7 Hewan Ternak untuk Bisnis yang Cukup Menjanjikan

hewan ternak untuk bisnis
hewan ternak untuk bisnis

Ada banyak hewan ternak untuk bisnis yang bisa kamu lakukan dalam memulai bisnis. Lalu apa saja hewan ternak untuk bisnis tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Banyak orang bertahan hidup dari bisnis usaha petenakan. Pada sebagian orang beternak cenderung mengarah kepada image pekerjaan orang pedesaan. Namun hal tersebut tidak salah juga karena peternakan biasanya memang terletak di kawasan pedesaan. Namun nyatanya beternak tidak hanya bisa dilakukan oleh orang desa saja. Apabila kamu memiliki kemauan semua orang bisa beternak. Terlebih jika hewan ternak kamu bisa cepat menghasilkan uang.

Bagi para peternak pemula memang tidak harus memiliki skill khusus dalam menjalankan peternakannya. Adapun hal yang terpenting untuk memulai bisnis hewan ternak adalah modal yang harus dikeluarkan, dimana modal tak harus besar. Namun, jika ditinjau dari segi keuntungan, usaha ternak adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini mengingkat karena jika kamu sudah menemukan pengepul, maka uang akan terus mengalir deras.

Adapun hal yang perlu kamu tau adalah, pada dasarnya kunci dari beternak merupakan pekerjaan dengan melakukan perawatan hewan ternak kamu. Sementara untuk besar kecilnya modal yang dikeluarkan tentunya akan tergantung pada proses perawatan nantinya. Ooleh sebab itu, dengan memilih hewan ternak tentunya tidak membutuhkan biaya perawatan terlalu besar.

Adapun beberapa hewan ternak untuk bisnis yang bisa mendapatkan keuntungan adalah hewan-hewan ini.

Ternak Ikan Lele

hewan ternak lele adalah satu dari diantara jenis hewan ternak untuk bisnis yang cepat menghasilkan uang..Dalam menjalankan usaha ternak Lele, modal yang kamu keluarkan tidaklah terlalu besar. Adapun yang perlu kamu lakukan adalah dengan membeli bibit-bibit lele kemudian merawatnya dalam waktu 2-3 bulan. Setelahnya lele akan siap panen.

Dengan melakukan ternak lele, maka kamu tidak harus memiliki kolam yang membutuhkan banyak tempat, hewan ternak lele akan memudahkan kamu, dimana kamu hanya perlu membuat kolam sendiri menggunakan drum atau kolam terpal. Mengenai biaya perawatan yang perlu kamu keluarkan dalam ternak Lele sangatlah murah. Hal ini mengingat karena Lele tidak memiliki pakan khusus bahkan limbah-limbah yang ada dikolam bisa dijadikan pakan Lele. Maka dari itu, usaha ternak hewan lele ini sangat murah meriah dengan untung yang besar.

Ternak Ayam Broiler

Ternak hewan ayam broiler adalah sebuah jenis ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi khususnya pada daging. Ternak hewan ayam broiler bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan ayam kampung.

Beternak ayam broiler ini juga bisa dijadikan ternak yang cepat menghasilkan uang. Sementara kebutuhan untuk daging ayam yang tidak ada habisnya, maka dengan daya jual yang berlangsung terus menerus membuat ternak ayam broiler banyak dilakukan. Adapun bentuk dan jenis keuntungan yang bisa kamu dapatkan juga sangat menjanjikan terutama saat hari-hari besar seperti hari lebaran karena semua orang memasak daging ayam pada momen hari lebaran.

Ternak Ayam Kampung

Meskipun beternak ayam broiler menguntungkan, namun beternak ayam kampung juga tidak kalah menguntungkan. Dengan beternak ayam kampung akan menjadi suatu peluang usaha yang gampang untuk dilakukan. Fakta bahwa ayam kampung memiliki nilai jual yang lebih mahal. Bahkan perawatannya hewan ternak ayam kampung sangat gampang hanya tinggal memberi pakan secara rutin dan menjaga kesehatan si ayam.

Bila kamu melihat dengan jelas, dalam melakukan bisnis ternak unggas memang suatu bisnis yang gampang-gampang susah. Adapun proses perawatannya memang tidak sulit, akan tetapi kendala utamanya adalah unggas mati karena virus. Meski demikian hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu memperhatikan kebersihan kandang.

Ayam Petelur

Selanjutnya juga ada jenis hewan ternak yang menjanjikan untuk dipelihata, yakni ayam petelur. Jnis ayam petelur memanglah jenis unggas yang seluruh tubuhnya bisa dimanfaatkan. Selain dagingnya, telur ayam juga menjadi salah satu prospek usaha yang menjanjikan. Bisnis telur sudah bisa disebut sebagai bahan pokok makanan sehingga kebutuhan akan telur akan terus meningkat. Perlu kamu tahu bahwa usaha ternak ayam petelur saat ini masih memiliki prospek cerah.

Ternak Kelinci

Usaha hewan ternak kelinci adalah salah satu usaha yang menjanjikan. Tidak tanggung bahkan ternak kelinci cenderung akan memberikan harga jual yang fantastis. Dengan ternak kelinci, makan kamu bisa memperoleh laba atau imbal hasil dengan cepat. Ternak kelinci bisa menjadi ternak yang cepat menghasilkan uang. Hal ini lantaran hewan kelinci tidak hanya diminati sebagai hewan peliharaan saja, tapi hewan ini juga dikenal sebagai bahan makanan utama sate kelinci.

Perlu kamu ketahui, ternak kelinci sangatlah minim modal. Hal ini karena kelinci akan terus berkembang biak, apalagi biasanya satu induk kelinci bisa melahirkan 5-10 anakan kelinci. Adapun bentuk dan proses perawatannya juga sangat mudah, karena pakan kelinci adalah rumput maka tidak membutuhkan modal, hanya perlu mencari di kebun atau di sawah saja.

Ternak Bebek Petelur

Selanjutnya ada ternak bebek petelur yang dengan mudah bisa kamu jadikan sebagai bisnis yang cepat menguntungkan. Hal ini juga tak jauh dari tingkat kebutuhan akan telur bebek yang tinggi, dimana ini membuat bisnis bebek petelur terus berjalan. Telur bebek merupakan bahan dasar telur asin dan berbagai makanan lainnya memiliki kandungan gizi yang lebih dari pada telur ayam. Telur bebek juga memiliki harga jual yang lebih mahal.

Ternak Bebek Pedaging

Tak berbeda dengan ayam, ternak hewan bebek pedaging juga termasuk salahsatu hewan ternak yang menghasilkan. Saat ini ada banyak restoran yang memiliki menu utama bebek dimana ini bisa dimanfaatkan oleh peternak bebek. Bentuknya adalah dengan budidaya, baik dengan cara modern ataupun tradisional. Peternakan bebek umumnya memang dilakukan di pedesaan, ini karena ketersediaan lahan yang cukup di pedesaan. Maka akan banyak petani yang mengembangkan usaha beternak bebek pedaging.

Nah itulah beberapa hewan ternak yang mudah dijadikan bisnis yang bisa kamu terapkan untuk mendukung pundi-pundi kekayaan kamu. Jika kamu ingin tau lebih banyak lagi artikel bisnis dan ekonomi yang inspiring, kamu bisa mendownload aplikasi Ajaib di Google Play Store. Nikmati kemudahan investasinya, selamat mencoba.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait