Tipe Tabungan yang Harus Dimiliki Jelang Usia 30 Tahun

Tipe Tabungan yang Harus Dimiliki Jelang Usia 30 Tahun
Tipe Tabungan yang Harus Dimiliki Jelang Usia 30 Tahun

Generasi muda sekarang biasanya merasa nyaman secara finansial jelang usia 30 tahun. Usia ini tergolong produktif karena sedang menikmati karir serta uang yang dihasilkannya. Namun, mereka juga kerap bersikap konsumtif dan sering menghabiskan uangnya. Tak banyak yang sadar bahwa ada beberapa tabungan yang seharusnya dimiliki jelang usia 30 tahun.

Sebagian besar merasa sudah aman secara finansial jika setiap bulan sudah menyisihkan sekian rupiah untuk tabungan. Melansir dari Business Insider, paling tidak seharusnya tabunganmu bernilai setahun gajimu ketika usia 30 tahun. Namun, jika berkeinginan bisa menikmati pensiun lebih dini maka ada sejumlah tabungan yang harus segera kamu pertimbangan. Tipe tabungan ini untuk mengakomodasi kebutuhan harianmu sekarang dan di masa mendatang. Apa saja jenis tabungan yang harus kamu miliki di usia 30an? 

Tabungan Operasional

Kamu harus memiliki setidaknya satu rekening sebagai dompet untuk kebutuhan bulananmu. Ini termasuk untuk membayar tagihan bulanan listrik, angsuran KPRR, internet, belanja, dan sebagainya. Untuk kemudahan, kamu bisa memanfaatkan e-money, internet banking, maupun m-banking, e-wallet, dan sebagainya. Selain praktis, ada sejumlah keuntungan termasuk diskon yang bisa membantumu berhemat. Jumlahnya sendiri sebaiknya sesuai dengan anggaran kebutuhan bulanan serta sedikt kelebihan untuk keperluan lain. 

Tabungan Dana Darurat

Jangan lupa untuk setiap bulan menyisihkan sekian rupiah untuk simpanan bagi kebutuhan darurat. Tabungan ini dimanfaatkan apabila sewaktu-waktu ada kebutuhan yang jumlahnya besar. Bisa saja mendadak kendaraanmu harus turun mesin dan butuh dana bengkel yang lumayan. Tabungan ini juga bisa digunakan jika sewaktu-waktu harus berobat ke rumah sakit atau membeli laptop yang membantu pekerjaan. Meskipun sudah terdaftar dalam asuransi kesehatan, harus dipahami bahwa kadang premi asuransi tidak selalu mencakup semua kebutuhan. Jumlah tabungan dana darurat paling tidak 3 kali gaji bulananmu. 

Tabungan Investasi

Jenis tabungan ini banyak ragamnya antara lain tabungan berjangka, tabungan emas, dan deposito. Setiap tipe tabungan investasi disesuaikan dengan perencanaan keuanganmu. Tabungan berjangka cocok untuk kamu yang ingin mengumpulkan dana untuk biaya nikah, sekolah anak, atau uang muka KPR. 

Sementara tabungan emas batangan cocok untuk jangka panjang dan relatif aman karena harga yang stabil. Tabungan berupa deposito direkomendasikan karena bunganya yang lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan biasa. Kamu bisa mendapatkan hasil tiap bulanan dari bunga depositu itu. 

Jika kamu ingin mengembangkan uang secara aktif, kamu bisa berinvestasi untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Apabila saham tidak disarankan bagi investor pemula, kamu bisa mempertimbangkan berinvestasi lewat reksa dana dan menanam modal di Peer to Peer (P2P) Landing.

Kamu bisa mulai berinvestasi melalui reksa dana dengan aplikasi Ajaib. Layanan berbasis ponsel ini akan merekomendasikan reksa dana terbaik dan dijamin aman. Kamu tidak perlu pusing mencari pilihan reksa dana yang paling mengungtungkan karena Ajaib akan memilihkan dan mengawasinya setiap hari. Investasi pertamamu bisa didapatkan hanya dengan Rp10.000 dan waktu 30 detik. Jangan tunda lagi, segera unduh Ajain di ponselmu dan rasakan pengalaman mudah berinvestasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait