Bisnis & Kerja Sampingan

Pengertian Modal dan Pentingnya Modal sebagai Fondasi Bisnis

Untuk memulai sebuah bisnis, banyak hal yang harus dipikirkan. Pebisnis perlu memikirkan produk, pasar, strategi, hingga perhitungan untung-rugi. Namun, berpikir dan terus berpikir tidak akan membuat bisnismu terwujud. Modal adalah salah satu syarat dasar memulai bisnis.

Karena itulah, calon pebisnis harus terlebih dahulu paham pengertian modal. Definisi modal adalah sekumpulan uang atau barang yang digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan suatu pekerjaan, termasuk membangun bisnis. Jadi, modal bisnis bukan hanya soal uang, namun juga modal barang. Misalnya, kamu akan mendirikan bisnis cuci-setrika maka mesin cuci yang kamu miliki bisa menjadi modal awal.

Pentingnya Modal

Modal adalah syarat sah suatu bisnis dapat didirikan. Dengan demikian, tak ada yang bisa menampik pentingnya modal yang dimiliki dalam berbisnis. Bahkan, ketika bisnis sudah berjalan pun, sering kali modal tambahan diperlukan untuk pengembangan bisnis.

Lalu, apa saja manfaat modal dalam pendirian awal sebuah bisnis?

1. Memiliki tempat usaha

Bisnis yang kamu dirikan harus punya tempat berpijak untuk menjalankan aktivitasnya. Sangat merepotkan jika kamu harus menumpang sana-sini dan berpindah-pindah tempat dalam waktu singkat karena tak punya tempat usaha. Di sinilah modal berperan penting untuk pengadaan tempat berbisnis.

2. Bahan produksi

Selanjutnya, produk atau jasa yang kamu tawarkan tentu butuh bahan baku atau fasilitas awal untuk kegiatan produksi. Misalnya, untuk bisnis cuci-setrika, kamu akan membutuhkan berbagai macam bahan pembersih dan pelembut.

3. Sumber daya manusia

Kamu tak mungkin bekerja sendiri sebagai pebisnis, apalagi bila bisnismu terus berkembang. Modal berperan penting menyediakan gaji untuk para karyawanmu selama masa-masa awal bisnis didirikan.

4. Mengantisipasi hal-hal tak terduga

Di tengah perjalanan berbisnis, mungkin saja terjadi hal-hal di luar kendali yang berdampak pada bisnismu. Modal awal yang kamu miliki bisa disisihkan sebagian sebagai simpanan. Bila terjadi peristiwa di luar dugaan, bisnismu akan terus berjalan.

Asal-muasal Modal

Dari mana datangnya modal? Tentu modal tidak jatuh dari langit, melainkan harus diusahakan. Modal bisa berasal dari kantongmu sendiri alias sumber modal internal.

Seiring waktu berjalan, keuntungan bisnismu akan menjadi tambahan modal. Sayangnya, dengan cara ini bisnismu akan kurang berkembang karena tidak ada lonjakan keuntungan dari terbatasnya modal.

Sumber modal lainnya adalah dari pihak eksternal, seperti investor atau lembaga keuangan, misalnya bank. Investor dan bank dapat meminjamkan dana untuk mengembangkan bisnismu. Sebagai gantinya, kamu membayar bunga pinjaman atau memberikan sebagian keuntungan.

Bila bisnismu sudah jadi perusahaan besar, kamu bisa membagikan kepemilikan saham. Para pemegang saham ini yang akan menjadi sumber modal yang berasal dari luar perusahaan.

Dengan cara tersebut, sumber modal eksternal menjanjikan jumlah tak terbatas. Namun untuk modal yang didapatkan dari pihak eksternal, bisnismu harus punya reputasi baik. Dengan demikian, pihak pemberi modal bersedia menaruh kepercayaan.

Demikianlah pengertian modal yang harus dipahami oleh setiap pebisnis pemula. Tetap semangat dan jangan menyerah!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait