Emas

Profil Perusahaan Antam: Penghasil Logam Mulia di Indonesia

profil perusahaan antam

Untuk berinvestasi logam mulia milik PT Antam atau malah ingin memiliki saham perusahaan PT Antam, tentunya kamu perlu mengetahui profil perusahaan Antam. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan tambang yang ada di Indonesia dan berdiri berdekatan dengan masa-masa ketika pembangunan besar-besaran sedang terjadi. Sehingga bisa dipastikan PT Antam lahir dari misi-misi Pemerintah yang ingin Indonesia bisa maju menjadi negara yang berdiri sendiri.

PT Antam pertama kali berdiri pada tanggal 5 Juli 1968 dengan nama Perusahaan Negara (PN) Aneka Tambang. Dan merupakan salah satu perusahaan pelat merah milik negara. Sejak dulu sudah berdiri dan sampai sekarang menjadi perusahaan tambang milik negara Indonesia yang paling bisa diandalkan.

PT Antam baru IPO atau menawarkan saham ke publik pada tahun 1997. Saat itu Indonesia sedang mengalami krisis yang cukup serius, tapi perusahaan ini bisa melakukan IPO dengan baik. Terdapat sekitar 430.769.000 lembar saham yang ditawarkan kepada publik. Nilai nominal saham tersebut sebesar Rp500 per lembar dan dijual dengan harga Rp1.400 per lembar saham.

Sebanyak 65 % saham PT Antam dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, dan sisanya dimiliki oleh publik. Meski saat itu terjadi krisis moneter 1998, PT Antam berhasil bertahan di tengah buruknya perekonomian Indonesia kala itu

PT Antam Berhasil Melewati Krisis dan Menjadi Kebanggaan Indonesia

Tidak hanya di Bursa Efek Indonesia (BEI), saham PT Antam juga ditawarkan di bursa efek di Australia. Ini menunjukkan bahwa PT Antam sudah go internasional dan dipercaya menjadi salah satu perusahaan terpercaya yang bisa bersaing secara internasional.

Saham PT Antam sendiri masuk ke dalam anggota saham LQ45 yang merupakan saham-saham diandalkan dan memiliki kinerja yang bagus di Indonesia. Hanya perusahaan-perusahaan tertentu yang bisa masuk ke dalam kategori ini. Dan saham-saham anggota LQ45 biasanya akan menjadi incaran banyak investor.

PT Antam bergerak di bidang pertambangan dan dikenal sebagai salah satu produsen logam mulia terbesar di Indonesia. Namun, sebenarnya PT Antam tidak hanya mengelola emas, tapi juga bahan-bahan tambang lain yang ada di Indonesia. Sebut saja nikel, batubara, bauksit, dan lainnya. Memang sejak pertama kali berdiri, perusahaan ini terus melakukan inovasi terbaik.

Apalagi Indonesia memang memiliki kekayaan tambang yang melimpah, jadi sudah seharusnya ada perusahaan milik negara yang bisa mengelolanya dengan baik dengan mengedepankan kepentingan bersama.

Tidak hanya eksplorasi nikel dan bahan tambang lainnya, PT Antam juga melakukan inovasi mengolah bahan tambang itu menjadi material yang sudah jadi seperti feronikel, yang didapatkan dari mengelola bijih nikel yang sudah dieksplorasi. Hal ini berdasarkan aturan Pemerintah yang melarang perusahaan-perusahaan tambang di Indonesia hanya eksplorasi dan mengekspor langsung bahan-bahan tambang itu ke luar negeri.

Dengan maksud hasil yang sudah diolah itu akan memiliki nilai jual tinggi dan juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan di dalam negeri. Ini adalah langkah maju yang sangat bagus. Inilah yang membuat profil perusahaan Antam terlihat kian bagus saja seiring berjalannya waktu.

Tahun 2020 ini Pemerintah memutuskan agar perusahaan tambang mana pun menghentikan ekspor bijih nikel. Bijih nikel yang ada di Indonesia harus bisa dimanfaatkan sendiri oleh masyarakat Indonesia. Hal ini membuat PT Antam harus memutar otak untuk membuka bisnis baru yang bisa menggantikan bisnis ekspor bijih nikel.

PT Antam Tetap Mengandalkan Logam Mulia Sebagai Produk Utama

Selain membuat feronikel, produk andalan PT Antam lainnya adalah pengelolaan emas yang jadi logam mulia. Logam mulia yang banyak dipasarkan di Indonesia adalah milik PT Antam. Agar kamu tidak membeli yang palsu, PT Antam menyediakan sertifikat khusus bagi kepemilikan logam-logam mulia yang mereka produksi. Logam mulia itu berupa emas dan perak yang diperjualbelikan di partner-partner resmi. Ingat, kamu sebaiknya membeli logam mulia PT Antam di partner resmi agar tidak mengalami penipuan yang merugikan.

Logam mulia milik PT Antam juga diakui secara internasional dengan memiliki akreditasi dari London Bullion Market Association. Intinya jika kamu memiliki PT Antam itu adalah hal yang sangat menguntungkan.

Profil perusahaan Antam memang sangat bagus, tidak mengherankan menjadi salah satu perusahaan plat merah yang diandalkan oleh Indonesia. Jadi, kamu yang ingin berinvestasi logam mulia, tidak perlu ragu lagi untuk memiliki logam mulia dari PT Antam karena sudah terjamin kualitasnya. Sebanyak 70% pemasukan PT Antam didapatkan dari penjualan logam mulia yang memang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Di tahun 2019 kemarin, profil perusahaan Antam mencatat berhasil menjual logam mulia sebesar 34 ton. Jumlah ini jauh lebih banyak dari penjualan di tahun 2018 yang hanya sekitar 25,12 ton. Itu artinya penjualan tersebut naik sebanyak 30 %. Namun, keuntungannya belum diberitahukan secara pasti, tapi kita bisa memprediksi bahwa PT Antam berhasil mencatat keuntungan yang signifikan dari hasil penjualan di tahun kemarin.

Seperti itulah profil perusahaan PT Antam secara singkat. Sekarang sudah banyak masyarakat yang berminat memiliki logam mulia karena memang termasuk ke dalam investasi yang menguntungkan. Apalagi karena harga emas sejak zaman dulu selalu stabil dan masih dianggap sebagai logam yang memiliki harga yang tinggi. Mendapatkan pundi-pundi uang dari bisnis logam mulia pun bisa menjadi profesi utama kamu.

Atau kamu juga bisa memiliki saham PT Antam yang sering masuk ke dalam kategori LQ45. Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa mengandalkan Ajaib sebagai partner untuk mengelola sahammu itu. Ajaib menyediakan informasi tentang PT Antam dengan sangat lengkap dan akan membantumu agar bisa mengelolanya dengan baik.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait