3 Warna Paling Direkomendasikan untuk Ruang Keluarga

Foto Ruang Keluarga Rumah Sederhana
Tips Desain Ruang Keluarga yang Bikin Betah di Rumah

Pemilihan cat tembok ruang keluarga merupakan hal yang gampang-gampang sulit. Penyebabnya adalah, ruangan ini akan menjadi lokasi berkumpul semua anggota keluarga. Sehingga semua anggota keluarga seringkali ingin warna favoritnya menjadi latar dinding. Hal ini berbeda dengan cat kamar pribadi yang warnanya bisa sesuai selera pemilik kamar.

Ruang keluarga merupakan salah satu ruangan yang vital di hunian pribadi. Fungsinya sebagai tempat berkumpul seluruh anggota keluarga. Karena fungsinya itu, membuat berbagai kegiatan dilakukan di sini.

Kegiatan yang seringkali dilakukan di ruang keluarga, yakni membaca buku, nonton televisi, hingga makan bersama bisa dilakukan di sini. Sehingga penting sekali memilih warna cat tembok yang sesuai dengan semua kebutuhan dan selera semua orang.

Pemilihan warna biasanya disesuakan dengan karakteristik ruangan dan kesan yang ingin ditampilkan. Ruangan dengan warna tertentu juga bisa memberikan efek psikologis bagi penghuninya. Berikut adalah tiga warna paling direkomendasikan untuk cat tembok ruang keluargamu.

1. Hijau muda

Warna hijau memberikan kesan natural dan tenang karena identik dengan pepohonan dan daun yang banyak di alam bebas. Hijau muda bisa memberikan efek menenangkan dan terbebas dari stres kegiatan sehari. Sama seperti tujuanmu berkumpul dengan keluarga di ruangan itu.

Pilihlah warna hijau muda seperti hijau daun atau hijau pupus untuk kesan ruangan yang lebih luas. Warna ini juga bisa menjadi latar sempurna berbagai perabotan yang dipasang di ruang keluarga sekaligus indah dipandang mata.

2. Putih kombinasi biru muda

Warna putih memberikan kesan ruangan yang lebih luas sedangkan biru identik dengan kesejukan. Kombinasikan cat tembok warna putih dengan biru muda seperti warna langit. Dengan demikian, ruang keluargamu akan akan terkesan luas, tenang, namun tetap dinamis.

Pemilihan warna ini juga cenderung netral untuk semua anggota keluarga. Baik pria maupun wanita banyak yang menyukai kedua warna ini. Kesan luas juga baik jika ruangan ini multifungsi dan menampung seluruh anggota keluarga bersamaan.

3. Abu-abu

Abu-abu juga bisa dipilih jika ingin kesan ruangan yang lebih luas tapi enggan memilih cat warna putih. Warna abu-abu juga memberikan kesan modern dan minimalis sekaligus sehingga sesuai untuk semua anggota keluarga. Namun, pilih warna abu-abu dengan nada yang pas agar tidak terlalu gelap atau malah kusam.

Ruangan dengan warna ini tidak terlalu cocok jika dipadukan dengan perabotan yang terlalu banyak dan padat. Ini cocok jika ruang keluarga hanya difungsikan sebagai tempat menonton televisi atau sekedar berkumpul bersama. Tambahkan beberapa hiasan dinding agar tidak terkesan membosankan.

Ruang keluarga adalah salah satu ruang utama di rumah atau apartemen. Biasanya penghuninya meluangkan waktu atau dana lebih banyak untuk mendekorasi ruang keluarga. Namun, hal yang juga penting adalah, pemilihan material dan cat tembok yang kokoh dan tahan lama.

Hal ini nantinya akan berpengaruh pada biaya perawatan yang harus dikeluarkan. Pastikan semua material dan cat yang digunakan tak keluar banyak biaya. Kamu juga tentunya bisa menabung lebih banyak.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait