Analisa Saham, Saham

Review Fundamental dan Teknikal Saham RUNS

Sumber: Run System

Ajaib.co.id – Di era industri 4.0 ini, integrasi data dengan teknologi menjadi kunci competitive advantage antar suatu perusahaan. Salah satu sistem perangkat lunak yang menunjang pengintegrasian tersebut bernama Enterprise Resource Planning (ERP) software.

Perangkat lunak ini berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam sebuah bisnis.

Nah, salah satu perusahaan di Indonesia yang menyediakan perangkat lunak tersebut adalah PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) atau Run System.

Profil Singkat Emiten

Perseroan yang memiliki nama PT Global Sukses Solusi Tbk ini memiliki kode emiten RUNS. Perseroan sendiri sudah berdiri sejak tahun 2014. Saat ini perseroan berkedudukan di kota Yogyakarta Indonesia.

Perseroan bergerak di bidang Informasi dan Komunikasi serta Perdagangan Besar & Eceran Piranti Lunak, sektor Technology sub sektor IT Services & Consulting.

Saat sebelum melaksanakan proses penawaran umum saham perdana, komposisi kepemilikan saham perseroan terdiri atas Sony Rachmadi Purnomo (36,30%), Tan Kian Gee (34,79%), Dwie Kristianto (1,59%), Suhartono (1,59%), Muhammad Aqifan Muntaha A (1,59%), PT. Metra-Net (10,3%), PT. Metra Digital Investama (3,5%), dan KB-MDI Centauri Master Fund Pte. Ltd (9,73%).

Detail Rencana IPO RUNS

Perseroan melakukan penawaran saham perdana melalui mekanisme e-IPO. Perseroan menawarkan 196.800.000 saham atas nama dengan nominal Rp4 setiap saham, atau sama dengan 20,01% dari total modal yang ditempatkan setelah proses penawaran umum perdana saham kepada masyarakat dengan harga penawarannya sebesar Rp230 – Rp254 per lembar saham.

Prakiraan struktur pemegang saham RUNS pasca-IPO akan menjadi Sony Rachmadi Purnomo (29,03%), Tan Kian Gee (27,83%), Dwie Kristianto (1,27%), Suhartono (1,27%), Muhammad Aqifan Muntaha A (1,27%), PT. Metra-Net (8,67%), PT. Metra Digital Investama (2,87%), KB-MDI Centauri Master Fund Pte. Ltd (7,78%), dan Masyarakat (20,01%)

Penjamin pelaksana emisi efek RUNS adalah PT BRI Danareksa Sekuritas dan PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Sedangkan penjamin emisi efek ditentukan kemudian.

Jadwal Penawaran Saham

Jadwal penawaran saham berdasarkan prospektus adalah sebagai berikut:

  • Tanggal Efektif: 31 Agustus 2021
  • Masa Penawaran Umum: 2 September – 6 September 2021
  • Tanggal Penjatahan: 6 September 2021
  • Tanggal Pencatatan Saham di BEI: 8 September 2021

Rencana Penggunaan Dana IPO

Berdasarkan prospektus perseroan, sekitar 74% digunakan untuk modal kerja seperti pembiayaan proyek baru, biaya overhead hingga biaya operasional, sekitar 11% digunakan untuk market acquisition and expansion, sekitar 10% digunakan untuk riset dan pengembangan, dan sekitar 5% digunakan untuk belanja modal yang meliputi alat kerja dan prasarana.

Kinerja Laporan Keuangan RUNS

Prospektus RUNS menunjukkan kinerja positif pada tahun 2019 dan 2020. Namun, RUNS mencatatkan penurunan kinerja pada kuartal I-2021. 

Perseroan sempat membukukan kenaikan laba neto hingga 272,73% pada tahun 2020 dibandingkan tahun 2019 secara Year on Year (YoY), Hal ini dikarenakan perusahaan mengalami peningkatan pendapatan dikarenakan meningkatnya nilai kontrak yang diterima oleh perseroaan.

Sementara itu, liabilitas perseroan pada Desember 2020 meningkat sebesar 241,40% dibandingkan Desember 2019, dikarenakan adanya kenaikan utang pajak pada liabilitas jangka pendek perseroan.

Rasio-rasio Keuangan RUNS

Berikut merupakan rangkuman rasio keuangan RUNS selama dua tahun terakhir dan kuartal I-2021:

Data di atas menunjukkan bahwa RUNS secara fundamental tidak menunjukan pertumbuhan yang cukup baik. Dari rasio profitabilitas, perputaran aktivitas, dan likuiditas terlihat penurunan pertumbuhan.

Kebijakan Dividen RUNS

Prospektus RUNS menuturkan bahwa pemegang saham yang tercatat dalam rekening efek berhak atas pembagian dividen, dengan ketentuan bahwa pemegang saham akan menerima sebanyak-banyaknya 40% dari laba bersih tahun buku yang bersangkutan.

Prospek Bisnis RUNS

Saat ini, dengan adanya modernisasi teknologi, banyak perusahaan mulai meninggalkan teknologi yang sudah ketinggalan jaman dan menggantinya dengan sistem yang lebih baik seperti sistem ERP yang disediakan oleh RUNS.

Dengan menggunakan sistem yang lebih baik, perusahaan-perusahaan dapat mengoptimalkan usaha mereka serta menekan biaya yang tidak diperlukan. 

Data dari Panoramic Consulting pada tahun 2020 sebagaimana yang disediakan oleh prospektus perseroan menunjukan bahwa sudah banyak perusahaan yang mulai mengadopsi sistem ERP ini, seperti yang dapat dilihat pada chart dibawah ini.

Sumber: Panoramic Consulting 2020 ERP Report (Dalam Prospektus Perseroan)

Dengan bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia, yang memiliki jaringan yang luas di penjuru negeri ini.

Perseroan dapat menjangkau seluruh perusahaan yang ada di Indonesia, yang tidak hanya perusahaan dengan skala besar, namun juga skala menengah kebawah, seperti pada yang diberikan oleh gartner dan BPS dibawah ini,

Sumber: Gartner dan BPS (Dalam Prospektus Perseroan)

Untuk saat ini, kita belum mengetahui bagaimana kesuksesan strategi-strategi RUNS secara pasti kedepannya. Namun melihat tren teknologi semakin melesat, ada potensi strategi RUNS akan berhasil dengan optimal.

Kesimpulan

Di era teknologi seperti ini, banyak perusahaan berlomba-lomba mengadopsi teknologi dalam kegiatan operasional mereka agar kinerja menjadi optimal.

Untuk itu, jasa pelayanan terkait IT sangat diperlukan,  jika RUNS mampu mengoptimalkan segala kesempatan yang ada, maka bukanlah hal yang mustahil perseroan akan menciptakan pertumbuhan kinerja.

Secara teknikal, belum banyak yang dapat diamati karena status perseroan yang baru melaksanakan IPO. Saham RUNS sempat menyentuh level tertinggi nya yaitu di harga Rp960 pada perdagangan di tanggal 27 September 2021. Ketika menyentuh level tertinggi tersebut, RUNS telah naik sebanyak 226,79% semenjak IPO.

Kini terlihat secara volume, saham RUNS telah mengalami penurunan volume beli dan tertekan oleh tingginya volume jual, potensi downside RUNS juga terlihat cukup tinggi dengan level support nya yaitu Rp475.

Selain itu 4, pada tanggal 1 Oktober 2021, RUNS membentuk candle long legged doji, disertai dengan candle merah di hari berikutnya, artinya sentimen jual masih sangat tinggi.

Karena masih tingginya tekanan dari volume jual, saham RUNS ini masih Wait and See dan belum menarik secara teknikal untuk dibeli.

DisclaimerInvestasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Artikel Terkait