Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Memulai Bisnis Kuliner dengan Modal Kecil

Cara Memulai Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil

Ajaib.co.id – Bisnis kuliner menjadi pilihan menarik bagi siapapun yang berniat untuk membuka usaha. Peluangnya masih terbuka lebar. Menariknya, ini bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Di dalam membuka usaha, kendala yang sering dikeluhkan oleh pebisnis pemula ialah modal. Modal dianggap sangat penting. Akhirnya, pelakunya tidak segera mengambil keputusan dan rawan berhenti sebelum memulai.

Memang benar jika modal dibutuhkan untuk membangun bisnis. Tapi, modal ini tidak perlu dipusingkan. Artinya, modal bisa disediakan secara perlahan dan menjadi pendukung dari bulatnya tekad kamu dalam membangun bisnis.

Pada kesempatan kali ini, kami hanya akan berbagi tentang bagaimana memulai sebuah usaha. Terlebih, tulisan ini difokuskan pada bisnis di bidang kuliner.

Alasan Terjun Di Bidang Kuliner

Membuka bisnis tentunya butuh perhitungan. Ada alasan kenapa kamu memilih jenis bisnis. Khusus untuk bisnis kuliner, alasan yang melatarbelakanginya adalah sebagai berikut ini.

a. Peluang Masih Terbuka

Bicara mengenai peluang, bisnis di bidang penyediaan makanan teramat menjanjikan. Meskipun sudah banyak pelaku yang menekuninya, nyatanya pebisnis baru tetap bisa bersaing.

Menariknya, bisnis di bidang yang sama dengan produk serupa tetap bisa mendapatkan pelanggan. Kuncinya ada pada inovasi serta pelayanannya.

Ketika pelayanannya lebih baik dan produknya terlihat berbeda, pelanggan baru akan tertarik mencobanya. Bilamana kuliner yang disajikan memang istimewa, praktis orang akan tertarik menjadi pelanggan utama kamu.

b. Pangsa Pasarnya Lebih Luas

Makanan merupakan kebutuhan pokok. Hampir setiap harinya orang akan menikmati makanan. Baik itu makanan yang tergolong berat ataupun yang ringan.

Membuka bisnis ini setidaknya akan memberikan jawaban atas keinginan pasar. Pelanggan yang memiliki gaya hidup konsumtif akan tertarik untuk datang. Bahkan lebih sering datang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

c. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Kamu tidak perlu dipusingkan mengenai modal. Nyatanya, usaha penyediaan makanan tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Modal minimpun bisa dioptimalkan.

Beberapa pebisnis yang terjun di bidang kuliner malah dulunya memulainya dengan modal di kisaran 500 ribuan. Ada juga yang sekitar 2-5 juta rupiah. Dan keuletan dalam berbisnis mulai membawanya pada puncak keberhasilan seperti bisa menambah cabang atau malah menyediakan layanan franchise bagi orang lain.

Jenis Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

Cukup banyak opsi yang bisa kamu putuskan ketika ingin membuka lapangan pekerjaan baru di dunia kuliner. Kamu bisa mengintip beberapa idenya di bawah ini.

a. Angkringan

Modal yang dibutuhkan untuk membuat angkringan ini terbilang masih ringan. Kamu cukup menyediakan gerobak, lantas menyediakan aneka makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Misalnya gorengan, nasi kucing, serta minuman.

Konsep dari angkringan sendiri ialah menyediakan makanan dalam porsi kecil. Biasanya, pangsa pasarnya ialah kawula muda yang sedang nongkrong.

Angkringan ini paling pas bila dibuka di malam hari. Kamu perlu stand by dari sore sampai malam. Dari sini, kamu bisa menjual aneka makanan dalam porsi kecil untuk para pelanggan.

b. Nasi Goreng

Hampir setiap orang menyukai nasi goreng. Bisa dikatakan jika menu yang satu ini sangat spesial. Terlebih jika dinikmati di malam hari yang suasananya dingin.

Peminatnya cukup besar sehingga potensi keuntungan yang didapatkan akan lebih besar. Kuncinya ialah kamu bisa menyuguhkan nasi goreng yang rasanya lebih nikmat.

c. Sedia Aneka Minuman

Pilihan lainnya ialah menyediakan aneka minuman. Minuman seperti es cendol, wedang ronde dan lain sebagainya bisa kamu pertimbangkan. Jenis bisnis ini juga sangat laris di pasaran. Meskipun pesaingnya banyak, kamu tetap bisa bertahan dan bisa mengantongi pundi-pundi uang di tiap waktu.

Cara Memulai Bisnis Kuliner

Peluang yang masih terbuka sebaiknya tidak disia-siakan. Kamu yang berniat untuk membuka bisnis kuliner perlu segera memutuskan. Sebelum memulainya, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal ini untuk kelangsungan bisnis yang berkelanjutan.

a. Tentukan Jenis Kuliner yang Akan Dijual

Langkah pertama ialah menentukan jenis usaha kuliner yang akan dibangun. Di sini, kamu membutuhkan riset di pasaran. Tujuannya untuk menemukan kuliner yang cocok atau yang paling banyak dicari oleh pelanggan.

Setelah menemukannya, kuasai teknik pembuatannya. Jangan lupa untuk mempelajari bagaimana cara memodifikasinya. Tujuannya agar kuliner yang kamu sediakan benar-benar beda, dan tentunya lebih menarik dengan rasa yang khas (enak).

b. Tentukan Lokasinya

Langkah keduanya ialah menentukan lokasinya. Lokasi ini sangat penting untuk diputuskan. Betapa tidak, laku tidaknya salah satunya dipengaruhi oleh lokasi.

Ketika lokasi bisnis kamu sepi pengunjung, bisa dipastikan bahwa kamu akan kesulitan untuk melakukan penjualan. Berbeda jika lokasinya ramai dan peminat kuliner kamu banyak. Bisnis yang dibangun akan berkembang pesat dalam hitungan bulan.

c. Modal Usaha

Setelah mengantongi jenis kuliner dan tempat untuk jualan, langkah selanjutnya ialah menyediakan modal. Modal ini bisa didapatkan dari tabungan. kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal besar saat pertama kali.

Yang paling penting, modal ini sudah cukup untuk membeli sejumlah perlengkapan maupun bahan baku untuk usaha kuliner. Misalnya gerobak, tempat memasak dan bahan baku makanan.

Kalau sudah berkembang, kamu bisa meningkatkan modalnya dan bisa mulai membangun tempat permanen. Atau bisa juga menyewa tempat yang mana pelanggan sudah mengenal bisnis yang kamu bangun.

Intinya, kuncinya ialah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kemudian berani memulai dan menyediakan kuliner ini di lokasi yang bisa dijangkau oleh pelanggan dengan mudah. Dari sini, bisnis kuliner yang kamu bangun akan tumbuh secara perlahan sampai bisa membuka cabang ke berbagai lokasi. 

Setelah bisnis kamu mulai berjalan dan mendapatkan keuntungan, jangan lupa untuk menyisihkan pendapatan kamu untuk mulai berinvestasi. Selain untuk menghasilkan return, dengan investasi kamu juga bisa mengumpulkan dana untuk modal tambahan. Hal ini akan membantu kamu mengurangi risiko kekurangan modal, sehingga kamu tidak perlu lagi melakukan utang ke pihak ketiga ketika ingin mengembangkan bisnis.

Ajaib merupakan salah satu aplikasi investasi yang membantu kamu memulai investasi reksa dana maupun saham kapan dan di mana saja secara online. Dengan Ajaib, kamu bisa memilih investasi sesuai dengan tujuan keuangan kamu, apakah untuk modal tambahan, dana darurat, dan sebagainya. Jadi, apapun tujuan keuanganmu, jangan lupa investasikan dana kamu di Ajaib mulai sekarang!

Artikel Terkait