Properti

Ini Trik Beli Rumah dengan Gaji 3 Jutaan

trik beli rumah

Jika gaji kamu hanya kisaran Rp3 jutaan, tidak perlu khawatir. Pasalnya redaksi Ajaib akan membeberkan trik beli rumah dengan gaji seadanya itu. Bagaimana trik beli rumah ini? Simak ulasan berikut ini.

Saat ini memiliki rumah sendiri adalah impian banyak orang. Oleh karenanya meskipun gaji pas-pasan, pastilah kamu berusaha sekuat tenaga agar impian kamu bisa tercapai bukan?

Ditambah lagi dengan posisi kamu yang sudah tidak single lagi alias sudah berkeluarga. Memiliki keluarga baru tentulah harus diimbangi dengan kondisi finansial dan kebutuhan pokok yang memumpuni termasuk rumah dan kendaraan.

Boro-boro punya mobil, rumah saja masih ngontak. Hal ini kadang acap kali menurunkan semangat untuk memiliki hunian bagi keluarga kecil kamu. Namun yang menjadi masalah adalah nominal gaji Rp3 jutaan yang menyulitkan kamu untuk menembut aturan baku KPR yang mewajibkan nominal tertentu.

Namun, kamu tak perlu berkecil hati. Karena kali ini Ajaib akan mengupat tuntas mengenai trik beli rumah dengan gaji Rp3 jutaan. Trik beli rumah tersebut adalah seperti ini:

Manfaatkan Investasi

Jika kamu hanya memiliki gaji 3 juta rupiah, kamu bisa mulai melakukan investasi. Ya sudah pasti untuk awalnya kamu harus ikat pinggang dulu untuk menabung. Disiplin dalam melakukan investsasi akan menjadi kunci sukses kamu bisa punya rumah dengan gaji 3 juta rupiah.

Adapun instrumen investasi yang bisa kamu lakukan adalah dengan melalui deposito. Hal Ini dipilih karena faktor risiko menimbang pendaatan kamu yang minim sehingga investasi lebih aman.

Sisihkan bonus tahunan kamu untuk tiap bulan kamu setor sebagai bentuk deposito. Mungkin jika kamu dan pasangan sama-sama bekerja, maka jumlah atau nominal deposito bisa kamu naikkan.

Hal yang perlu kamu pikirkan adalah dengan tidak menggunakan uang bonus untuk senang-senang, langsung depositokan bonus bulanan maupun tahunan yang kamu terima. Semakin banyak bonus yang kamu kumpulkan, maka semakin besar pula bunga yang kamu didapatkan.

Sisihkan Gaji Sebelum Menikah

Adapun proporsi ideal untuk menyisihkan gaji sebelum menikah adalah tiga tahun sebelum menikah. kamu bisa menyisihkan antara 30 sampai 40 persen dari gaji kamu. Jumlah tabungan ini pastinya cukup untuk DP atau uang muka KPR.

Meskipun gaji 3 juta ruoiah, kamu dan pasangan kamu bisa menabung bersama untuk memperoleh impian rumah masa depan kamu. kamu hanya perlu berkomitmen untuk disiplin dalam mengalokasikan dana. Jika kamu dan pasangan sama-sama menyisihkan gaji, maka bukan tidak mungkin mimpi punya rumah bisa tercapai.

Cari Bank dengan Bunga KPR Rendah

Meskipun gaji 3 juta rupiah, kamu tetap bisa memiliki rumah. Namun kamu perlu memastikan bunga bank yang rendah sehingga kamu bisa membeli rumah impian kamu sendiri.

Mulailah dengan melakukan survey biaya dan bunga KPR pada tiap bank. Karena, yang namanya kredit rumah pastinya bisa membantumu kamu untuk mendapatkan rumah impian kamu.

Sebaliknya jika kamu tidak selektif dalam memilih bank maka kamu justru akan terjebak dengan bunga yang mencekik. Semakin tinggi bunga yang kamu peroleh, maka dana yang harus kamu anggarkan akan semakin membengkak.

Maka dari itu kamu harus selektif dan jangan malu untuk rajin bertanya dan mencari informasi soal KPR.

Survei Lokasi Perumahan

Selain melakukan survey pada bank penyedia KPR, kamu juga bisa melakukan survey perumahan. kamu hanya perlu melakukan kunjungan sesekali untuk melihat rumah-rumah yang di KPR-kan.

Misalkan saja acara pameran properti, selain itu kamu juga bisa melakukan browsing di internet untuk menemukan jenis rumah yang kamu impikan. Jika ada nomor kontak yang bisa dihubungi, kamu bisa bertanya lebih lanjut.

Nah itulah cara gaji 3 juta rupiah bisa beli rumah untuk lebih banyak lagi artikel ekonomi yang inspiring, kamu bisa mendownload aplikasi Ajaib di Google Play Store. Nikmati kemudahan investasinya, selamat mencoba.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait