Perencanaan Keuangan

Standar Pengelolaan Keuangan Bagi Pasangan yang Baru Menikah

Ajaib.co.id – Ketika memutuskan untuk menikah tentulah pengelolaan keuangan menjadi sebuah prioritas utama dalam keluarga. Betapa tidak, pengelolaan keuangan nantinya akan menentukan bagaimana kamu akan bertahan hidup bersama dengan pasangan kamu kedepannya. Dengan begitu, standar pengelolaan keuangan sangat penting, sehingga cash flow yang kamu miliki akan berada pada level yang sehat.

Walau demikian, ada banyak pasangan baru yang enggan memperhatikan standar pengelolaan uang sehingga cenderung mengalami kesulitan. Dalam standar pengaturan keuangan, prinsip-prinsip ekonomi sangat dijunjung tinggi, sehingga tidak heran pasangan-pasangan yang memiliki standar pengelolaan uang cenderung memiliki pola pikir ekonomis.

Adapun standar pengelolaan keuangan yang pertama kali harus kamu pikirkan adalah dengan penerapan-penerapan praktis, antara lain :

Mencatat Arus Uang

Pencatatan adalah hal yang utama dalam standar pengelolaan uang. Dengan melakukan pencatatan arus keuangan termasuk income dan pengeluaran, kamu tentunya bisa lebih terstruktur dalam pengelolaan uang kamu.

Adapnya pencatatan juga akan memudahkan kamu untuk mengetahui kemana saja uang yang kamu miliki, termasuk jumlah pendapatan, alokasi dana, dan sisa dana yang kamu miliki.

Disiplin Menabung

Hal selanjutnya terkait dengan standar pengelolaan keuangan adalah dengan disiplin dalam menabung. Ketika kamu disiplin dalam menabung, maka otomatis kamu akan memiliki simpanan dalam bentuk likuid. Simpanan dalam bentuk likuid ini sangat penting, ketika misalkan ada sesuatu yang harus didahulukan, kamu tidak perlu melakukan pinjaman yang mana akan merugikan karena kamu dibebani oleh bunga.

Melakukan Investasi

Hal selanjutnya dalam pengaplikasian standar pengelolaan keuangan adalah dengan menempatkan sejumlah dana pada instrumen investasi. Mengapa harus investasi ? Pertumbuhan imbal hasil investasi tentunya lebih tinggi daripada pertumbuhan imbal hasil tabungan. Kamu bahkan bisa memperoleh profit berkali – kali lipat dalam investasi jangka panjang. Ini tentunya menguntungkan kamu di masa depan bukan ?

Mulai Menetapkan Prioritas dalam Keluarga

Ketika berbicara soal standar pengelolaan keuangan, hal penting yang utama adalah dengan menetapkan prioritas dalam keluarga. Kamu tentunya harus melihat batasan prioritas dalam kehidupan, seperti apa yang harus kamu beli, apa yang harus kamu bayar, dan apa yang harus kamu lakukan dengan dana yang kamu miliki.

Di sisi lain, kamu juga tentunya harus memahami bagaimana untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Misalkan saja, kamu bisa mulai memikirkan langkah kedepan dalam pengeluaran kamu. Sesuatu yang tidak berfaedah dan berguna untuk kamu dan keluarga tentunya bukan prioritas yang harus kamu lakukan.

Memiliki Batasan dalam Pengeluaran

Tidak berbeda dengan menetapkan prioritas, pembatasan pengeluaran merupakan standar pengelolaan dalam keuangan keluarga baru. Dengan kamu memiliki batasan dalam pengeluaran, tentunya kamu dapat menjaga arus cash flow kamu dalam posisi yang sehat. 

Membatasi pengeluaran merupakan sebuah tindakan yang tidak berbeda jauh dengan berhemat hanya saja, batasan pengeluaran tentunya memudahkan kamu untuk tidak bersikap konsumtif.

Mengajarkan Anak Hidup Hemat

Bagi pasangan muda yang sudah memiliki anak, tentunya akan mengajarkan anak untuk hidup hemat dan sedikit lebih prihatin. Ini  merupakan sebuah solusi agar kedepannya kamu tidak merasa terbebani dengan permintaan – permintaan anak yang diluar kemampuan.

Mengajarkan anak hidup hemat sejak kecil adalah hal yang sangat baik, selain hidup hemat mengandung nilai edukasi yang tidak ternilai. Ini tentunya akan menjadi bekal bagi anak untuk dapat menabung sejak dini.

Memproyeksikan Target Masa Depan

Selain itu, dalam standar pengelolaan keuangan kamu juga harus memproyeksikan target hidup kamu kedepannya. Kamu harus memikirkan masa depan kamu dan juga keluarga kamu yang seharusnya terbebas dari masalah finansial di hari tua. Untuk mencapai itu semua, tentunya target di masa depan sangat penting untuk kamu pikirkan.

Dalam menentukan target masa depan, kamu harus memikirkan terkait dengan rencana kamu, rencana kehidupan, memiliki tempat tinggal, memiliki tabungan, memiliki investasi, dan rencana untuk sekolah anak.

Dengan menetapkan target masa depan, alokasi dana kamu akan lebih terukur dan kamu tentunya akan lebih mudah untuk menerapkan pos – pos pengeluaran kamu.

Asuransi

Berbagai standar pengelolaan uang yang kamu terapkan tentunya sangat menguntungkan di masa depan. Namun siapa yang tau kedepannya akan terjadi apa, sebagai langkah untuk memitigasi hal yang tidak diinginkan, asuransi sangat penting kamu miliki.

Dengan memiliki asuransi, kamu tentunya mentransfer risiko kepada pihak lain di masa depan jika saja mengalami masalah. Misalkan saja, masalah kebakaran rumah, banjir, ataupun sakit keras sehingga arus pendapatan berkurang. 

Dengan adanya asuransi, kamu tentunya akan lebih nyaman dalam melakukan kegiatan. Hal ini mengingat kamu tidak perlu biaya besar jika saja kamu mengalami insiden tidak terduga.

Itulah beberapa standar pengelolaan uang yang perlu dilakukan oleh pasangan yang baru menikah, semoga bermanfaat!

Artikel Terkait