Mengenal Perusahaan Berkode Saham ITMG

Mengenal Perusahaan Berkode Saham ITMG
Mengenal Perusahaan Berkode Saham ITMG

PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) merupakan salah satu perusahaan asal Indonesia yang bergerak dalam bisnis pengembangan batu bara. Saat ini, harga saham ITMG mengalami kenaikan hingga 1,4 persen sehingga menjadi Rp 12.300/per lembarnya (Jumat, 4 Oktober 2019). Di lantai bursa, PT Indo Tambangraya Megah Tbk ini memiliki kode saham ITMG.

Kenaikan harga saham ITMG ini juga tak lepas dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami kenaikan 14,22 poin atau 0,2 persen menjadi 6.052,75. Dengan begitu, wajar saja untuk memiliki saham ITMG karena merupakan jajaran saham blue chip. Sebagai informasi, saham blue chip ialah saham unggulan yang memiliki nilai kapitalisasi pasar besar di atas Rp40 triliun. 

Saham ITMG Masuk ke Kategori Blue Chip

Sudah pasti dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar itu, ITMG bukanlah perusahaan abal-abal. Sebab, perusahaan yang masuk dalam kategori saham blue chip adalah perusahaan besar yang memiliki etos dan kinerja yang baik, fundamental yang baik serta dikelola oleh orang-orang profesional.

Adapun anak perusahaan yang dimiliki oleh PT Indo Tambangraya Megah Tbk beranekaragam. Beberapa anak perusahaannya seperti PT Indominco Mandiri, PT Trubaindo Coal Mining, PT Bharinto Ekatama, PT Kitadin, dan PT Jorong Barutama Greston, merupakan perusahaan yang mengoperasikan sejumlah konsesi tambang batu bara di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

ITMG Mengoperasikan Terminal Batu Bara

Untuk PT Indominco Mandiri, selain mengoperasikan konsesi tambang batu bara, perusahaan tersebut juga mengoperasikan terminal batu bara, yang digunakan untuk mengumpulkan stok, pencampuran, dan pengangkutan kapal. Selain itu, PT Indominco Mandiri ini merupakan sebuah pembangkit listrik, yang memasuk listrik ke pelabuhan dan pabrik pemrosesan batu bara di mana terminal batu bara dan pembangkit listrinya terletak di Bontang. 

Adapula anak perusahaan lainnya seperti PT ITM Indonesia, yang bergerak dalam perdagangan batu bara, dan PT Tambang Raya Usaha Tama, yang bergerak dalam penyediaan layanan pertambangan.

Jika kamu memiliki keinginan untuk melakukan investasi saham, kamu bisa memilih saham ITMG ini. Selain karena termasuk dalam kategori saham blue chip, saham ITMG ini juga memiliki rasio PE yang cukup rendah di industrinya. Saat ini, saham ITM memiliki rasio PE di level 4,18, sementara industrinya memiliki rasio PE sebesar 107,89. 

Rendahnya rasio PE itu menunjukkan bahwa kemampuan mencetak laba bersih dan secara fundamental perusahaan tersebut masih kuat. Maka dari itu, jika sudah memutuskan untuk melakukan investasi saham , jangan ragu untuk membeli saham ITMG.

Jika harga terlalu mahal, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menabungnya terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa membeli sahamnya per bulan satu lot. Sebagai informasi, satu lot saham itu ada 100 lembar. Jadi, jika saat ini harga saham ITMG mencapai Rp12.300/per lembarnya, maka setidaknya kamu menyiapkan dana sekitar Rp1.500.000.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait