Saham

Kebangkitan Saham BWPT Buah Manis dari Inovasi Tepat

saham bwpt

Harga Crude Palm Oil (CPO) yang melemah sepanjang tahun ini tidak membuat PT Eagle High Plantations Tbk. berkecil hati. Di samping memiliki misi yang luhur dan visi jauh ke depan, emiten saham BWPT ini ‘melek’ disrupsi pasar dan inovasi teknologi terkait penggalakan B20-B100, yang akan menyebabkan perubahan besar dalam peta perdagangan energi dalam negri dan global.

Legenda Epik Emiten Saham BWPT

PT Eagle High Plantations Tbk. didirikan pada tanggal 6 November 2000, berubah nama menjadi PT BW Plantation Tbk. pada tahun 2007, kemudian menandatangani perjanjian pengakuisisian 100.00% saham Green Eagle Group di 2014, hingga mengubah namanya menjadi PT Eagle High Plantations Tbk.

Komposisi kepemilikan saham BWPT adalah:

  • 37% FIC Properties SDN Bhd
  • 37,7% PT Rajawali Capital International
  • 25,30% Public (easch below 5%)

Visi dan Misi PT Eagle High Plantations Tbk.

Visi: Menjadi perusahaan perkebunan pilihan yang dinamis dengan reputasi unggul dalam aspek sosial ekonomi dan lingkungan.

Misi: Menuju pertumbuhan, keunggulan dan posisi terdepan dalam bisnis sawit melalui:

  • tingkat pengembalian terbaik bagi pemangku kepentingan melalui produk sawit berkualitas unggul dan berbiaya rendah.
  • penerapan praktik operasional terbaik dan prinsip pertumbuhan serta pengelolaan lingkungan yang berkesinambungan.
  • penumbuhkembangan karyawan dan masyarakat di sekitar wilayah operasional, penerapan filosofi dan prinsip learning organization untuk terus bertransformasi.

Total luas lahan perkebunan produktif adalah 6.874 hektar yang tersebar di Kalimantan 6.382 hektar, Papua 271 hektar, dan Sumatra 221 hektar, dengan umur tanaman 11-14 tahun. Produktivitas perkebunan masih terus meningkat berkat usia tanaman serta kapasitas pabrik, yang tahun ini akan dibangun 1 unit lagi di Kalimantan Timur dengan kapasitas 60-90 ton/jam, sebagai pabrik ke-11 bernilai investasi Rp200 miliar.

Saat ini, kapasitas produksi pabrik kelapa sawit milik BWPT mencapai 2,7 juta ton per tahun, dan akhir 2019 baru mengoperasikan pabrik kelapa sawit di Kabupaten Keerom, Papua dengan nilai investasi Rp260 miliar berkapasitas produksi 60 ton/jam.

Gejolak Pasar CPO Mengimbas Saham BPWT

Saat ini, tanaman kelapa sawit yang dikelola secara berkelanjutan mampu memproduksi jutaan ton untuk konsumsi dalam negeri dan ekspor. Menurut Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Indonesia berhasil mengukuhkan diri sebagai produsen Crude Palm Oil (CPO) berkelanjutan terbesar di dunia, dengan produksi sebanyak 42 juta ton di tahun lalu.

Direktur Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) Dono Boestami mengutarakan keberhasilan Indonesia itu merupakan bagian dari keberhasilan pembangunan nasional yang turut memerangi kemiskinan di Indonesia.

Meskipun demikian, harga ekspor CPO senantiasa jadi bulan-bulanan perang dagang antar negara, seperti yang baru terjadi antara Malaysia dengan India, dan permintaan tiba-tiba Swiss atas 10.000 ton ekspor CPO Indonesia. Harga CPO terkini adalah RM 2.822/Ton.

Mungkin kondisi itulah yang menyebabkab harga saham emiten-emiten CPO di Bursa Efek Indonesia, termasuk saham BWPT masih stagnan di kisaran Rp140-an, setelah dulu pernah tersungkur dari Rp450 hingga Rp121 pada 4 September 2019 yang merupakan titik terendah sepanjang masa saham BWPT tercatat di bursa.

Inovasi Tepat Selamatkan Saham BWPT

Berkat sebuah keberhasilan penelitian dan inovasi di bidang energi terbarukan, Pemerintah Indonesia kini menargetkan program produksi Biodiesel 20 (B20), yaitu bahan bakar alternatif yang dibuat dengan mencampur bahan bakar solar dengan biodiesel hasil produk nabati berupa energi biomassa besar dari kelapa sawit, yang ke depannya diproyeksikan menjadi B100, guna mengatasi problem defisit energi.

Dalam riset mekanisme termal katalitik tandan kosong kelapa sawit untuk mendapatkan biofuel > 60% sebagai bahan bakar kimia cair, Indri Badria Adilina- peneliti Pusat Penelitian Kimia LIPI, yang meraih gelar doktor dari Chiba University, Jepang dan peraih Fellowship LOreal – UNESCO for Women In Science pada tahun 2013, mendapatkan akses melakukan penelitian di fasilitas ISIS Neutron and Muon SourceScience and Technology Facilities Council, di Didcot, Oxfordshire, Inggris melalui skema Newton Fund.

Kesuksesannya pun menghasilkan biofuel berkadar oksigen rendah, yang dapat digunakan sebagai bahan bakar seperti bensin dan solar. Penelitian yang dianugerahi penghargaan ISIS Impact Award for 2019 in the Economic Category dari Science and Technology Facilities Council, United Kingdom Research and Innovation dan menjadi pionir di Indonesia bahkan Asia Tenggara ini, merupakan kolaborasi bersama Universitas Indonesia. Iaberharap agar penelitiannya akan berlanjut ke uji coba skala besar untuk mencapai zero waste CPO serta keberlanjutan nyata di masyarakat.

Keputusan Tepat Selamatkan Saham BWPT

Data Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunjukkan realisasi serapan biodiesel pada 2018 mencapai 6 juta Kiloliter (30%), melampaui target 5,7 juta Kl. Konsumsi biodiesel dalam negeri yang mencapai 4,02 juta Kl dari realisasi 6 juta Kl, mampu menekan impor minyak mentah dan menghemat devisa negara sebesar Rp28,4 triliun (!). Pada 2019 Kementerian ESDM memproyeksikan jumlah produksi biodiesel 2020 sebesar 7,37 juta Kl.

Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Joko Supriyono menyampaikan bahwa pengembangan green diesel, green gasoline, dan green avtur yang sedang diujicoba diproyeksi menambah konsumsi CPO domestik hingga 50% pada 2025. Walaupun fenomena ini bisa mengakibatkan turunnya pasar ekspor dan devisa, akan mampu mengendalikan stok dan harga CPO global.

B20 akan diproduksi oleh 19, dan disalurkan ke pengguna melalui 11 perusahaan, yang ditetapkan dalam

Surat Keputusan Menteri ESDM Nomor 1936 K/10/MEM/2018 dan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 41 Tahun 2018, yang ternyata mampu menjadi pendorong penguatan harga saham-saham emiten produsen sawit, termasuk saham BWPT.

Aksi Heroik Di Balik Bangkitnya Saham BWPT

Selain dampak positif dari inovasi dan kebijakan tepat Pemerintah, pemulihan harga saham BPWT tak lepas dari aksi beli para investor, salah satunya Komisaris PT Eagle High Plantations Tbk sendiri – Ali Abbas Badre Alam – yang sebelumnya pernah mundur dari jabatan Komisaris Utama di PT Eagle High Plantations Tbk., lalu diangkat lagi menjadi komisaris.

Sejak pembelian 26.693.200 lembar saham senilai sekitar Rp3,49 miliar pada 6 September 2019, terus dilanjutkan hingga kini mencapai total nilai Rp5,1 miliar, yang semua data transaksinya termuat dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 9 dan 10 September 2019.

Bayangan Inovasi Dorong Optimisme Saham BWPT

PT Eagle High Plantations melihat pola fluktuasi harga CPO hanya bersifat sementara, dan melihat potensi besar dalam penyerapan CPO B20 – B100 di masa datang, sehingga memastikan masih akan setia di bisnis CPO saja.

Keyakinan, keteguhan dan kejelian para investor visioner di balik saham BWPT sanggup memulihkan sentimen positif dan mengantarkannyaa ke potensi besar di masa depan. Sanggupkah kamu mengikuti jejak mereka? Uji dan latih kejelian berinvestasi kamu dengan investasi reksa dana di Ajaib. Dengan minimum modal hanya Rp10.000 dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta pengawasan penuh Otoritas Jasa Keuangan, Ajaib masih jadi pilihan berinvestasi reksa dana yang cerdas dan berakal sehat untuk kaum milenial!

Bacaan menarik lainnya:

Darmadji, T., & Fakhruddin, H. M. (2011). Pasar Modal Di Indonesia (Edisi 3 ed.). Jakarta: Salemba Empat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait