6 Prinsip Ekonomi Syariah dalam Bisnis

6 Penjelasan Ekonomi Syariah dalam Bisnis
6 Penjelasan Ekonomi Syariah dalam Bisnis

Ajaib.co.id – Prinsip ekonomi syariah semakin banyak disukai oleh masyarakat baik dalam praktik bisnis, perbankan maupun kegiatan perekonomian lainnya. Sistem keuangan yang didasarkan pada ajaran agama Islam ini dinilai lebih menguntungkan dibandingkan sistem ekonomi konvensional selama ini.

Sistem ekonomi syariah menekankan pada prinsip dasar keterbukaan antara pemilik modal alias investor dan pengelola modal atau pihak terkait lainnya. Hal ini tak lepas dari karakteristik ekonomi syariah yang menjadi aktivitasnya memiliki nilai ibadah. Tujuan ekonomi syariah bukan hanya meningkatkan kekayaan diri sendiri namun juga bertujuan untuk meningkatkan level ekonomi secara luas.

Prinsip ekonomi syariah di Indonesia sendiri didukung oleh banyaknya pemeluk agama Islam di negara ini. Sebagai salah satu negara dengan umat Islam terbanyak di dunia, sistem ekonomi syariah memang cenderung meningkat pesat beberapa tahun belakangan. Tren hijrah juga harus diakui berdampak banyak dengan motif masyarakat ingin mendapatkan kekayaan yang halal baik di dunia maupun akhirat.

Mau Berbisnis Halal dan Bebas Riba? Berikut Prinsip Ekonomi Syariah yang Harus Kamu Pegang Teguh

Ekonomi syariah atau sering disebut juga dengan Ekonomi Islam adalah bentuk percabangan ilmu ekonomi yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Ekonomi ini berlandasan pada syariat Islam yang berasal dari Al-Qur’an, Sunnah, Ijma’, dan Qiyas. Hukum-hukum yang melandasi prosedur transaksi sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat. 

Kesejahteraan masyarakat ini tidak diukur dari aspek materiil saja, namun juga mempertimbangkan dampak sosial, mental dan spiritual serta dampaknya pada lingkungan. Sumber daya yang ada dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memberikan hasil terbaik bukan hanya pada pihak tertentu saja.

Bisa dikatakan jika ciri-ciri ekonomi syariah terbagi menjadi dua aspek yakni Al-Hurriyah yang artinya kebebasan dan Al-Mas ‘uliyah yang maknanya adalah tanggung jawab. Kombinasi antara dua hal ini harus diterapkan tanpa terkecuali dalam etika bisnis yang berlaku. Dengan aturan syariah, prinsip yang merugikan tidak boleh dipraktikkan.

Jika kamu berkeinginan menjadi pebisnis syariah yang taat maka wajib hukumnya memegang prinsip ekonomi syariah tersebut. Penasaran kan apa saja ketentuan dari prinsip ekonomi syariah? Nah, semuanya akan kamu dapatkan di bawah ini!

Menggunakan Sistem Bagi Hasil

Salah satu prinsip ekonomi syariah adalah pembagian kepemilikan yang mengedepankan keadilan. Artinya, keuntungan yang diperoleh dari aktivitas ekonomi dibagi secara adil. Misalnya dalam perbankan syariah ada bagian keuntungan untuk bank maupun untuk nasabah.

Adil ini tidak selalu berlaku sama namun ada pengaturan yang disepakati sesuai dengan porsinya masing-masing. Misalnya saja pengelola dana mendapatkan keuntungan lebih atas usaha yang dilakukannya atau kondisi lain yang dibenarkan sesuai dengan muamalah.

Menggabungkan Nilai Spiritual dan Material

Prinsip ekonomi syariah hadir sebagai wujud dalam membantu perekonomian para nasabah untuk mendapatkan keuntungan sesuai ajaran Islam. Kekayaan yang diperoleh dari kegiatan ekonomi dapat digunakan untuk zakat, infaq, dan shadaqah sesuai ajaran Islam. Tujuan perekonomian syariah bukan sekedar keuntungan fisik, namun diarahkan untuk mendapatkan keuntungan dan ketenangan batin di dalam hidup.

Memberikan Kebebasan sesuai Ajaran Islam

Ekonomi syariah memberikan kebebasan kepada para pelaku ekonomi untuk bertindak sesuai hak dan kewajiban mereka dalam menjalankan perekonomian dan kegiatan yang dilakukan haruslah positif sesuai ajaran yang berlaku dan mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan. Semua kegiatan ekonomi ini didasarkan pada akidah, syariah, dan moral untuk menyeimbangkan perekonomian.

Melarang Praktik Riba

Salah satu bentuk riba adalah penambahan-penambahan pembayaran oleh orang yang memiliki harta kepada orang yang meminjam hartanya karena pengunduran janji pembayaran oleh pinjaman dari waktu yang telah ditentukan. Dalam perekonomian syariah praktik riba adalah hal yang dilarang. Kepemilikan dana dan harta dalam perekonomian sejatinya hanyalah milik Allah. Sehingga dalam menjalankan perekonomian sesuai dengan ajaran islam. 

Memberikan Ruang pada Pemerintah

Perekonomian syariah memberikan ruang kepada pemerintah dan negara untuk ikut bercampur tangan sebagai penengah apabila terjadi suatu permasalahan. Jika sudah tidak kondusif, permasalahan yang terjadi akan menuju pada pihak yang berwenang. Jadi, jangan sampai kecolongan ya.

Meraih Kesuksesan Perekonomian yang Diperintahkan Allah

Ekonomi ini menjunjung nilai sosial, sehingga semua orang berhak mendapatkan dan merasakan sebuah kemakmuran dan bebas untuk berkreasi. Pada dasarnya, prinsip ekonomi ini mementingkan kemaslahatan umat bukan mudarat. Sehingga tujuan utamanya adalah untuk keselamatan keyakinan agama, keselamatan jiwa, keselamatan akal, keselamatan keluarga dan keturunan, serta keselamatan harta benda.

Sudah paham kan prinsip dari ekonomi syariah? Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, penerapan sistem ini jelas merupakan pilihan yang sangat menguntungkan. Bukan hanya bagi umat Muslim, namun bagi seluruh masyarakat pelaku ekonomi. Itulah alasan kenapa industri ini berkembang cukup pesat di Indonesia, mulai dari sektor perbankan hingga sektor investasi.

Bahkan kini banyak negara sekuler yang juga mulai melirik prinsip ekonomi syariah karena berbagai keunggulannya. Misalnya saja di Eropa, produk investasi syariah mulai menjadi favorit dengan sistem yang ditawarkannya. Produk ekonomi syariah juga terus berkembang jumlah dan penggunanya.

Ayo, jalankan ekonomi syariah sekarang juga! Di Ajaib, kamu juga bisa memilih investasi syariah yang mengikuti syariat islam dan menggunakan ekonomi syariah. Tersedia berbagai produk reksa dana syariah buatmu yang ingin bebas riba.

Mau coba investasi syariah di Ajaib? Yuk investasi sekarang dan jadi salah satu pendukung prinsip ekonomi syariah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait