Banking

Cara Menggunakan Layanan New PermataNet, Praktis dan Mudah

new permatanet

Ajaib.co.id – Internet banking sekarang adalah layanan yang wajib dimiliki oleh semua lembaga perbankan. Bukan hanya tersedia namun tetap memiliki fitur yang selalu up to date dengan kebutuhan nasabah. Hal inilah yang diterapkan oleh Bank Pertama dengan merilis New Permatanet.

Masyarakat modern butuh segala sesuatu yang cepat dan praktis. Dalam hal perbankan, unsur keamanan juga diutamakan. Karena itu, pengguna internet banking setiap tahunnya semakin banyak meskipun pada awalnya sempat disangsikan keamanannya oleh nasabah.

Bank Permata sendiri merupakan salah satu bank pertama yang menghadirkan internet banking pada tahun 2004. Hadir pertama kali dengan layanan Bank Permatanet kini sudah banyak pembaruan layanannya hingga dirilis kembali dengan nama New Permatanet.

Fitur ini jauh lebih canggih karena mampu mengakomodir hingga 120 jenis transaksi baik lewat PC, laptop maupun smartphone. Sistem e-banking ini bisa diakses lewat aplikasi Permata Mobile lewat handphone. Sedangkan untuk akses dekstop bisa dilakukan dengan mengatur browser menjadi Internet Explorer dan Google Chrome.

New Permatanet, Wajah Baru Layanan Internet Banking Bank Permata

Saat ini bank-bank besar di Indonesia telah memiliki layanan internet banking-nya masing-masing untuk semakin mempermudah akses keuangan yang dilakukan oleh nasabah tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Sebut saja KlikBCA, Go Mobile by CIMB, dll. Ini hanyalah beberapa layanan internet banking yang umumnya kamu gunakan untuk kebutuhan transaksi keuangan. Namun kini tersedia pula layanan new Permatanet yang bisa dengan mudah kamu dapatkan dengan melakukan pendaftaran di https new.permatanet.com.

Layanan ini ditujukan bagi nasabah Bank Permata yang membutuhkan transaksi digital yang cepat dan aman. New PermataNet merupakan versi terbaru dari internet banking bank Permata. Dari segi tampilan dan sistem keamanan yang lebih canggih, dan memiliki fitur yang lebih lengkap untuk transaksi keuangan melalui internet.

Dengan syarat dan ketentuan yang terbaru, nasabah dijamin akan bisa memenuhi berbagai kebutuhannya lewat digital channel banking ini. New Permatanet juga dilengkapi dengan mobile token yang memberikan PIN berbeda untuk setiap transaksi yang kamu lakukan.

Dengan demikian, semua aktivitas perbankan yang kamu lakukan lewat internet banking ini jauh lebih aman. Kemudahanan ini menjawab kekhawatiran banyak pengguna internet banking bahwa datanya akan dibobol dan kemudian uangnya lenyap dengan menggunakan jalur online ini.

Cara Menggunakan New PermataNet

Layanan ini sama halnya dengan internet banking yang disediakan oleh bank lainnya di mana diperuntukan bagi kamu yang sudah memiliki kartu ATM Permata. Hal ini sebagai syarat kamu bisa melakukan pendaftaran di versi terbaru dari PermataNet ini.

Bagi kamu yang sudah memiliki rekening tabungan Bank Pertama, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, kamu bisa melakukan registrasi melalui new.permatanet.com
  • Pilih layanan
  • Verifikasi rekening seperti nomor rekening, PIN ATM, dan kode keamanan (captcha)
  • Pilih nomor ponsel yang digunakan untuk token
  • Menyetujui syarat dna ketentuan yang berlaku
  • Tunggu SMS dari PermataNet ke nomor ponsel yang didaftarkan
  • Copy kode registrasi yang didapatkan melalui SMS ke layar PermataNet
  • Buat User ID & Password, masukkan alamat email, dan pilih tipe token

Jika kamu memilih “SMS Token”, kamu akan mendapatkan konfirmasi bahwa kamu telah melakukan registrasi dengan menggunakan SMS Token. Setelahnya, kamu akan menerima notifikasi di nomor ponsel yang kamu daftar dengan menyatakan layanan PermataNet telah aktif.

Jika sudah aktif, kamu sudah bisa melakukan berbagai transaksi perbankan yang perlu dilakukan hanya lewat gadgetmu saja.

Manfaat dan Keuntungan

Jika kamu sudah mengikuti langkah-langkah registrasi New PermataNet di atas, kamu akan mendapatkan manfaat dan keuntungan, yaitu:

  • Kamu nggak perlu repot-repot harus ke kantor cabang
  • Kamu bisa melakukan pembayaran secara terjadwal melalui New PermataNet secara berkala (mingguan, bulanan, dll). Fitur ini hanya untuk kamu yang menggunakan PermataNet Mobile
  • Kamu bisa mengunduh historis transaksi
  • Kamu bisa melakukan pendaftaran autodebet untuk Telkom, PLN/PAM, dan Kartu Kredit
  • Mudahnya melakukan pendaftaran untuk mengajukan kartu kredit Permata

Karena kamu menggunakan layanan PermataNet dan PermataNet Mobile memerlukan autentikasi melalui SMS, kamu akan dikenakan biaya SMS Token, yaitu sebesar Rp200 – Rp660 per SMS. Biaya SMS Token yang dibebankan kepada kamu berbeda-beda, tergantung operator telekomunikasi yang kamu gunakan.

Selain itu, karena layanan ini terhubung dengan nomor ponsel kamu. Jadi, pastikan ya guys! Nomor ponsel yang kamu daftarkan selalu aktif ketika ingin bertransaksi melalui PermataNet. Jika ingin mengganti nomor ponsel yang terdaftar, kamu juga harus mengontak Bank Permata untuk memastikan perubahan datanya aman.

Kamu bisa menghubungi Bank Permata lewat email di alamat [email protected] dan juga layanan telepon di jalur 1500111. Kamu akan dilayani oleh petugas Bank Permata untuk melakukan perubahan nomor ponsel yang terdaftar juga pertanyaan lainnya soal New Permatanet.

Internet banking di Indonesia baru hadir di periode tahun 2000-an. Awal penerapannya banyak yang meragukan aksesibilitasnya termasuk soal limit transaksi yang bisa dilakukan via internet banking. Namun bagi nasabah Bank Permata pengguna New Permatanet tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Bank Permata menetapkan limit transaksi yang sangat fleksibel dan bisa mengakomodir kebutuhan nasabahnya. Limit transaksi yang bisa dilakukan dengan New Permatanet mulai dari Rp 2 juta sampai dengan Rp 250 juta per hari. Limit transaksi ini dibedakan sesuai dengan jenis kepemilikan kartu kredit maupun kartu debit Bank Permata yang dipegang oleh nasabah.

Selain itu, limit transaksi ini juga berlaku berbeda untuk setiap jenis transaksi yang dilakukan. Misalnya saja transfer ke sesama Bank Permata diberikan keleluasan tak terbatas hingga batas saldo di rekening. Sedangkan transfer ke bank lainnya mendapatkan limit sebesar Rp250 juta per hari.

Berbagai fitur dari New Permatanet ini diharapkan semakin mengakomodir kebutuhan penggunanya. Selain itu, bagi nasabah baru yang mencari internet banking jempolan degan fitur keamanan dan kemudahan yang luar biasa bisa mempertimbangkan untuk membuka rekening Bank Permata agar bisa mengakses fitur ini.

Itulah salah satu ulasan Ajaib seputar layanan internet banking dari bank Permata. Di mana, kamu bisa menikmati fitur yang lebih lengkap dibanding dengan versi lamanya. Ini cocok sekali bagi kamu yang nggak punya banyak waktu untuk keluar-masuk ke ATM, melalui internet saja kamu sudah dapat mengakses kebutuhan transaksi keuanganmu. Praktis bukan?

Bacaan menarik lainnya:

Dendawijaya, Lukman. (2005). Manajemen Perbankan , Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Bogor: Ghalia Indonesia


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait