Sektor Konsumer Menurun, Saham MAPI Tetap Ciamik

saham mapi

Harga saham MAPI atau PT Mitra Adiperkasa Tbk sepertinya akan melanjutkan kinerja yang ciamik pada tahun ini. Emiten ritel ini ke depan akan disokong oleh indeks penjualan riil yang kian membaik dan nilai tukar rupiah yang diprediksi positif. Pencapaian tersebut menunjukkan prospek daya beli masyarakat yang masih terjaga.

Selama indeks tersebut berada di atas level 100 poin, maka kinerja MAPI bisa kinclong. Bila dilihat dalam jangka waktu year to date (ytd) mata uang Garuda tumbuh 1,68% mencapai Rp14.153 per dollar AS. Berikut ini adalah hasil analisis teknikal terhadap saham MAPI di tahun 2019. Simak yuk!

Peluang Bisnis

Di tengah kinerja sektor konsumer yang mengalami penurunan hingga 15,83%, kinerja saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) meroket dengan kenaikan sebesar 35,46% pada periode tahun berjalan. Penguatan ini berpeluang berlanjut secara teknikal.

Kenaikan harga saham MAPI mulai terlihat ketika perdagangan dibuka dengan penguatan 1,23% (+10 poin) kemudian cenderung melanjutkan kenaikan dengan harga tertingginya pada Rp860 per saham (+6,17%). Penguatan tersebut lebih karena harganya yang mendekati level penopang harganya (support) pada harga Rp775/saham.

Analisis Teknikal Saham MAPI

Adapun prospek pemulihan sektor ritel mulai tercermin dalam pergerakan harga saham MAPI yang tumbuh 22,36% secara  year-to-date  (ytd). Namun demikian, kepemimpinan baru pasca pemilu tampaknya akan berpengaruh terhadap industri barang konsumen. Seperti halnya sebagian besar emiten peritel yang telah mencatatkan perbaikan kinerja keuangan pada tahun lalu.

MAPI juga ikut mencetak kenaikan laba bersih sebesar 119,87% ke level Rp735,82 miliar dari posisi Rp334,65 miliar pada 2017. Penguatan laba bersih tersebut didorong oleh pertumbuhan toko yang sebesar 8% seiring dengan penambahan gerai baru seluas 60.000 meter persegi.

Strategi MAPI

Harapan margin MAPI mencapai 7,5% selama 2019-2020, disokong oleh ekspansinya untuk lini bisnis department store, yakni Sogo. Kabarnya, MAPI bermaksud untuk menambah satu department store tahun ini di Sumatera Utara. Fokus MAPI di tahun ini akan mengembangkan penjualan sektor olahraga bakal dengan membuka toko lebih banyak di tahun ini.

Tak ketinggalan segmen food and beverages (F&B) turut berkontribusi, terutama anak emasnya yakni Starbucks. Segmen F&B diperkirakan akan tumbuh 18% dari sisi penjualan, yang mana sebagian besar berpusat di Starbucks. Gerai kopi itu berpotensi menambah 50-60 toko per tahun selama 2019-2020.

Nah, itulah hasil dari analisis teknikal terhadap saham MAPI. Menurut kamu, apakah MAPI akan tetap berjaya hingga akhir nanti? Sebelum memulai investasi saham, kamu wajib loh melihat tren pelaku saham di tahun 2019. Yuk, langsung cek harga saham MAPI di Indonesia sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait