6 Penjelasan Ekonomi Syariah dalam Bisnis

6 Penjelasan Ekonomi Syariah dalam Bisnis
6 Penjelasan Ekonomi Syariah dalam Bisnis

Ekonomi syariah atau sering disebut juga dengan Ekonomi Islam adalah bentuk percabangan ilmu ekonomi yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Ekonomi ini berlandasan pada syariat Islam, yang berasal dari Al-Qur’an, Sunnah, Ijma’, dan Qiyas. Hukum-hukum yang melandasi prosedur transaksi sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat. 

Kesejahteraan masyarakat ini tidak diukur dari aspek materiil saja, namun juga mempertimbangkan dampak sosial, mental dan spiritual serta dampaknya pada lingkungan. Penasaran kan apa saja ketentuan dari ekonomi syariah? Nah, semuanya akan kamu dapatkan di bawah ini!

Menggunakan Sistem Bagi Hasil

Salah satu prinsip ekonomi syariah adalah pembagian kepemilikan yang mengedepankan keadilan Artinya, keuntungan yang diperoleh dari aktivitas ekonomi dibagi secara adil, misalnya dalam perbankan syariah ada bagian keuntungan untuk bank maupun untuk nasabah.

Menggabungkan Nilai Spiritual dan Material

Ekonomi syariah hadir sebagai wujud dalam membantu perekonomian para nasabah untuk mendapatkan keuntungan sesuai ajaran Islam. Kekayaan yang diperoleh dari kegiatan ekonomi dapat digunakan untuk zakat, infaq, dan shadaqah sesuai ajaran Islam. Tujuan perekonomian syariah bukan sekedar keuntungan fisik, namun diarahkan untuk mendapatkan keuntungan dan ketenangan batin di dalam hidup.

Memberikan Kebebasan sesuai Ajaran Islam

Ekonomi syariah memberikan kebebasan kepada para pelaku ekonomi untuk bertindak sesuai hak dan kewajiban mereka dalam menjalankan perekonomian dan kegiatan yang dilakukan haruslah positif sesuai ajaran yang berlaku dan mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan. Semua kegiatan ekonomi ini didasarkan pada akidah, syariah, dan moral untuk menyeimbangkan perekonomian.

Melarang Praktik Riba

Salah satu bentuk riba adalah penambahan-penambahan pembayaran oleh orang yang memiliki harta kepada orang yang meminjam hartanya karena pengunduran janji pembayaran oleh pinjaman dari waktu yang telah ditentukan. Dalam perekonomian syariah praktik riba adalah hal yang dilarang. Kepemilikan dana dan harta dalam perekonomian sejatinya hanyalah milik Allah. Sehingga dalam menjalankan perekonomian sesuai dengan ajaran islam. 

Memberikan Ruang pada Pemerintah

Perekonomian syariah memberikan ruang kepada pemerintah dan negara untuk ikut bercampur tangan sebagai penengah apabila terjadi suatu permasalahan. Jika sudah tidak kondusif, permasalahan yang terjadi akan menuju pada pihak yang berwenang. Jadi, jangan sampai kecolongan ya.

Meraih Kesuksesan Perekonomian yang Diperintahkan Allah

Ekonomi ini menjunjung nilai sosial, sehingga semua orang berhak mendapatkan dan merasakan sebuah kemakmuran dan bebas untuk berkreasi. Pada dasarnya, prinsip ekonomi ini mementingkan kemaslahatan umat bukan mudarat. Sehingga tujuan utamanya adalah untuk keselamatan keyakinan agama, keselamatan jiwa, keselamatan akal, keselamatan keluarga dan keturunan, serta keselamatan harta benda.

Sudah paham kan arti dari ekonomi syariah? Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, penerapan sistem ini jelas merupakan pilihan yang sangat menguntungkan. Bukan hanya bagi umat Muslim, namun bagi seluruh masyarakat pelaku ekonomi. Itulah alasan kenapa industri ini berkembang cukup pesat di Indonesia, mulai dari sektor perbankan hingga sektor investasi. Ayo, jalankan ekonomi syariah sekarang juga! Di Ajaib, kamu juga bisa memilih investasi syariah yang mengikuti syariat islam dan menggunakan ekonomi syariah. Mau coba investasi syariah di Ajaib? Yuk investasi sekarang dan jadi salah satu pendukung ekonomi syariah 2019!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait