Penuh Godaan, Bagaimana Pengertian Tabungan di Mata Millenial

Penuh Godaan, Bagaimana Pengertian Tabungan di Mata Millenial

“Hari-hari penuh godaan”, sering sekali kita mendengar kalimat ini diucapkan para millenial. Saat menyalakan smartphone atau mengklik search di internet, apa sih harapan kita? Menemukan pesan yang menarik dan menghibur, atau menemukan pesan yang memperkaya pengertian kita tentang sesuatu? Jika jawabannya A, maka siap-siaplah untuk terjerat konsumerisme. Promo Voucher 50%, Free Ongkir, Cash Back, Buy 1 Get 1, semua bekerja bagai obat anti kebosanan dan pereda rasa galau, yang mampu mengikis rasa jenuh dan juga isi dompet, sekaligus!

Tapi jika jawabannya B, gunakanlah momen ini untuk memperkaya pemahaman tentang sistem keuangan, khususnya pengertian tabungan. Sistem keuangan sebenarnya adalah urusan semua individu – bukan cuma para akuntan dan auditor –  karena tiap individu sebenarnya punya tanggung jawab penuh terhadap keselamatan finasial pribadinya.

Pengertian Tabungan Secara Mendasar

Hidup kita akan selalu penuh ketidakpastian. Bahkan di era digitalisasi ini, di mana segalanya tampak serba terkalkulasi, hambatan yang datangnya acak seperti peretasan data (phishing), black out (pemadaman) sering terjadi. Intinya, kita akan selalu memerlukan safety net atau back up plan yaitu sebuah sistem jaga-jaga untuk menghadapi tekanan masa sulit. Kalau di dalam sistem pelayaran kapal perlu ada sekoci, maka itulah pengertian tabungan dalam sistem keuangan.

Keperluan vs Keinginan

Sangking efektifnya pesan-pesan konsumtif online mengerubuti pikiran, tiba-tiba kita jadi merasa penuh cita-cita. Kalau dulu cita-cita setinggi langit, sekarang cita-cita setinggi diskon. Giat browsing untuk nemuin barang branded berfitur canggih yang berharga miring, sudah sama sakralnya dengan bergadang demi ujian semester! Bisa membelinya pun akhirnya jadi sama mantul-nya dengan lulus sidang skripsi.

Cita-cita besar kita untuk memiliki kehidupan yang mandiri dan maju kini terancam tergilas oleh “cita-cita” mewujudkan keinginan konsumtif yang obsesif. Akhirnya, memiliki tabungan sebagai simpanan uang di bank bagi millenial pun bergeser. Yang awalnya untuk keperluan jaga-jaga, kini jadi berfungsi untuk mengabulkan keinginan. Jadi kapan sih kita harus menabung untuk keperluan jaga-jaga, dan kapan untuk mewujudkan keinginan?

Manajemen Keinginan vs Keperluan, dan Tipsnya

Kunci kesuksesan keuangan ada pada manajemen keinginan. Tidak ada yang salah dengan memiliki keinginan, asalkan bisa SELEKTIF. Pilih keinginan yang “sehat”, tinggalkan yang sifatnya sesaat. Salah satu tips untuk me-manage pengeluaran adalah dengan teknik Kakeibo (diucapkan kah-keh-boh). Diperkenalkan oleh Hani Motoko, seorang jurnalis wanita pertama di Jepang pada 1904.

Bagaimana caranya? Mulailah tiap awal bulan dengan membuat catatan berisi rancangan anggaran pengeluaran yang terbagi dalam 4 kolom yaitu:

  1. SURVIVAL: akomodasi, makanan, transportasi, obat-obatan
  2. OPTIONAL: cemilan, ngafe, shopping, atau rokok
  3. WAWASAN & ENTERTAINMENT: buku, film, majalah, jalan-jalan
  4. EKSTRA: kunjungan emergency, kado ulang tahun, servis kendaraan atau rumah.

Disiplinkan diri untuk mengusahakan agar rancangan ini dapat selalu menyisakan sejumlah uang, untuk mengisi tabungan untuk mengabulkan keinginan. Lalu, di akhir bulan, masukkan anggaran pengeluaran yang tak terpakai ke dalam tabungan keperluan jaga-jaga. 

Kesiapan Menghadapi Tantangan Kesulitan

Ingatlah bahwa kebahagiaan itu bukan cuma terasa saat sebuah keinginan tercapai, tapi juga saat kita terlindungi dari kesulitan. Hampir tidak ada orang yang suka memikirkan musibah, penyakit, pengangguran, ataupun utang. Tapi percayalah, semua itu tetap akan hadir dalam hidup kita, tanpa disangka-sangka. Ketika kita punya ‘sekoci’ dalam ‘kapal finansial’, dijamin perjalanan dalam mengarungi samudra kehidupan akan lebih tenang dan membahagiakan. Yakinlah, punya tabungan itu juga salah satu faktor penting dari kebahagiaan lho!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait