendukung.
  • Sekitar 30,28% sebagai modal kerja yaitu untuk operasional perusahaan secara keseluruhan.

3. Sekitar 16,12% akan digunakan untuk setoran modal kepada PT Kairos Sukses Indonesia (KSI), yang selanjutnya akan digunakan oleh KSI untuk:

  • Sekitar 4,00% sebagai belanja modal untuk renovasi dan penambahan outlet bisnis baru sebanyak 4 buah yang keseluruhannya berada di Surabaya.
  • Sekitar 12,12% sebagai modal kerja yaitu untuk operasional perusahaan secara keseluruhan.

4. Sekitar 16,99% akan digunakan untuk setoran modal kepada PT Sofia Berkah Abadi (SBA), yang selanjutnya akan digunakan oleh SBA untuk:

  • Sekitar 4,59% sebagai belanja modal untuk pembangunan restoran di atas tanah yang dikuasai oleh SBA.
  • Sekitar 12,40% sebagai modal kerja yaitu untuk operasional perusahaan secara keseluruhan.

Sedangkan, dana yang diperoleh dari pelaksanaan Waran Seri I, akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja Perseroan, untuk operasional perusahaan, pembelian bahan baku, pembayaran utang dagang, persediaan barang dan gaji karyawan.

Kinerja Laporan Keuangan IBOS

Prospektus saham IPO IBOS menunjukan bahwa dalam tiga tahun terakhir, IBOS berhasil mencatatkan kinerja yang bagus, terutama pada periode secara tahunan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 dengan raihan melesat 104,24% mencapai Rp8,6 miliar, dibandingkan dengan laba bersih periode 31 Desember 2020 sebagai buah manis dari meningkatnya nilai pendapatan.

Rasio Keuangan IBOS

Berikut merupakan rangkuman rasio keuangan saham IPO IBOS selama bulan Desember 2019 hingga kinerja Desember 2021:

Rasio Keuangan PT Indo Boga Sukses

Data di atas menunjukkan IBOS secara fundamental dengan kinerja sangat baik, rasio profitabilitas mengalami peningkatan hampir di segala lini, termasuk ROA dan ROE. Mencerminkan IBOS memiliki kinerja yang semakin sehat dari tahun ke tahun.

Kebijakan Dividen Saham IBOS

Prospektus saham IPO IBOS menuturkan bahwa pemegang saham yang tercatat dalam rekening efek berhak atas pembagian dividen saham IBOS, untuk setiap tahunnya Perseroan berencana membayarkan dividen tunai dengan rasio sebanyak-banyaknya 25%.

Besarnya pembagian dividen akan bergantung pada hasil kegiatan usaha dan arus kas Perseroan serta prospek usaha, kebutuhan modal kerja, belanja modal dan rencana investasi Perseroan di masa yang akan datang mulai tahun buku 2021 dan seterusnya.

Prospek Bisnis

PDB Per Kapita Indonesia
Indeks Kepercayaan Konsumen Indonesia

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), PDB per Kapita Indonesia mengalami penurunan pada tahun 2021. Hal ini disebabkan oleh meluasnya Pandemi COVID-19 pada pertengahan tahun. Namun hal ini diproyeksikan akan berbalik menjadi positif pada tahun 2022. Dengan meningkatnya PDB per Kapita Indonesia, maka secara garis besar konsumsi masyarakat akan meningkat, salah satunya pada hotel, restoran dan cafe milik Perseroan.

Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) Indonesia mulai menunjukkan pertumbuhan yang cepat setelah tahun 2020. Pertumbuhan tersebut menunjukkan masyarakat mulai memiliki optimisme pada perekonomian dan keuangan secara keseluruhan. Masyarakat mulai mendatangi restoran dan hotel, setelah sebelumnya dibatasi oleh Pemerintah sebagai dampak dari pandemi. 

Prospek Usaha dari Perseroan bersamaan dengan Perusahaan Anak sangat cerah di masa mendatang, baik untuk bisnis yang sudah berjalan saat ini maupun yang akan dibangun dan dikembangkan kemudian berfokus kepada karakteristik serta keunggulan-keunggulan yang dimiliki.

Prospek terhadap kegiatan usaha Perseroan yang sudah berjalan saat ini sangat prospektif mengingat restoran kepemilikan PT Indo Boga Sukses Tbk (IBOS) memiliki keunggulan dari segi tema desain dan ambiance bangunan yang tidak dimiliki oleh pesaing lainnya. Beragam variasi menu makanan dan minuman yang ditawarkan memiliki range yang sangat lebar untuk dapat menampung keinginan dan yang berbeda dari pelanggan serta tentunya dengan beberapa signature dishes.

Dalam hal pengembangan terhadap produk dan jasa Perseroan dan Perusahaan Anak pada saat ini fokus kepada peningkatan mutu dan kualitas dari produk maupun pelayanan jasa tersebut.

Ke depannya Perseroan memiliki rencana pengembangan usaha yang dapat menawarkan produk dan jasa baru untuk dapat memperluas cakupan penguasaan pasar di masa yang akan datang.

Kontrak industrial, komersial, dan keuangan saat ini yang dimiliki Perseroan sifatnya membantu dalam ketersediaan baik itu pasokan maupun permintaan sehingga Perseroan memiliki ketergantungan terhadap kontrak-kontrak tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan laporan prospektus saham IPO IBOS, dalam kinerja 3 tahun terakhir memiliki kinerja yang bagus dan potensial secara jangka panjang, bersamaan dengan prospek usaha IBOS yang sangat cerah di tahun-tahun setelah pandemi..

Dengan prospek kinerja bisnis Perseroan, tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi dan juga tingkat mobilitas sudah semakin normal, mengindikasikan saham IPO IBOS ini sangat menarik untuk dimasukan kedalam watchlist teman-teman.

DisclaimerInvestasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Artikel Terkait