Crossing dengan Michelin, Saham MASA Melonjak

saham masa
saham masa

Terjadi kembali crossing saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) sebesar kurang lebih Rp6 triliun. Tercatat crossing saham di harga Rp843 per saham. Adapun yang bertindak sebagai broker pembeli yakni Trimegah Sekuritas. Transaksi ini menunjukkan kemiripan dengan rencana Michelin untuk melakukan akuisisi terhadap 80% saham MASA.

Sebelumnya, Michelin menyebut akan membayar US$439 juta untuk 80% saham MASA. Dengan kurs Rp14.145 per dollar AS, nilai akuisisi ini mencapai Rp6,20 triliun. Saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk menjadi saham pemimpin dalam hal lonjakan harga saham (top gainers). Berikut ini adalah hasil analisis teknikal terhadap saham MASA di tahun 2019.

Peluang Bisnis

Saham produsen ban MASA menguat 16% berkat transaksi saham di pasar negosiasi (crossing) senilai Rp933 miliar sebanyak 1,11 miliar unit di harga Rp843 per saham. Transaksi ini merupakan bagian dari penawaran (tender offer) Michelin selaku pemegang pengendali baru emiten tersebut. Saham produsen ban ini memimpin kenaikan harga saham dengan penguatan sebesar 44,57%.

Tender offer dilakukan terhadap sebanyak-banyaknya 12,41% saham MASA atau 1,11 miliar nilai saham yang belum dimiliki perusahaan Eropa. Periode penawaran tender wajib ini adalah 16 April-15 Mei 2019, dan tanggal pembayaran pada 22 Mei 2019.

Analisis Teknikal Saham MASA

Kerugian usaha terjadi karena penurunan kenaikan beban pokok yang lebih tinggi daripada pertumbuhan penjualan. MASA pun hanya mencatat penghasilan operasi lain sebesar US$89.187 dari US$2,45 juta pada tahun lalu. Sedangkan rugi tahun berjalan Multistrada tercatat membengkak 121,22% dari US$8,09 juta menjadi US$17,91 juta.

Meskipun merugi, perseroan masih membukukan pendapatan tercatat meningkat 7,97% dari US$279,57 juta menjadi US$301,85 juta. Penjualan ekspor masih menjadi kontributor pendapatan utama yang mencapai US$211,97 juta atau 70,22% dari total penjualan. Sedangkan penjualan domestik tercatat US$ 89,88 juta.

Strategi MASA

MASA menargetkan akan ada peningkatan penjualan dengan besaran rata-rata per tahun bertambah 10% dalam rentang tahun 2018 hingga 2023. Keputusan Michelin untuk mengakuisisi MASA tersebut di harga tinggi merupakan cerminan dari rencana-rencana Michelin untuk mengelola MASA setelah akuisisi selesai. Dari akuisisi tersebut, tidak akan ada perubahan besar pada operasional MASA karena perusahaan tersebut telah memiliki merek produk yang sudah cukup kuat di pasar.

Itulah hasil dari analisis teknikal terhadap saham MASA. Menurut kamu, apakah MASA akan tetap berjaya hingga akhir nanti? Sebelum memulai investasi saham, kamu wajib loh melihat tren pelaku saham di tahun 2019. Yuk, langsung cek harga saham MASA di Indonesia sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait