4 Aplikasi Kasir Gratis untuk Pebisnis Pemula

Aplikasi Kasir

Dalam menjalankan suatu bisnis atau usahanya, pebisnis pemula pasti hanya melihat apa yang sedang tren saat itu. Sebenarnya hal itu tidak masalah, asal bisa beradaptasi dengan cepat dan tepat. Namun, sebenarnya yang paling penting, seorang pebisnis pemula harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang bisa diaplikasikan dalam bisnis yang dijalankan oleh mereka. Salah satu teknologi tersebut ialah aplikasi kasir atau biasa dikenal dengan istilah Point of Sale (POS).

Aplikasi kasir adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk membuat transaksi penjualan agar jadi lebih mudah, aman, dan terorganisir. Dengan begitu, pembukuan keuangan bisa dilakukan secara otomatis.

Sebagai pebisnis pemula pasti berpikiran bahwa aplikasi kasir ini harus berbayar agar bisa menggunakan semua fitur yang ada. Padahal, ada beberapa aplikasi kasir gratis yang patut dicoba agar pengelolaan keuangan bisnismu bisa lebih mudah. Berikut empat aplikasi kasir yang bisa membantumu dalam menjalankan bisnis.

ProffitCentre

Aplikasi gratis yang pertama ialah ProffitCentre. Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik dan paling direkomendasikan untuk kamu agar transaksi penjualan yang dilakukan bisa terpantau dengan aman. Sistem ini dikembangkan oleh Dale Haris, yang mengembangkannya dari aplikasi toko online Cash Register Keyhut yang terkenal.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menjaga stok persediaan barang kamu untuk tetap aman. Hal itu karena adanya fitur order otomatis. Selain itu, ada beberapa fitur lain seperti penamaan label rak dagang, print bar code dan lain sebagainya. Untuk penggunaannya, kamu cukup menyediakan pemindai bar code, PC, dan printer.

VendHQ

VendHQ bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi kasir offline yang terbaik. Aplikasi ini cocok untuk pengusaha muda yang sedang ingin membuka bisnis ritel kecil-kecilan atau untuk menangani bisnis ritel yang besar.

Walaupun menggunakan sistem cloud, VendHQ ini juga bisa digunakan secara offline namun dengan beberapa keterbatasan. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk 1 mesin kasir dan jumlah produk kurang dari 10 tapi mampu menampung data hingga 1.000 pelanggan.

Keyhut

Jika usaha atau bisnis yang kamu jalankan berupa usaha mikro atau seperti UKM, kamu bisa memanfaatkan Keyhut ini. Walaupun gratis, aplikasi ini sangat bisa diandalkan. Sebab, kompitabel dengan mesin kasir, printer, ataupun komputer rumahan yang kamu miliki.

Sistemnya bisa dikatakan cukup bagus dan bisa digunakan untuk menjalankan beberapa jenis laporan sekaligus. Contohnya, untuk laporan penjualan yang dicatat oleh karyawan. Selain itu, ada juga fitur manajemen karyawan, CRM, dan pelacakan inventaris. Tersedia juga versi berbayar yang memiliki sistem support yang ramah dan terbuka.

Chromis POS

Chromis POS adalah salah satu aplikasi kasir gratis yang bisa digunakan dalam sistem operasi Windows, Linux, maupun Mac.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk milenial karena memiliki beberapa fitur yang lengkap seperti fitur untuk membuat laporan keuangan, mencatat transaksi penjualan, atau bahkan fitur kitchen display. Dengan begitu, aplikasi ini cocok untuk pengusaha yang bergerak di bidang kuliner seperti resto atau kafe.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait