Bisnis & Kerja Sampingan

Bisnis Modal Kecil? Ini Inspirasi Usaha yang Bisa Dipilih

Ajaib.co.id – Ketika kamu memutuskan untuk memulai usaha atau bisnis, hal pertama dan terpenting adalah ide bisnis atau ide usaha seperti apa yang ingin kamu bangun. Pasalnya, ada banyak model usaha atau bisnis yang bisa dipilih untuk dijalani.

Akan tetapi, apakah usaha atau bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik dan memiliki prospek baik di masa mendatang? Jawabannya tentu tergantung pada diri kamu sendiri.

Oleh karena itu, untuk menjalankan usaha kamu dituntut untuk belajar, riset, dan mencari informasi mengenai usaha atau bisnis yang dapat dijadikan inspirasi usaha.

Inspirasi usaha tidak kalah pentingnya dengan modal. Hal ini karena model usaha yang kamu pilih akan menentukan keberlangsungan bisnis nantinya. Jangan sampai bisnis yang kamu bangun hanya berumur pendek.

Apalagi jika bisnis yang ingin dibangun hanya bermodalkan sedikit alias modal kecil. Oleh karena itu, kamu yang berniat untuk menjadi pelaku usaha harus menemukan inspirasi dan memilihnya sebagai model usaha kamu dengan modal kecil.

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi yang dapat dijadikan inspirasi usaha dengan modal kecil. Yuk simak penjelasannya.

Bisnis Isi Ulang Pulsa

Salah satu inspirasi usaha dengan modal kecil yang dapat kamu pilih adalah bisnis isi ulang pulsa. Mengingat kebutuhan pulsa yang digunakan untuk menikmati kuota internet saat ini merupakan hal paling penting.

Mulai dari remaja, dewasa, orang tua, pria, wanita, kalangan atas, dan bawah yang menggunakan smartphone dengan akses internet atau tidak tentu membutuhkan pulsa.

Hal ini yang menjadikan bisnis isi ulang pulsa cukup menjanjikan karena dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan modal kecil di awal sekitar Rp500 ribu, kamu bisa mengambil untung dari setiap pembelian pulsa.

Bisnis Jualan Sayur-sayuran

Bisnis menjual sayur-sayuran bisa menjadi pilihan usaha yang hanya membutuhkan modal kecil. Apalagi usaha sayur-sayuran ini sifatnya tidak musiman dan permintaannya pun cukup tinggi setiap harinya sehingga jualan sayur bisa menjadi inspirasi usaha yang sangat menjanjikan.

Dengan menjalankan bisnis berjualan sayur-sayuran, kamu cukup mengeluarkan modal sebesar Rp1-2 juta. Kamu bisa mendapatkan pasokan sayur langsung melalui agen atau petani.

Untuk proses pendistribusian alias penjualan sayur, kamu bisa membuat kios di depan rumah, menyewa kios di pasar, hingga berjualan secara keliling ke beberapa perumahan dengan menggunakan gerobak atau kendaraan bermotor.

Akan tetapi, persaingan saat berjualan sayur cukup tinggi sehingga kamu harus menentukan harga jual sayur secara wajar.

Bisnis Jajanan Anak-Anak

Salah satu inspirasi usaha berikutnya adalah berjualan jajanan anak-anak seperti telur gulung, kue cubit, pentol, atau cilok. Inspirasi usaha yang satu ini membutuhkan modal cukup terjangkau.

Untuk beli bahan baku biasanya di bawah Rp1 juta. Kamu bisa mulai untuk berjualan jajanan ini dengan menghadirkan produk yang dikemas secara unik dan berbeda pada umumnya.

Oleh karena itu, kamu bisa meriset dan uji coba membuat jajanan tersebut dengan tambahan sesuatu yang menarik.

Jangan lupa untuk mensurvei beberapa tempat yang berlokasi cukup strategis untuk menjajakan jajanan tersebut. Mulai dari ke beberapa sekitaran sekolah, taman, dan tempat berpotensi lainnya.

Bisnis Kue Kering

Usaha kue kering kini sudah banyak dijalani oleh orang-orang. Walaupun bisnis kue kering ini dianggap sebagai bisnis musiman karena menyambut suatu momen. Misalnya saja, saat menjelang hari raya lebaran, natal, hingga tahun baru.

Akan tetapi, jika kamu mengetahui pasar yang pas dengan menghadirkan kualitas terbaik dari produk, maka bisnis ini bisa bertahan pada hari-hari biasa.

Oleh karena itu, ketika membuka bisnis kue kering ini kamu harus menghadirkan produk yang unik, berbeda, dan berkualitas baik pastinya.

Sedangkan untuk urusan pemasaran, kamu dapat memanfaatkan media sosial, toko jual beli online, hingga orang-orang terdekat sebagai promosi produk yang dimiliki.

Bisnis Warung Makan

Tidak semua bisnis kuliner atau makanan harus mengeluarkan modal besar. Kamu bisa memulai bisnis makanan dengan membuka warung makan di rumah.

Salah satu inspirasi usaha ini menawarkan masakan siap saji untuk dinikmati pada sarapan, makan siang, hingga makan malam sekalipun. Jika kamu ingin menerima makan di tempat, kamu bisa menyiapkan meja besar dengan bangku panjang.

Untuk urusan menu makanan, pilihlah menu-menu yang simpel seperti lauk-pauk, tumisan sayur, sop, dan menu mudah lainnya.

Modal yang dibutuhkan juga tidak besar, di mana kamu dapat menyesuaikan jumlah atau porsi menu yang dihadirkan. Mulai dari bahan-bahan masakan, peralatan dapur, dan kebutuhan lainnya.

Bisnis Jasa Pencucian Sepeda Motor

Inspirasi usaha berikutnya yang bisa kamu pilih adalah jasa pencucian sepeda motor. Banyaknya jumlah motor di beberapa daerah di Indonesia khususnya ibu kota menjadi peluang usaha bagi kamu untuk membuka jasa tersebut.

Apalagi jika kondisi cuaca memasuki musim hujan yang jelas merusak kebersihan motor jika didiamkan secara terus menerus.

Biasanya, para pengguna motor tidak ingin ambil pusing dan menyerahkan kebersihan kendaraan mereka melalui jasa pencucian sepeda motor.

Modal awal untuk memiliki bisnis ini tidak terlalu besar. Dengan dana senilai Rp2 juta, kamu sudah mendapatkan mesin steam, perlengkapan mencuci, hingga nozzle.

Untuk urusan tempat, kamu bisa mencari lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan atau jika kamu memiliki tempat sendiri bisa menjadi keuntungan.

Bisnis Layanan atau Jasa Les Privat

Inspirasi usaha berikutnya yang bisa menjadi salah satu pilihan kamu adalah membuka jasa les privat. Usaha ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki keahlian di bidang akademik tertentu.

Misalnya saja kamu menguasai beberapa bahasa asing, maka kamu dapat memberikan jasa les privat untuk bidang tersebut dengan biaya yang disesuaikan.

Apalagi jika kamu sebelumnya sudah memiliki dasar untuk mengajar, maka membuka usaha dengan layanan les privat bukan hal yang tidak mungkin.

Untuk membuka jasa les privat, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Kamu bisa memanfaatkan brosur yang dipromosikan secara online atau dari teman ke teman.

Pada dasarnya, ada banyak inspirasi usaha dengan modal kecil yang bisa kamu pilih sesuai keahlian dan minat.

Selain itu, kamu juga harus melihat apakah prospek dari bisnis tersebut cukup menjanjikan dan dapat bertahan ketika dilanda permasalahan. Jangan karena modal yang dikeluarkan kecil, maka kamu sembarangan saja memilih jenis usaha tanpa memerhatikan risiko yang ada.

Untuk mendapatkan modal, kamu bisa mewujudkannya dengan cara berinvestasi di beberapa instrumen yang menguntungkan.

Ada banyak instrumen investasi yang dapat digunakan untuk menghasilkan keuntungan. Kamu bisa memilih jenis investasi berdasarkan hasil keuntungan yang didapat dengan tingkat risiko yang rendah.

Apalagi kini investasi bisa dilakukan hanya melalui smartphone yang dimiliki dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang akan membantu kamu berinvestasi pada instrumen saham dan reksa dana. Kamu bisa memilih salah satu dari kedua jenis investasi tersebut, misalnya saja saham.

Dengan menggunakan Ajaib Saham kamu bisa mendapatkan rekening saham yang bisa dibuat langsung melalui aplikasi Ajaib. Kamu bisa melihat pergerakan saham-saham perusahaan di bursa saham untuk dipilih sebagai emiten yang dapat menghasilkan keuntungan saat kamu berinvestasi saham.

Melalui aplikasi Ajaib, kamu dapat menemukan bahasa saham yang dapat memudahkan aktivitas investasi saham.

Transaksi yang meliputi jual dan beli saham bisa kamu lakukan secara online di mana saja dan kapan saja. Jadi, tunggu apalagi. Segera investasikan dana yang kamu miliki untuk menghasilkan keuntungan besar dengan Ajaib Saham.

Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait