Banking, Milenial

Cara Bikin Kartu Kredit BCA, Praktis dan Mudah!

Ajaib.co.id – Bagaimana cara bikin kartu kredit Bank Central Asia (BCA)? Mungkin itulah pertanyaan sederhana yang diajukan seseorang yang belum punya kartu kredit. Wajar sih, karena sudah rahasia umum kalau punya kartu kredit BCA itu kabarnya susah sekali. Apalagi kalau gaji minimal sebatas upah minimum provinsi (UMP).

Cara Bikin Kartu Kredit BCA

Tapi jangan khawatir, kamu bisa mendapatkannya dengan gampang dan praktis loh. Berikut ini cara membuat kartu kredit BCA terbaru 2019. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

#1 Pilih Kartu Kredit yang Sesuai Kebutuhan

Ada banyak jenis kartu kredit yang ditawarkan BCA. Kamu harus pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan salah pilih kartu kredit kalau kegunaannya enggak sesuai. Pastikan dulu kartu apa yang paling cocok dan sesuai keperluan. Mulai dari BCA Mastercard Platinum, BCA Visa Batman, hingga BCA Visa Gold.

#2 Isi Formulir Pengajuan Kartu Kredit BCA

Cara membuat kartu kredit cukup mudah. Kamu bisa datang langsung ke kantor BCA terdekat untuk mengisi formulir pengajuan. Kalau enggak mau ribet, kamu cukup isi formulir pengajuan kartu kredit secara online. Kunjungin situs resmi BCA dan pilih aplikasi kartu kredit BCA. Tapi tetap saja kamu harus berhubungan dengan pihak BCA untuk proses verifikasi maupun proses pengajuan. Untuk mengajukannya, kamu bisa melalui beberapa cara seperti:

a. Pengisian Formulir Lewat Aplikasi Online

  1. Pilih menu “Layanan Aplikasi Online” pada halaman pengajuan kartu kredit BCA.
  2. Klik menu “Lihat Semua Kartu” untuk memilih kartu kredit BCA atau jawab pertanyaan yang tersedia untuk mendapatkan rekomendasi kartu kredit BCA yang sesuai kebutuhan. Pertanyaan tersebut meliputi fasilitas kartu yang diinginkan, penggunaan kartu, serta pendapatan bulanan.
  3. Baca dengan teliti deskripsi dan biaya pilihan kartu kredit yang diberikan, lalu tekan tombol “Pilih” di bawah jenis kartu kredit yang diinginkan.
  4. Klik “Lanjutkan”.
  5. Lengkapi data diri yang diminta, meliputi data pribadi, aplikasi tambahan, data verifikasi, dan data pelengkap lainnya.

b. Pengisian formulir melalui layanan Personal Assistance

  1. Klik menu “Layanan Personal Assistance”.
  2. Klik “Kirim” setelah melengkapi formulir data diri yang ditimpa.
  3. Setelah selesai, pihak Bank akan menghubungi dan mengirimkan aplikasi pengajuan, kartu kredit, serta menjemput dokumen pendukung yang diperlukan dalam pengajuan kartu kredit BCA. 

 c. Pengisian formulir secara offline

Kamu juga bisa membuat kartu kredit BCA langsung di kantor cabang. Namun, sebelum datang ke sana, kamu bisa mengunduh formulir pengajuannya di sini. Dengan begitu, kamu tak perlu mengantre atau menunggu lama di kantor cabang BCA.

d. Serahkan dokumen persyaratan ke kantor cabang BCA

Jika kamu telah melakukan pengajuan melalui menu Layanan Aplikasi Online, kamu akan menerima email notifikasi atas pengajuan kartu kredit yang dilakukan, dari alamat pengirim [email protected] yang berisi informasi:

  • Pernyataan bahwa BCA telah menerima pengajuan aplikasi kartu kredit
  • Nomor registrasi pengajuan aplikasi
  • Petunjuk untuk mencetak surat konfirmasi aplikasi, serta dokumen persyaratan yang diperlukan.

Jadi, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan dokumen persyaratan, disertai surat konfirmasi yang telah dicetak dan ditandatangani. 

Kamu bisa menyerahkan dokumen tersebut langsung ke customer service officer di kantor cabang BCA atau melalui pos ke alamat yang tercantum pada surat konfirmasi.

#3 Lengkapi Syarat & Dokumen

Salah satu syarat diterimanya pengajuan kartu kredit adalah kelengkapan dokumen. Kalau dokumen enggak lengkap, jangan harap pengajuan kartu kredit kamu bisa diterima.

Beberapa dokumen yang harus dilengkapi yakni berusia 21-65 tahun, mencantumkan fotokopi KTP/Paspor, mencantumkan slip gaji bagi karyawan, mencantumkan fotokopi rekening koran tiga bulan terakhir, mencantumkan fotokopi NPWP, dan terakhir mempunyai rekening BCA.

Selain itu, kamu juga harus memiliki penghasilan lebih dari Rp3 juta. Jika kamu nekat mengajukan kartu kredit, kamu mungkin saja akan ditolak pihak bank.

#4 Pengajuan Diproses

Kalau sudah melakukan cara membuat kartu kredit di atas, kamu tinggal datang ke BCA atau khusus ke BCA Card Center terdekat. Sampaikan maksud pengajuan kartu kredit kamu kepada pegawai bank.

Jika memang dokumen dan persyaratan enggak ada masalah, maka kemungkinan besar pengajuan kamu akan cepat diproses. Tak sampai seminggu, kartu kredit kamu udah bisa digunakan.

#5 Jangan Sampai Salah Pilih

Sebagai saran, pastikan dulu kemampuan dan penghasilan kamu berapa. Hitung berapa pengeluaran harian dan bulanan. Kalau sudah dihitung, kamu bisa mengira-ngira jenis kartu mana yang cocok buat dimiliki. Kegunaan masing-masing kartu tentu berbeda-beda.

Makanya kamu harus pastikan fitur, promosi, dan fasilitas yang ditawarkan masing-masing kartu. Kalau kamu cuma butuh buat belanja sehari-hari aja, kamu bisa pilih BCA Card Indomaret atau BCA Everyday Card yang menawarkan cashback hingga 5 persen.

#6 Lakukan Aktivasi Kartu Kredit

Setelah kartu kredit sampai di tangan, kamu akan mendapatkan kartu utama dan kartu tambahan. Untuk menggunakannya, kamu harus melakukan aktivasi terlebih dulu. Di bawah ini adalah beberapa cara melakukan aktivasi kartu kredit BCA.

a. Cara aktivasi kartu kredit BCA via SMS

Ketik: AKT(spasi)KK#Nomor Kartu Kredit#Tanggal lahir

Contoh: AKT KK#1234567890123#110191

Lalu, kirim ke 69888.

b. Cara aktivasi kartu kredit BCA melalui Halo BCA

  • Hubungi 1500888
  • Pilih “Layanan Kartu Kredit BCA”
  • Pilih “Aktivasi Kartu Kredit”
  • Input 16 digit nomor Kartu Kredit BCA
  • Input tanggal lahir (DDMMYY)

Jika aktivasi kartu kredit berhasil, kamu akan menerima SMS notifikasi bahwa kartu kredit berhasil aktivasi dan kamu sudah bisa menggunakannya untuk bertransaksi.

Jenis Kartu Kredit BCA

Nah, sebelum kamu membuat kartu kredit bank BCA, kamu juga harus mengetahui beberapa jenis kartu kredit BCA secara umum. Di mana, setiap jenis kartu kredit punya plus dan minusnya. Kartu kredit BCA terbagi menjadi tiga jenis, yakni BCA Card, BCA MasterCard, dan BCA Visa Card.

Di mana, masing-masing kartu kredit menawarkan berbagai fasilitas menarik sesuai jenis kartunya. Namun untuk memilih mana kartu kredit yang akan kamu miliki, cobalah pilih sesuai pendapatanmu ya. Jangan sampai tagihan kartu kredit melampaui batas.

Jadi, sudah tahu dong apa saja cara membuat Kartu Kredit BCA 2019? Selanjutnya, kamu bisa langsung membawa dokumen yang telah disiapkan ke sales atau bank center terdekat. Tapi tetap harus dicatat, manfaatkanlah kartu kredit sesuai kebutuhan. Selamat mencoba ya!

Nah, agar kamu tidak menggunakan kartu kredit secara berlebih untuk memenuhi kebutuhan darurat, kamu bisa mulai menabung demi keuangan yang lebih baik di kemudian hari. Salah satu investasi yang bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dana darurat kamu di kemudian hari adalah investasi reksa dana.

Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dana kapan dan di mana saja. Dengan Ajaib, kamu bisa mulai berinvestasi hanya dengan Rp10 ribu kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan investasi. Yuk mulai investasi sekarang juga di Ajaib!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait