Banking

Daftar Kredit Online Bank di Indonesia yang Bisa Kamu Coba

kredit online bank

Ajaib.co.id – Perkembangan dunia digital memiliki pengaruh yang besar dalam dunia keuangan dengan hadirnya fintech. Produk yang paling dikenal dari fintech salah satunya adalah kredit online alias pinjol (pinjaman online). Tak ingin ketinggalan, kini kredit online bank besar di Indonesia juga tersedia. Produknya pun tak kalah menarik dari pinjol yang lain.

Langkah ini semakin meningkatkan persaingan produk pinjaman kredit online di Indonesia. Masyarakat sebagai nasabah diuntungkan dengan semakin banyaknya variasi produk sehingga bisa dipilih yang paling menguntungkan. Bank besar umumnya menggunakan strategi payroll untuk menggenjot pinjaman lewat platform digital ini. Alasanya karena jumlah nasabah yang sudah cukup besar dan kepastian resiko kreditnya diketahui benar.

Nasabah payroll diberikan kemudahan dan akses lebih untuk mendapatkan kredit online. Kelebihan lainnya dari kredit online bank ternama dibandingkan fintech adalah limit pinjaman yang diberikan lebih besar. Hanya saja, persyaratan pinjaman online dari bank besar memang masih sedikit rumit dibandingkan fintech jika kamu bukan nasabah payroll bank tersebut.

Saat ini ada 5 produk kredit online bank yang paling banyak diminati masyarakat. Meskipun jumlah penyalurannya belum setinggi fintech namun pertumbuhannya cukup menjanjikan sepanjang tahun.

Kredit Online Bank Besar di Indonesia

#1 Pinang (Pinjam Tenang) dari BRI

Kredit online ini diluncurkan oleh BRI melalui anak usahanya yakni BRI Agro. Plafon yang ditawarkan berkisar Rp500.000 sampai Rp20 juta dengan tenor maksimal 12 bulan. Pinjaman yang ditargetkan untuk nasabah yang belum tergapai produk kredit mikro ini memiliki suku bunga 1,24% per bulan.

Pinjaman online ini memang baru dirilis pada Februari lalu namun diperkirakan penyalurannya bisa sampai Rp375 miliar. Pinang kini masih sebatas bisa diakses oleh nasabah payroll BRI namun 2020 mendatang juga akan dibuka untuk non nsabah BRI dan anak perusahannya.

#2 BNI Fleksi dari BNI 46

Pinjaman ini bukan produk baru melainkan hanya diperbaiki dengan sentuhan kemajuan teknologi. BNI Fleksi kini sepenuhnya bisa diakses hanya lewat aplikasi Mobile Banking hingga pencairannya. Kredit online bank ini juga terbatas hanya diperuntukkan bagi nasabah payroll BNI saja.

Pinjaman dari BNI 46 ini kini sepenuhnya bisa diakses hanya lewat aplikasi Mobile Banking hingga pencairannya. Kredit online bank ini juga terbatas hanya diperuntukkan bagi nasabah payroll BNI saja.

Tenor pinjamannya sendiri memang cukup besar, maksimal Rp500 juta dengan tenor hingga 15 tahun. Suku bunga kredit konsumtif ini mulai dari 0,92% sesuai dengan jumlah pinjaman yang diambil. Data hingga akhir tahun 2018 menunjukkan jika pinjaman ini telah menyalurkan dana ke masyarakat hingga Rp23,74 triliun.

#3 Xtra Dana dari Bank CIMB Niaga

Bank BUKU IV ini juga memiliki pinjaman online dengan plafon maksimal Rp200 juta. Kredit ini bisa diambil dengan tenor 4 tahun dengan suku bunga 1,59% per bulan. Kelebihan lainnya dari kredit online CIMB Niaga ini adalah bisa diakses bukan hanya nasabah payroll.

Non-nasabah juga bisa mengambil pinjaman online asalkan memiliki kartu kredit. Selain itu. Bank CIMB Niaga juga kini sedang menyiapkan produk kredit online yang bekerja sama dengan fintech. Harapannya ini bisa meraih nasabah yang lebih luas dengan model Peer to Peer (P2P) Lending.

#4 Permata Online

Pinjaman KTA tanpa kartu kredit ini ditawarkan Bank Permata lewat aplikasi mobile banking PermataX. Bagi kamu nasabag Bank Permata, kamu bisa mendapatkan pinjaman ini dengan proses yang mudah dan cepat untuk pinjaman KTA online Permata.

Kamu hanya perlu mendownload aplikasi Permata Mobile X di Google Playstore, kemudian di dalam aplikasi mobile banking tersebut kamu akan bisa memilih pengajuan pinjaman dana tunai tanpa jaminan KTA. Untuk mengajukannya pun, kamu tidak perlu hadir ke kantor cabang atau bertemu dengan marketing KTA. Kamu hanya perlu mengunduh e-KTP dan NPWP serta melakukan foto selfie. Setelah selesai, dalam 1×24 jam, pinjaman KTA online langsung cair.

#5 Pinjaman KTA Online SCB

Bank Standard Chartered menawarkan pinjaman tanpa jaminan secara online. Di mana, KTA ini menawarkan fitur yang berbeda dari yang umumnya ditawarkan pinjaman online. Di mana, kamu bisa mengajukan KTA lewat aplikasi e-form online KTA SCB simpel, mudah digunakan dan memberikan petunjuk cara pengajuan ecara online yang user-friendly.

Dengan mengajukan pinjaman di sini, kamu bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta dengan tenor kredit 12 bulan hingga 60 bulan. Untuk bunga yang dikenakan pun berbeda-beda. Di mana, untuk pribadi adalah 1.29% dan sedangkan untuk pengusaha adalah 1.49%.

#6 Pinjaman KTA Online Commbank

Commbank juga ikut meluncurkan produk KTA yang disebut KTA TymeDigital. Di mana, dengan mengajukan pinjaman di sini, kamu hanya perlu mengisi formulirnya yang tersedia di website commbank, tanpa perlu melakukan download aplikasi. Selain itu, persyaratannya pun cukup dengan e-KTP tanpa perlu kartu kredit, rekening payroll, ataupun jaminan.

Dengan mengajukan KTA Commbank, kamu bisa mendapatkan plafon pinjaman Rp10 juta hingga Rp30 juta dengan dua pilihan tenor, 12 bulan atau 18 bulan. Untuk bunganya sendiri kamu bisa mendapatkan bunga ringan dan flat, yaitu sebesar 1,99%. Kamu juga akan mendapatkan Biaya Administrasi dan Biaya Provisi gratis.

Namun tak semua bank besar tertarik menyediakan kredit online. Salah satu yang masih enggan adalah Bank BCA. Dikutip dari Kompas, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan keengganan ini karena kredit online punya resiko yang tinggi. Sampai saat ini BCA memiliki algoritma atau perhitungan yang pasti untuk menilai kelayakan calon nasabah yang layak diberikan kredit online.

Aplikasi Kredit Online

#1 JULO

Julo merupakan salah satu platform kredit online yang bisa membantu kamu mendapatkan dana dengan mudah mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp8.000.000 dengan masa pengembalian hingga 6 bulan. Dibandingkan aplikasi pinjaman online lainnya, aplikasi ini menawarkan bunga rendah yaitu mulai dari 0,1% per hari. Selain itu, JULO juga memberikan cashback tiap kali nasabah membayarkan cicilannya dan mengadakan berbagai undian dengan hadiah menarik.

#2 Kredit Pintar

Ini merupakan aplikasi pinjaman online yang bisa kamu manfaatkan ketika membutuhkan dana darurat. Untuk mendapatkannya pun mudah dan cepat. Kamu bisa mendapatkan dana mulai dari Rp600 ribu untuk tenor pengembalian maksimal 28 hari dengan bunga 0,80%. Sedangkan, kamu bisa meminjam hingga Rp2,3 juta untuk tenor pengembalian hingga 3 bulan dengan bunga 0,56% per harinya.

#3 Perdana.id

Perdana.id meruapakan aplikasi pinjaman online yang .menawarkan dua pilihan nilai pinjaman, yaitu 600 ribu atau 1.2 juta dengan dua pilihan tenor 7 hari atau 14 hari. Sebelum dikenal dengan nama Perdana.id, aplikasi ini dikenal sebagai Rupiah Plus dan kemudian melakukan rebranding dan berganti nama.

#4 Tunaiku

Tunaiku adalah pinjaman KTA dari AmarBank yang menawarkan pinjaman uang cicilan per bulan. Promo yang mereka tawarkan adalah Pinjaman Online Tanpa Jaminan dengan pagu Rp 2 – 20 Juta, dengan syarat KTP.

Untuk mendapatkan pinjaman di sini, kamu harus memenuhi syarat umum seperti usia telah mencapai 21-55 tahun, Warga Negara Indonesia, mempunyai Rekening Bank, bekerja atau berpenghasilan (Pekerja swasta & PNS) dan tinggal atau bekerja di area layanan Tunaiku.

Untuk bunganya sendiri bermacam-macam tergantung besaran pinjaman kamu. Misalnya, ketika kamu meminjam uang Rp20 juta selama tenor 20 bulan, maka bunga yang dikenakan flat 7.5% per bulan selama masa pembayaran. Kemudian, untuk pinjaman Rp2 juta selama tenor 6 bulan dengan bunga flat 3.1 % per bulan selama masa pembayaran.

#5 Klik ACC

KlikACC hanya melayani pinjaman online kepada peminjam pribadi yang tergabung dalam jaringan mitra KlikACC seperti Indosat, Tokopedia, iForte, Communication Cable Systems Indonesia, Anahata dan SYB.

Untuk mengajukan pinjaman di sini, kamu hanya perlu melakukan registrasi online via web atau aplikasi android. Kemudian, isis data dengan lengkap pada form online sesuai petunjuk.

Setelah selesai, kamu akan menerima email notifikasi atas status pengajuan pinjaman kamu, apakah disetujui atau ditolak. Jika pengajuan pinjaman disetujui, pihak KlikACC akan melakukan verifikasi melalui telepon dan survei terhadap data-data yang diberikan. Setelah semuanta disetujui, kamu akan tercantum pada daftar investasi untuk investor dapat membiayai kamu.

Bacaan menarik lainnya:

Dendawijaya, Lukman. (2005). Manajemen Perbankan , Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Bogor: Ghalia Indonesia


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait